Langsung ke konten utama

Tips Cerdas Hemat Pulsa untuk Penggunaan Internet

Ponsel kini sudah menjadi bagian hidup masyarakat secara keseluruhan. Bahkan beberapa orang merasa sangat hampa jika di tangannya tidak memegang ponsel. Dengan semakin majunya teknologi dan kemunculan produk ponsel pintar terbaru, semakin memanjakan para pecinta gadget untuk terus memandang layar ponsel nya. Selain itu fitur dan spesifikasi yang mendukung juga membuat banyak pengguna perangkat ini seolah tak ada bosan-bosannya untuk bermain dengan ponsel tersebut. Namun sejalan dengan penggunaan ponsel, kebutuhan pulsa untuk penggunaan internet pun kian membengkak.

Harga untuk masing-masing kuota internet tiap provider memang dibanderol sangat bervariasi, mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Jika dilihat sepintas memang harganya cukup terjangkau, namun jika Anda tidak membatasi penggunaan atau terlalu boros dalam menggunakan internet, maka pemborosan uang hanya untuk berselancar di dunia maya tidak dapat dielakkan. Hal ini semakin menjadi karena kini telah tersedia banyak media sosial yang semakin menjadikan orang bergantung dengan ponsel pintar ini.

tips hemat pulsa


Jika Anda ingin lebih bijak dan hemat dalam menggunakan paket kuota internet murah, maka berikut ini beberapa cara penghematan yang bisa dilakukan:

1. Ubah fitur Maps ke mode Offline

Adanya aplikasi peta atau Maps memang sangat membantu kehidupan, terutama untuk menemukan arah dan tujuan. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi Maps ini adalah salah satu aplikasi yang paling banyak menyedot kuota Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah pengaturan pada aplikasi Maps dari mode Online ke Offline. Namun jika Anda memerlukan untuk memakai aplikasi Maps lagi, Anda bisa mengaktifkannya kembali sesuai dengan kebutuhan.

2. Aplikasi Mailbox untuk e-mail

Apabila Anda adalah salah seorang yang kerap memanfaatkan e-mail untuk keperluan pekerjaan atau keperluan lainnya, pasti Anda kerap merasakan jika kuota cepat terkuras habis. Ditambah lagi jika Anda perlu mengunduh lampiran atau attachment dengan ukuran besar. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan aplikasi Mailbox yang memungkinkan pengguna menyimpan file atau data yang seharusnya tidak tersedot saat Anda memakai e-mail.

3. Browser efisien

Browser atau yang biasa disebut dengan peramban ternyata juga bisa menjadi alasan mengapa kuota bisa terkuras dengan cepat. Anda bisa mengganti Browser yang sedang Anda pakai dengan Browser yang lebih efisien sehingga memungkinkan untuk menyimpan kuota serta data internet primer.

4. Aktifkan peringatan data

Selanjutnya, untuk bisa membatasi diri Anda dalam kesenangan berselancar di dunia maya, Anda bisa mengaktifkan peringatan data yang ada pada pengaturan ponsel. Dengan begitu, ketika Anda menggunakan kuota lebih dari batas, maka akan muncul peringatan sehingga penggunaan kuota Anda bisa lebih terkontrol.

5. Identifikasi aplikasi penyedot kuota

Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia untuk ponsel pintar masa kini, pasti Anda juga ingin memilikinya. Namun beberapa aplikasi tertentu sangat boros dalam penggunaan kuota. Anda sebagai pengguna pun dituntut cerdas dalam menyortir aplikasi ini sehingga kuota bisa lebih dihemat. Jika sudah menemukan aplikasi yang kerap menyedot banyak, segera Uninstall untuk penghematan kuota internet.

Itulah beberapa tips cerdas menghemat pulsa untuk penggunaan internet. Selain itu jika Anda berencana mengunduh file dalam jumlah besar seperti musik atau film, Anda bisa pergi ke kafe atau area yang menyediakan Wi-Fi gratis sehingga penggunaan kuota bisa lebih hemat. Dengan menghemat kuota, maka pengeluaran pun bisa lebih terkontrol dan Anda mampu menabung lebih.

Komentar