Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Sabtu, 16 Juli 2016

Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi Saat Ke Ciwidey

Ketika Anda berlibur ke Bandung jangan cuma menghabiskan waktu dengan shoping di factory outlet atau menikmati aneka kuliner yang menjajakan dagangannya di berbagai tempat. Tapi coba mengunjungi wisata desa yang unik di Ciwidey. Di sana anda bisa berlibur paling tidak di 10 desa wisata. Kesepuluh desa itu menyuguhkan berbagai ciri khasnya sendiri-sendiri dalam adat-istiadat Sunda. Desa-desa di Ciwidey ini pun memiliki usaha pemberdayaan ekonomi pedesaan yang menarik untuk diketahui.

Tiap desa wisata di Ciwidey mempunyai keistimewaan dan pesona tersendiri baik untuk turis domestik atau asing. Destinasi ini adalah sebuah alternatif tepat memanfaatkan liburan akhir pekan Anda dan keluarga. Anda boleh jadi pernah mendengar wisata Kawah Putih Ciwidey yang kerap dijadikan lokasi pengambilan foto prawedding atau pembuatan video klip. Sepanjang perjalanan ke Ciwidey ini para pelancong akan disuguhi hamparan menghijau perkebunan teh atau tanaman strawberry dan aneka sayur-mayur. Hawa sejuk yang berhembus akan membuat perjalanan ke sana menjadi tak terasa melelahkan. Menjelang pintu masuk ke Ciwidey, para pengunjung akan menyaksikan keindahan alam pegunungan Malabar dengan puncak Gunung Puntang. Sesudah puas berkunjung ke sejumlah desa wisata anda bisa melanjutkannya dengan berkunjung ke beberapa obyek wisata berikut :

kawah putih

Wisata Kawah Putih

Lokasi persisnya di daerah Rancabali sekitar 44 km jika ditempuh dari kota Bandung. Karcis masuk tiap orang adalah Rp.12 ribu sementara mobil Rp.15 ribu. Panorama di lokasi ini memang sungguh mempesona dengan warna air danau yang putih agak hijau kontras dengan batu kapur putih yang mengelilingi tepian danau. Di Kawah Putih ini pun bersemayam kuburan para leluhur setempat antara lain Eyang Jaga Satru dan Eyang Rangsa Sadana.

Penangkaran Rusa Ranca Upas

Menyuguhkan lokasi penangkaran rusa ditambah panorama hutan dengan areal perkemahan yang luas. Bumi Perkemahan Ranca Upas bisa ditempuh menggunakan mobil dari Bandung sejauh sekitar 56 km. Karcis masuk ke lokasi ini dikenakan Rp3.500 per orang.

Pemandian Air Panas Alam Cimanggu

Adalah kolam pemandian air panas berketinggian 1.100 m dpl dengan panorama sekitar berupa gelaran perkebunan teh yang sangat luas. Lokasi ini berjarak sekitar 45 km bila ditempuh dari Bandung.

Walini

Adalah lokasi wisata kolam renang air panas yang berada di area perkebunan teh dengan udara sejuk menyegarkan dekat dengan Danau Situpatengan.

Situ Patengan

Mempunyai panorama alam danau di dalam lingkungan perkebunan teh Rancabali. Karcis masuk ke area danau ini adalah Rp.4.500 per orang.

Gunung Patuha

Dapat dicapai menggunakan mobil dari Bandung sekitar 2 jam perjalanan. Penduduk lokal masih melestarikan upacara tradisional di kawasan Kawah Putih sebagai adat istiadat turun temurun.

Ciwidey pun memiliki kuliner khas sebagai oleh-oleh yaitu minuman bandrek dan dodol strawberry. Para pengunjung bisa membeli minuman bandrek ini di Desa Cimanggu. Di sana ada beberapa kedai yang menjual minuman hangat ini. Bandrek terbuat dari jahe dan pas jika diminum di kawasan berhawa dingin ini.  Segelas minuman yang bisa menghangatkan tubuh ini hanya Rp.2 ribu saja. Minuman Bandrek pun bisa dibeli untuk buah tangan sebab ada yang menjualnya dalam kemasan botol dengan harga Rp.7 ribu hingga Rp.15 ribu tergantung besar kecilnya botol kemasan.

Butuh waktu 3 hari bagi para pelancong yang ingin mengelilingi seluruh obyek wisata menarik di Ciwidey. Malah sesudahnya Anda mungkin  masih merasa kurang cukup sebab memang lokasi wisata ini menyimpan banyak keindahan alam dimana-mana. Jika Anda hendak melalui rute jalan Kopo Bandung untuk itu jangan melakukan perjalanan ketika pagi atau petang sebab sering macet. Sebaiknya lakukan perjalanan ketika malam tiba.
ItemReviewed: Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi Saat Ke Ciwidey
Reviewer: admin
Rating: 4.5 of 5
Description:
Ketika Anda berlibur ke Bandung jangan cuma menghabiskan waktu dengan shoping di factory outlet atau menikmati aneka kuliner yang menjajakan...


www.sebats.com