Langsung ke konten utama

Ini Yang Membuat Pantai Pangandaran Wajib DiKunjungi

Kawasan pantai merupakan salah satu lokasi primadona bagi para wisatawan menghabiskan akhir pekan untuk menjauh sejenak dari keriuhan suasana kota. Pilihan pantai untuk rileks dan menikmati seafood banyak namun Pantai Pangandaran di Jawa Barat jangan sampai terlewatkan. Berada di wilayah administrasi Kabupaten Ciamis diantara Teluk Parigi dan Teluk Pangandaran. Banyak wisatawan yang menganggap Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai terbaik yang dimiliki Propinsi Jawa Barat.

Dulu Pantai Pangandaran cuma menjadi sebuah kota nelayan kecil. Wisatawan yang melakukan perjalanan ke Pantai Pangandaran ini membutuhkan waktu setidaknya selama 6 jam. Pemandangan alam Pangandaran kebanyakan berupa pantai yang menghampar, perbukitan batu kapur, sungai dengan airnya yang bersih, area hutan, desa di kanan kiri jalan dengan sawah yang menghijau. Seluruhnya tadi adalah pesona tersendiri yang mampu menghadirkan banyak wisatawan untuk menikmatinya. Berada di Pantai Pangandaran para wisatawan akan disajikan cakrawala Samudera Hindia ditingkahi hembusan angin laut yang cukup kencang. Kemudian yang seringnya ditunggu para pengunjung adalah menikmati dan proses matahari terbit serta tenggelam dari satu titik tertentu.

pantai pangandaran

Sementara jika berada di Pantai Pangandaran sisi timur bisa dianggap sebagai surga bagi para penggemar seafood alias makanan laut. Beberapa restoran ataupun di rumah makan kecil selalu buka untuk menyajikan aneka olahan sedap hidangan laut. Ada menu berbahan ikan, kepiting, cumi-cumi, udang dan perolehan dari laut lainnya. Jangan meninggalkan Pantai Pangandaran jika belum bersantap wajib di sini. Kecuali menawarkan aneka menu, harga menu seafood yang dijual pun cukup terjangkau.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Bandung yang Menarik dan Harus di Kunjungi


Mengingsutkan pandangan ke sisi selatan Pantai Pangandaran maka pengunjung akan menjumpai tempat pelelangan ikan yang diperoleh dari nelayan yang baru saja melaut. Setiap kali ada kapal nelayan yang merapat ke pantai maka bersiap puluhan orang menghampiri untuk menarik kapal tadi. Ketika menyaksikan hal itu tentu para pengunjung akan dibuat kagum betapa masyarakat di sana masih kental rasa saling membantu satu sama lain. Mayoritas masyarakat di sekitar Pantai Pangandaran berprofesi menjadi nelayan dan sebagian lagi petani. Namun beberapa juga ada yang bekerja di sektor pariwisata serta usaha kecil. Para pengunjung pun dapat membeli aneka suvenir atau buah tangan hasil kerajinan laut diantaranya cincin, gelang, kalung dan replika papan surfing yang cantik.

Segala macam program pun sudah dijalankan pemerintah setempat demi menjadikan Pantai Pangandaran mampu menyedot makin banyak lagi pengunjung. Termasuk menyelenggarakan beberapa acara perayaan serta even tahunan. Pantai Pangandaran sendiri memiliki satu perayaan tradisional yang diadakan kalangan nelayan yang merupakan wujud terima kasih berkat kemurahan Tuhan yang diberikan dalam bentuk hasil laut yang melimpah. Pada acara ini akan dilarung sesajen menuju lautan lepas. Perayaan tersebut umumnya diselenggarakan tiap bulan Suro berpusat di sisi Timur Pantai Pangandaran. Sementara gelaran pariwisata berskala dunia yang diadakan tiap tahun yakni Festival Layang-layang Internasional atau Pangandaran International Kite Festival yang berlangsung tiap Juni atau Juli.

Di luar itu semua bila para wisatawan berkeinginan menikmati panorama bawah laut Pantai Pangandaran maka tempatnya adalah kawasan Pasir Putih. Rute untuk ke Pasir putih pada wisatawan boleh mengambil jalan melewati kawasan cagar alam atau pilihan lain adalah menaiki perahu untuk menyeberang. Panorama Pasir Putih cukup bisa membuat pengunjung berlama-lama di sini. Jika anda sedang merencanakan untuk melancong di musim liburan mendatang coba persiapkan untuk mengunjungi Pantai Pangandaran.

Komentar