Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Selasa, 13 Desember 2016

Info Komputer, Cara Merawat Komputer Agar Awet

Di jaman saat ini, kebanyakan orang melakukan berbagai macam aktivitas pekerjaan menggunakan komputer, entah urusan pekerjaan, atau tugas kuliah. Sebagai penunjang segala aktivitas, Anda harus rajin merawat komputer, agar semakin tua umurnya kinerjanya tetap stabil dan tidak menurun. Apakah Anda pernah mengalami komputer yang tiba-tiba mati mendadak ketika mengerjakan pekerjaan atau tugas? Parahnya komputer tersebut tidak dapat dihidupkan kembali. Tentu saja hal ini akan begitu mengganggu. Agar hal tersebut tidak lagi menghantui Anda, Anda dapat memperhatikan info komputer di bawah ini agar komputer tetap awet.

Pertama, jaga suhu komputer. Pernahkah Anda menggunakan komputer dalam waktu yang lama? Saat Anda menggunakan komputer dalam waktu yang lama, lebih baik Anda memastikan suhu pada processor dan CPU dalam keadaan stabil atau dingin. Jika perlu Anda dapat menambahkan kipas pendingin atau cooling fan agar bisa menjaga suhu processor tetap stabil. Sedangkan untuk perangkat lain seperti monitor, lebih baik Anda melakukan settingan screen saver di power saving agar tidak panas.

Merawat Komputer Agar Awet

Info komputer kedua agar komputer tetap awet ialah menjaga kebersihan komputer. Hal yang mudah, yang dapat kita lakukan ialah merawat kebersihan komputer. Perawatan kebersihan komputer ini mulai dari bagian luar pada monitor seperti di keyboard, casing, mouse dan yang lainnya hingga bagian dalam komputer seperti power supply, motherboard hingga CPU. Untuk membersihkannya, gunakan lap halus dan cairan pembersih khusus untuk pembersihan bagian luarnya, sedangkan untuk pembersihan bagian dalam Anda dapat menggunakan kuas. Hindari makan atau minum di dekat komputer apalagi jika sampai merokok di depan komputer karena remah-remah makanan Anda bisa menyebabkan kerusakan di komputer.

Ketiga, gunakan antivirus. Antivirus merupakan hal wajib yang dimiliki untuk setiap komputer. Bahkan, pasti Anda sering menemukan orang yang memiliki antivirus lebih dari satu untuk menjaga komputernya agar tetap aman. Virus di dalam komputer akan dapat muncul tanpa kita sadari contohnya saat sedang melakukan instal file di komputer atau virus bawaan pada flashdisk yang dicolokkan di komputer kita. Jangan lupa mengupdate antivirus di komputer Anda.

Keempat, jaga tegangan listrik Anda agar stabil. Apabila tegangan listrik yang berada di rumah Anda kurang stabil, lebih baik Anda menggunakan stabilizer atau penjaga tekanan. Hindari mematikan komputer dengan memutuskan aliran listrik seperti mencabut sakelar, hingga mencabut kabel yang lain. agar bisa menjaga proses menghidupkan komputer tidak mengambil tegangan listrik dengan drastis, lebih baik Anda menghidupkan monitor, dan perangkat lainnya tidak secara bersamaan.

Terakhir, jauhkan benda yang memiliki kandungan magnet. lebih baik, Anda menghindari meletakkan berbagai macam barang yang mempunyai muatan magnet di sekitar komputer Anda, usahakan Anda menjauhkan benda yang mempunyai tegangan magnet tersebut karena selain bisa mengganggu monitor namun juga dapat mengganggu komponen yang berada di dalam CPU komputer, bila CPU terganggu bisa dipastikan kinerja komputer akan bermasalah. Jika Anda ingin komputer di rumah Anda tetap awet, Anda harus memperhatikan info komputer di atas. Bila Anda melakukan berbagai macam cara di atas dan melakukannya secara rutin, nantinya kebersihan komputer bisa lebih terjaga dan komponen yang berada di dalam komputer akan menjadi semakin awet ketika beroperasi dengan baik dan tidak akan mengganggu pekerjaan yang Anda miliki. untuk meningkatkan performa di komputer Anda, Anda dapat menggunakan SSD.


www.sebats.com