Langsung ke konten utama

Tips Membuat Kebaya Batik Bagus dan Murah Tetapi Tetap Kekinian

kebaya batik modern

Berbicara mengenai perempuan memang tidak akan pernah ada ujungnya, hal ini bukan hanya mengenai makeup dan belanja saja tetapi juga dalam pemilihan busana kondangan. Ya, sekarang ini sudah semakin banyak sekali pilihan pakaian untuk kondangan yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Salah satunya adalah kebaya batik yang simpel, anggun, elegan tetapi tetap terlihat kekinian. Semenjak diakui UNESCO memang batik mempunyai nama yang terus melejit, dahulu anak-anak muda malu menggunakan bahan tersebut tetapi saat ini menjadi bahan incaran semua orang.

Pakaian memang aset sendiri bagi setiap orang, apalagi seorang wanita yang sangat memperhatikan penampilan. Contohnya saja ketika Anda memilih kebaya dipasaran, karena memang produksi massal tidak sedikit perempuan memilih untuk menjahitkan sendiri. Bisa dikatakan memang lebih ribet dari pada membeli, tetapi Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda berfikir membuat kebaya sendiri lebih mahal itu salah besar. Nah, berikut ini akan dibagi mengenai tips mudah membuat kebaya dari batik yang murah yaitu:

1. Cari referensi

Sebelum Anda pergi ke tempat atau toko yang jual bahan kain lebih baik cari referensi kebaya seperti apa yang akan digunakan. Ini adalah salah satu langkah Anda untuk melancarkan segala keinginan membuat kebaya. Karena yang perlu Anda ketahui bahwa pada toko kain akan ada banyak sekali jenis motif dan warna batik. Makanya supaya Anda tidak merasa kebingungan memilih perlu adanya referensi terlebih dahulu. Paling tidak Anda paham jenis kain seperti apa yang akan dipilih.

2. Kecocokan

Lalu pada tahapan ini Anda harus paham mengenai kecocokan atau kesesuaian dari kebaya batik tersebut akan dipadukan dengan apa. Misalnya saja jenis kutu baru dari brokat, batik motif berbeda ataupun yang lainnya. Setelah itu Anda perkirakan sendiri ukuran yang harus dibeli mulai 2 meter sampai dengan 2,5 meter umumnya. Jangan terlalu pas dalam memperkirakan, lebih baik sisa sedikit dari pada harus kurang.

3. Mencari toko yang tepat

Setelah itu barulah Anda mencari toko yang tepat, artian tepat disini adalah pelayanan, produk dan juga harganya. Seperti yang diketahui bahwa tujuan Anda adalah membuat kebaya yang murah, bagus tetapi terlihat modern. Hal ini bisa Anda pilih dari pasar tradisional ataupun toko online.

4. Jangan malu menawar

Jika memang Anda lebih memilih membeli pada pasar tradisional jangan pernah malu untuk melakukan penawaran. Hal ini merupakan kesempatan untuk Anda bisa mendapatkan kain yang benar-benar murah tetapi tetap berkualitas. Jika perlu mintalah potongan harga atau manfaatkan promo yang sedang berlangsung.

5. Tidak perlu taylor mahal

Banyak orang yang kemakan gengsi akhirnya merugikan diri sendiri, hal inilah yang perlu Anda hindari. Jangan terlalu sombong harus memilih taylor yang mahal dan berkelas, lebih baik pilih saja yang biasa tetapi mampu menjawab kebutuhan Anda. Misalnya bisa memberikan kepuasan kepada Anda selayaknya taylor ternama. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda lebih hemat lagi pengeluarannya.

Nah, itulah beberapa langkah mudah untuk membuat kebaya yang bagus, model tidak pasaran, harga murah tetapi tetap kekinian. Jika memang Anda tidak ingin kerepotan membuat sendiri bisa langsung membeli saja. Tetapi seperti yang telah dikatakan diatas jika kebaya batik dipasaran umumnya diproduksi secara massal. Semuanya kembali lagi kepada Anda, karena kelebihan dan kekurangan tetap ada.

Komentar