Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Minggu, 10 Juli 2016

Menikmati Pemandian Air Panas Garut Kawah Talaga Bodas

Bagi penduduk ibukota berlibur ke Bandung pastinya kerap dilakukan. Namun tidak cukup banyak yang megarahkan tujuannya ke Garut untuk berlibur. Meskipun bila dari Bandung untuk menuju Garut cuma butuh waktu sejam perjalanan dengan mobil. Jika kota Bandung populer dengan sebutan Paris van Java sebab di sana banyak berdiri distro dan outlet fashion. Sementara Garut terkenal dari dulu dengan sebutan Swiss van Java. Diberi nama itu bukan tanpa sebab, lihat saja panorama alam yang menawan dan tradisi masyarakat yang masih kental. Berbagai obyek wisata alam yang indah terhampar di sini. Udaranya adem dikitari pegunungan menghijau serta ditambah lagi gelaran areal persawahan yang begitu asri sehingga tak keliru bila masyarakat memberikan gelar Swiss van Java.

Pemandian air panas Garut pun terkenal sejak dulu yang bersumber dari air panas alami. Ada banyak lokasi wisata pemandian air panas ini namun salah satu yang cukup menarik untuk didatangi adalah Talaga Bodas. Talaga Bodas berarti Telaga Putih yang mirip dengan obyek wisata Kawah Putih di Pengalengan Bandung. Namun bagi sebagian wisatawan Talaga Bodas Garut lebih cantik sebab tak banyak pepohonan yang kering dan juga lebih bersih. Kecuali itu di sini pun tersedia beberapa kolam pemandian air panas alami yang gratis untuk dinikmati.

kawah talaga bodas garut

Pemandian air panas Garut Talaga Bodas berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja Garut. Jalur menuju ke lokasi ini mudah saja. Bila memakai angkutan kota Baraya maka naik saja dari Terminal Guntur-Sukawening dengan jarak kurang lebih 14 km. Sementara bila dari Wanaraja cuma berjarak 6 km yang bisa dicapai kurang lebih satu jam perjalanan. Infrastruktur jalan ke Talaga Bodas bisa dikatakan tak cukup baik di sana sini banyak dijumpai jalan bebatuan, meski tetap aman untuk dilalui. Kondisi jalan itu menyebabkan perjalanan harus ditempuh rata-rata satu setengah jam. Kendati jalur ke sana rusak akan tetapi para pengunjung tak akan merasa jemu sebab selama perjalanan mereka akan disuguhi panorama alam yang mempesona. Pada sebelah kiri lembah pelancong dapat menyaksikan dengan jelas Gunung Sidahurip yang menjulang dan berbentuk laksana bangunan Piramid. Tak salah jika gunung ini konon ceritanya merupakan piramid yang terpendam.

Baca juga:  Kampung Sampireun Garut, Nuansa Alami Berbalut Kemewahan Fasilitas


Perjalanan ke Talaga Bodas para wisatawan mesti melalui jalanan setapak berbukit yang mempunyai kemiringan cukup ekstrim. Masyarakat setempat menggunakan lahan-lahan tersebut untuk menanam sayur-mayur diantaranya tomat dan kol. Kawah Talaga Bodas adalah sebuah danau dengan air dominan warna putih dihiasi dengan asap yang mengepul tinggi. Sesudah tiba kepada area parkir pengunjung mesti berjalan kaki kurang lebih 15 menit untuk mendekati kawah. Sebelumnya para pengunjung harus membayar karcis masuk sebesar Rp.5 ribu. Setibanya di tepian kawah pengunjung akan dibuat kagum oleh kecantikan alam kawah Telaga Bodas ini. Suguhan warna putih kebiruan dengan sedikit hijau berlatar belakang gunung Telaga Bodas benar-benar sulit untuk digambarkan keindahannya . Pengunjung pun boleh melakukan trekking menyisir tepian kawah untuk menyaksikan keindahannya dari setiap sudut. Tak lupa adalah kolam pemandian air panas yang dapat dinikmati dengan cuma-cuma untuk membuat rileks badan sesudah penat melakukan perjalanan jauh.

Bila hendak berwisata ke sana ada baiknya persiapkan dulu bekal makanan dan minuman. Namun jika cuma pengin menyeruput kopi panas sambil menyantap jagung bakar pengunjung bisa membelinya di beberapa warung yang menjualnya di sekitar kawah.
ItemReviewed: Menikmati Pemandian Air Panas Garut Kawah Talaga Bodas
Reviewer: admin
Rating: 4.5 of 5
Description:
Bagi penduduk ibukota berlibur ke Bandung pastinya kerap dilakukan. Namun tidak cukup banyak yang megarahkan tujuannya ke Garut untuk berlib...


www.sebats.com