Langsung ke konten utama

Ini Cara Supaya CD Asli Tetap Awet

Kecanggihan teknologi saat ini memang membuat reputasi dan daya tarik CD sebagai tempat penyimpanan file yang berkapasitas cukup banyak mulai meredup. Namun bukan berarti orang sudah tidak mau lagi memanfaatkannya, karena untuk beberapa keperluan keping penyimpan file ini memang masih sangat diperlukan. Khususnya untuk industri musik ataupun film, keping penyimpan file ini masih menjadi media utama untuk dipasarkan kepada masyarakat luas. Bahkan hingga saat ini, tingkat kesuksesan dari sebuah album musik atau film, dihitung dari berapa keping penyimpan file ini yang terjual kepada masyarakat.

Bagi kita yang kebetulan mempunyai sedikit rezeki untuk bisa membeli keping penyimpan file lagu ataupun film ini, tentunya harus mempunyai trik khusus untuk bisa merawatnya. Ini disebabkan karena semakin sering keping tersebut dimainkan baik itu lewat player ataupun alat pemutar di berbagai perangkat, maka resiko kerusakan seperti baret atau tidak terbaca akan semakin tinggi. Oleh sebab itu perhatikan beberapa hal berikut:

CD Asli

- Cara penyimpanan keping tersebut ketika tidak diputar atau dimainkan. Ini berguna agar kondisi keping penyimpan yang rentan dengan goresan tidak mudah tergesek benda lain,
- Cara memainkan keping tersebut dengan alat pemutar yang banyak terdapat pada perangkat elektronik, agar tidak cepat rusak,
- Cara mengatasi kerusakan ringan pada keping tersebut agar tidak menjadi lebih parah.

Adapun cara pertama untuk dapat menyimpan keping CD tersebut supaya tetap awet adalah segera backup atau copy data dalam keping tersebut pada perangkat komputer Anda. Hal ini merupakan langkah penyelamatan paling awal yang harus dilakukan supaya ketika keping tersebut benar-benar rusak parah dan tidak bisa dimainkan, Anda masih mempunyai file cadangannya sehingga bisa memutarnya kapanpun Anda mau. Untuk penyimpanan setelah selesai dimainkan, segera masukkan kembali pada wadahnya, supaya keping tersebut tidak mudah terkena gesekan atau goresan benda lain.

Adapun untuk dapat memainkan keping penyimpan tersebut dengan aman dan benar, maka Anda harus selalu berhati-hati dalam memegangnya. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pegang keping pada bagian pinggir dan tengah (lubang), dan hindari menyentuh bagian dalam keping dengan tangan langsung,
2. Masukkan pada perangkat pemutar dengan hati-hati, dan jangan terkena bagian luar perangkat pemutar,
3. Ketika sedang memainkan keping tersebut, hindari mengulang-ulang lagu ataupun scene film tertentu terlalu sering. Hal ini bisa menyebabkan goresan ringan pada keping penyimpan oleh optik pemutar, sehingga bisa mengakibatkan kualitas keping menurun.

Hal yang terakhir agar bisa merawat keping penyimpan ini secara baik adalah dengan segera mengatasi kerusakan yang terjadi seperti adanya goresan-goresan ringan. Untuk mengatasinya, Anda tinggal menggunakan cairan pembersih optik yang diaplikasikan secara ringan pada bagian dalam CD, kemudian lap dengan kain lembut dan kering memutar searah jarum jam.

Komentar