Langsung ke konten utama

Kebaya Tradisional Atau Modern Manakah Yang Akan Kamu Coba ?

Pakaian tradisional memang selalu menjadi ikon setiap daerah mengingat di Indonesia beragam suku dan adat istiadat menjadikan pakaian tradisional setiap daerahnya berbeda. Pakaian tradisional yang sedang hits kali ini yaitu kebaya.

Kebaya memang sedang digandrungi oleh kalangan remaja saat ini mengingat kebaya saat ini terbilang modern menjadikan para remaja ini tidak malu untuk mengenakannya melainkan bangga dengan kebaya modern yang ia kenakan. Jika dahulu remaja tidak mau memakai kebaya ini karena modelnya yang terbilang jadul, tetapi kini banyak rekomendasi kebaya modern terbaru dan menarik yang mesti kamu coba.

Tetapi bagaimana jika kita masih awam dengan kebaya tersebut manakah model modern dan mana pula model lama.  Oleh karena itu kamu harus mengetahui perbedaan antara keduanya seperti :

kebaya tradisional dan modern
Img source: style.tribunnews.com

Kebaya Tradisional

Penggunaan kebaya tradisional umumnya terpaku pada kain berbahan wiru, slendang, stagen, selop serta sanggul. kebaya memang dianggap sebagai pakaian tradisional perempuan di Indonesia sejak abad ke-15. Pada zaman itu, kebaya menjadi pakaian sakral yang dikenakan oleh keluarga keraton atau keturunan bangsawan di Jawa. Model kebaya tradisional bisa kamu lihat pada model kebaya Jawa dan Kebaya model Karini.

Kebaya Jawa ini merupakan model pertama di Indonesia. Kebaya ini memiliki ciri khas yaitu dengan kerah berbentuk V. motif kebaya ini sangat sederhana dengan kain tipis dan juga transparan.

Kain tersebut bermotif dengan dalaman yang dipadu padankan kain di bagian luar. Berbeda dengan kebaya kartini. kebaya ini dulunya dikenakan oleh perempuan ningrat ketika masa kartini. Kebaya ini memiliki lipatan di bagian dadanya. Model kebaya ini memiliki panjang yang menutup panggul serta lipatan kerah dengan garis vertical. Saat menggunakan model kebaya satu ini, kamu akan terlihat lebih tinggi dan ramping.

Kebaya Modern

Model kebaya modern tentu saja lebih kekinian dan elegan dengan desain yang bervariatif dan juga dinamis. Kebaya modern terbuat dari berbagai bahan seperti sutera, katun tipis,polyester, semi transparan nilon, dan masih banyak bahan lainnya yang bisa dipakai untuk membuat kebaya model modern.

Model kebaya ini biasanya dihiasi dengan bordir brokat dan pola bunga. Ada pula ciri khas lain dari kebaya modern yaitu terkesan simple, penuh dengan warna, dan bebas untuk berkreasi.
Salah satu jenis kebaya yang mencerminkan kebaya modern yaitu kebaya model encim. Kebaya encim ini yaitu perpaduan antara baju Shanghai khas China dan kebaya khas Melayu. Kebaya encim ini mempunyai kerah berbentuk V. Model kebaya ini berhiaskan bordiran sampai bagian bawah. Pada umumnya kebaya encim selalu menggunakan bahan dari kain katun atau bahan dari organdi. Kebaya encim ini juga cocok dipakai saat acara wisuda, maka tak heran jika saat wisuda tiba banyak yang memakai kebaya jenis ini.

Ada juga beberapa model kebaya yang bisa kamu coba karena pastilah sangat cocok untuk kamu remaja yang ingin terus tampil fashionable.

Salah satu yang menjadi incaran yaitu model kutu baru. Model satu ini sering dibalut dengan kesan modern. Sebenarnya model dari kebaya kutu baru ini sama seperti model kebaya pada umumnya. Akan tetapi yang membedakan dari kebaya jenis lain ialah kebaya jenis ini mempunyai kain di bagian tengahnya. kain inilah yang menghubungkan sisi kiri serta sisi kanan pada bagian dada dan perut. Meski dari segi tampilan terlihat tradisional, namun kebaya kutu baru banyak juga yang menerapkan motif dan warna agar terlihat kekinian.

Jadi pilihan kebaya manakah yang menurut kamu pantas untuk dikenakan ? sebenarnya sama saja tergantung dari kepercayaan diri kita untuk mengenakannya.

Komentar