Langsung ke konten utama

Ini Dia Beberapa Siaran Radio Favorit yang Bisa Membuat Semangat

Bagi Anda yang memiliki stasiun pemancar radio amatir dengan frekuensi FM, tentu kadang masih banyak bingung dalam menyusun program-program untuk para pendengarnya. Tidak jarang sebagai langkah awal biasanya, sebuah stasiun akan memberikan program yang terdiri atas siaran lagu-lagu saja baik dari dalam ataupun luar negeri. Pada awalnya memang pasti banyak pendengar yang tertarik, namun bila tidak ada variasi dari program siaran tersebut, pasti lama-lama pendengar juga akan bosan, karena pada dasarnya yang dibutuhkan pendengar adalah adanya interaksi dengan stasiun tersebut.

Untuk dapat menghindari adanya kebosanan dari para pendengar ini, maka sebagai pemilik stasiun pemancar kita juga harus rajin memberikan sesuatu yang baru dalam bentuk program yang menarik. Berikut ini beberapa contoh program menarik yang mungkin bisa dijadikan referensi dalam memilih sebuah program yang tepat untuk para pendengar, seperti:

siaran radio

- Talkshow, adalah program yang paling banyak diminati oleh para pendengar. Apalagi jika tema yang dibawakan, menyangkut tentang kehidupan sehari-hari, misalnya soal kesehatan atau tips-tips tertentu yang memberi manfaat,

- Kuis, merupakan program yang juga biasanya sering dinanti oleh pendengar. Apabila kesulitan untuk menentukan hadiah, gandenglah donatur atau sponsor agar pendengar jadi lebih tertarik dengan acara tersebut,

- Dialog Interaktif, bisa mengetengahkan tentang keluhan pendengar terhadap layanan instansi tertentu, atau bisa juga hanya sekedar berkirim salam kepada teman maupun saudara.

Berkaitan dengan dialog interaktif dengan pendengar ini, ada banyak sekali model atau jenis yang bisa kita pilih untuk diperdengarkan di radio kita. Misalnya saja secara kebetulan ada artis yang datang ke kota Anda, maka Anda bisa mengundangnya untuk berinteraksi dengan fans pendengarnya secara langsung, atau mungkin dengan model tanya jawab, seperti talk show tapi dilakukan secara dua arah. Jadi kita mendatangkan seorang pakar bidang tertentu, kemudian bila ada yang ingin bertanya bisa dijawab langsung oleh pakar tersebut.

Mengingat program-program tersebut sifatnya adalah audio, dimana hanya bisa didengar saja, maka seorang penyiar harus bisa memainkan perannya dengan baik. Pilihlah seorang penyiar yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

1. Pengetahuan yang luas, dari bidang-bidang yang umum diketahui orang hingga pada bidang spesifik yang mungkin tidak banyak orang tahu,

2. Ketrampilan berbicara atau berinteraksi dengan pendengar menggunakan kekuatan kata-kata ataupun bahasa,

3. Keahlian mengelola emosi secara baik, karena bukan tidak mungkin akan menjumpai pendengar yang memberikan respon negatif pada saat-saat tertentu.

Apabila kita lihat, saat ini banyak sekali orang hanya sekedar mendirikan stasiun pemancar siaran hanya sekedar mencari nama atau eksistensi semata. Padahal bila tidak didukung dengan brand yang kuat serta visi serta misi yang jelas, bukan tidak mungkin stasiun radio tersebut hanya bisa bertahan sampai seumur jagung saja.

Komentar