Langsung ke konten utama

Pulau Labengki, Raja Ampatnya Sulawesi Tenggara

Siapa yang tak kenal dengan keindahan Pulau Raja Ampat yang tersohor hingga ke luar negeri? Namun untuk menikmati keindahan Raja Ampat tentu memerlukan biaya yang sedikit. Mulai dari tiket pesawat Citilink yang bakal menyedot kocek lebih dalam. Biaya sewa kapal untuk menjelajah keindahan karang-karang besar Raja Ampat juga terbilang mahal.

Tetap ngotot pengen foto-foto dengan latar keindahan pulau Raja Ampat tapi hanya miliki budget yang pas-pasan? Kamu tetap bisa menikmati keindahan Raja Ampat dengan kualitas KW supernya loh travelers. Cukup datang saja ke Provinsi Sulawesi Tenggara tepatnya ke Pulau Labengki yang berlokasi di Desa Labengki Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara.

Penghematan lain saat liburan ke Pulau Labengki dengan budget terbatas adalah dengan memesan promo tiket murah beberapa bulan sebelum liburan tiba travelers. Nah, untuk tahu lebih jelasnya soal Pulau Labengki ini simak dulu beberapa hal soal pulau yang dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi ini.

1. Pemandangan Layaknya Raja Ampat

Pemandangan Layaknya Raja Ampat
Img source: www.gocelebes.com

Dengan pemandangan karang-karang besar di tengah lautan membuat pemandangan Pulau Labengki seperti di Raja Ampat. Pandangan di sekitar pulau semakin cantik karena air laut bergradasi biru dan hijau. Beberapa karang yang besar maupun yang kecil akhirnya di pisahkan menjadi Pulau Labengki Besar dan juga Pulau Labengki Kecil. Biasanya wisatawan diajak untuk menikmati pemandangan Pulau Labengki Besarnya.

Pulau Labengki berjarak sekitar ±50 km dari Kendari, Ibu Kota Sulawesi Tenggara. Jadi starting point pertama adalah Kota Kendari, untuk mencapai kota ini yang paling mudah adalah lewat jalur udara dengan memesan tiket pesawat Citilink yang sudah banyak bertebaran di internet.

Selanjutnya satu-satunya cara menuju Raja Ampatnya Sulawesi Tenggara ini adalah dengan menggunakan transportasi laut dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam. Beberapa wisatawan memilih untuk melakukan satu hari perjalanan, berangkat pagi dan pulang sore hari. Tetapi ada juga yang memilih untuk bermalam di pulau ini beberapa hari.

Meski perjalanan yang ditempuh cukup jauh, tapi tetap saja banyak pengunjung yang datang ke pulau yang banyak menyimpan keindahan ini. Perjalanan yang jauh bakal terbayar dengan pemandangan Pulau Labengki yang tak terlupakan. Bahkan jika kamu beruntung, selama perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan lumba-lumba yang berenang-renang dekat kapal yang kamu ditumpangi.

2. Miliki Spot Unik Yakni Teluk Cinta

Teluk cinta Pulau Labengki
Img source: phinemo.com

Salah satu keindahan lain dari Pulau Labengki yang jadi banyak incaran wisatawan adalah Teluk Cinta. Teluk ini dinamakan Teluk Cinta karena bentuknya yang mirip hati jika dilihat dari atas, baik dilihat dari pesawat maupun menggunakan drone. Jadi tak hanya keindahan “Wajag”nya Sulawesi  saja tetapi juga spot unik Teluk Cinta bisa menambah ke ekisisanmu di sosial media dan tentunya pengalaman petualanganmu menjelajah negeri tercinta.

Untuk berfoto dan menikmati keindahan Teluk Cinta, kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan waktu 20 menit dari perkampungan di Pulau Labengki. Dengan menyewa kapal milik warga sekitar, kamu bisa langsung menuju Teluk Cinta maupun menjelajah ke spot-spot kece lainnya di Pulau Labengki. Satu hal yang perlu diperhatikan, beberapa spot di Pulau Labengki memiliki tebing-tebing yang terjal dan bebatuan yang tajam jadi harus hati-hati ketika menjelajah bukit-bukit di daerah pulau ini.

3. Tempat Snorkeling dan Diving yang Mengagumkan

Snorkeling dan Diving Pulau Labengki
Img source: travel.kompas.com

Satu hal yang perlu kamu ketahui dari Pulau Labengki adalah keindahan bawah lautnya. Ada beberapa spot snorkeling maupun diving yang tak kalah dengan lokasi ditempat lain yang sudah terkenal lebih dulu. Dengan air laut yang jernih, hewan-hewan laut yang memikat dan karang-karang yang indah, tentu pulau ini bakal jadi surga bagi para pecinta olahraga bawah laut.

Tak hanya sekedar snorkeling atau diving biasa, kamu juga bisa mengunjungi lokasi-lokasi keberadaan Kima, salah satu hewan laut langka yang juga dilindungi. Labengki memang terkenal dengan kawasan yang memiliki spesies Kima atau Kerang raksasa yang tak sedikit. Setidaknya ada sekitar 8 jenis Kima yang sudah terdeteksi keberadaanya di wilayah Pulau Labengki.

Tertarik untuk menghabiskan liburan akhir tahunmu di Pulau Labengki? Sebaiknya kamu segera pesan tiket pesawat Citilink agar tak kehabisan atau malah justru menambah biaya akomodasi karena kamu kebanyakan menunda-nunda. Tau dong kalau semakin akhir booking, kamu bakal kebagian harga yang paling mahal?

4. Bercengkrama Dengan Suku Bajo

Suku Bajo Pulau Labengki Sulawesi
Img source: phinemo.com

Meski cukup jauh jaraknya dari Kendari, Pulau Labengki bukan kepulauan tak berpenghuni. Pulau ini dihuni oleh kurang lebih 100 kepala keluarga, tepatnya warga Suku Bajo. Para wisatawan sangat dianjurkan untuk berinteraksi dengan warga sekitar yang terkenal ramah dengan tamu yang datang. Anak-anak kecilnya pun senang “mengambil” uang koin yang dilempar ke laut oleh para wisatawan.

Selain pilihan tinggal di Kota Kendari dengan promo tiket murah Reservasi.com yang sudah di booking sejak jauh-jauh hari, kamu juga bisa tinggal di semalam dua malam di perkampungan Suku Bajo ini. Tak hanya wisata alam yang didapat, kamu juga tentu berkesempatan mendapat wisata budaya dengan berbaur dengan warga sekitar yang tinggal di Pulau Labengki.

Komentar