Langsung ke konten utama

Tips Mencuci Baju Agar Selalu Tampak Bagus


Di sekitar kita pasti ada orang yang selalu tampak rapi dan baju yang dikenakannya selalu tampak bersih seperti baru. Padahal baju tersebut merupakan baju lama sehingga sering digunakan berulang-ulang. Akan tetapi warna dan kualitas bahannya sama sekali tidak mengalami perubahan sehingga banyak yang terkagum karenanya. Padahal baju yang selalu bersih dan tampak baru tersebut juga dapat didapatkan oleh Anda sendiri dengan syarat mencuci pakaian sesuai dengan cara yang benar dan tepat. Berikut tips cara mencuci baju dari attack agar tampak selalu baru adalah sebagai berikut ini:

cara mencuci baju

1. Mencuci baju secara efektif

Hal yang harus diketahui oleh masyarakat agar mendapatkan baju yang selalu bersih dan terlihat seperti baru adalah bukan karena mencucinya dengan sering. Sebaliknya baju yang dicuci terlalu sering justru akan membuatnya cepat untuk rusak. Misalnya saja warna baju tersebut akan cepat luntur dan juga bahan kain yang digunakan cepat untuk terurai. Oleh karena itu pastikan untuk mencuci baju secara efektif yaitu ketika baju telah kotor dan mempunyai banyak keringat. Sedangkan untuk baju yang masih bersih walaupun telah dipakai belum perlu untuk dicuci lagi.

2. Jangan menyikat baju terlalu kasar

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa baju akan lebih bersih dengan cara disikat dengan keras. Anggapan ini tentu saja salah, karena bukannya menjadi lebih bersih justru warna dari baju yang dicuci tersebut dapat cepat pudar. Selain itu menyikat baju juga tidak cocok digunakan untuk beberapa jenis baju yang mempunyai bahan khusus seperti misalnya bahan wol. Bahan-bahan khusus tersebut lebih baik jangan disikat dan cukup untuk dikucek dengan tangan saja.

3. Memisahkan baju warna dan polos ketika mencuci

Hal ini merupakan prinsip dasar ketika mencuci pakaian. Agar terlihat selalu bersih sebaiknya pisahkan pakaian berwarna dan juga polos saat sedang merendam pakaian. Hal tersebut dilakukan untuk dapat menghindari kemungkinan baju tersebut kelenturan dan merusak warna asli baju. Selain dipisahkan menurut warnanya, pisahkan juga baju yang mempunyai bahan yang mudah luntur sehingga tidak akan luntur di baju yang lain.

4. Jangan merendam terlalu lama

Hal ini merupakan salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh masyarakat. Ketika merendam pakaian cukup hanya dalam waktu 30 menit saja sudah cukup. Jangan sampai merendam terlalu lama karena akan dapat merusak bahan pakaian.

5. Pilih deterjen yang pas

Deterjen merupakan faktor kunci untuk mendapatkan pakaian yang selalu tampak baru dan bersih. Pilihlah deterjen yang mempunyai banyak keunggulan seperti menghilangkan noda dengan ampuh, tidak panas di tangan, dan juga ramah lingkungan. Salah satu merek yang bisa digunakan misalnya Attack yang mempunyai banyak varian deterjen yang bisa dipilih oleh masyarakat.

Komentar