Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Senin, 11 Juli 2016

Menikmati Kesempurnaan Panorama Pantai Santolo Garut

Cakrawala di Samudra Hindia yang terlihat dari pesisir pantai selatan Garut sungguh memikat. Deburan ombak seakan mengajak para wisatawan bergerak bersama. Panorama indah lainnya ialah gugusan karang aneka rupa yang menyebar di sejumlah titik. Di pantai Garut paling tidak terdapat 8 pantai yang dapat didatangi oleh para wisatawan yaitu pantai Cijeruk,  Sancang, Karang Paranje, Taman Maralusu, Sangyang Heulang, Gunung Geder, Rancabuaya dan pantai Santolo. Yang disebut yakni pantai Santolo Garut kondang dengan pemandangan gugusan karang yang sungguh cantik. Pantai ini berada di wilayah administratif Kampung Santolo, Desa Cilautereun, Cikelet Kabupaten Garut Jawa Barat.

Lokasi wisata Pantai Santolo Garut adalah primadona khususnya untuk masyarakat kabupaten Garut dan sekitarnya saat mereka ingin memanfaatkan liburan. Pantai Santolo sendiri berada di wilayah bagian selatan Garut dan jaraknya cukup dekat bila dibanding berlibur ke lokasi wisata pantai yang lain di Jawa Barat misalnya pantai Pangandaran atau pantai Pelabuhan Ratu. Pantai Santolo Garut mempunyai pesona keindahan panorama laut yang tak kalah menakjubkan dibanding pantai yang lain khususnya di Jawa Barat. Tinggal sedikit dipoles di sana sini agar makin menarik minat berkunjung dan juga nyaman untuk wisatawan. Tiap kali liburan tiba seperti saat libur lebaran maupun di akhir pekan Pantai Santolo Garut itu lumayan banyak didatangi pengunjung lokal dan juga dari luar kota misalnya dari Tasikmalaya,  Cianjur dan juga Bandung.

Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo berada kurang lebih 150 km bila ditempuh dari kota Bandung atau 90 km jika dijangkau dari kota Garut. Lokasi ini dapat diakses mengambil trayek Bandung  Garut  Cikajang  Pameungpeuk  Cikelet. Jika wisatawan tak mempunyai mobil pribadi maka kendaraan umum pun tersedia ke tempat ini. Selama perjalanan maka akan banyak menjumpai jalan sempit berkelok-kelok dimana di kanan kirinya terlihat hamparan kebun teh Dayeuh Manggung, Cilawu serta Megawati.

Baca juga: Menikmati Pemandian Air Panas Garut Kawah Talaga Bodas


Penat selama perjalanan langsung sirna begitu wisatawan menginjak Pantai Santolo ini. Hempasan gelombang menyongsong kedatangan wisatawan disertai hamparan pasir putih serta hembusan angin kencang yang biasa terjadi di pantai selatan Jawa. Jika pengunjung ingin menikmati keindahan pantai ini maka dianjurkan menyeberang Sungai Cilautereun memanfaatkan perahu nelayan untuk menuju pulau gugusan karang. Pulau atol seluas 35 hal tersebut mampu menghadirkan perpaduan pasir berwarna kecokelatan dengan biru air laut serta gelaran batuan karang menghitam. Tatkala air laut surut maka terlihat hamparan taman batu karang berbagai bentuk dimana wisatawan bisa berenang di sekitarnya. Wisatawan akan kian terpuaskan ketika menyaksikan struktur karang dengan ketinggian 3 m yang berada di tengah gugusan karang tersebut. Masyarakat sekitar menamakannya dengan Karang Kukus.

Sekilas struktur tersebut serupa dengan Tanah Lot pulau Bali cuma tanpa bangunan Pura di atasnya. Dan jika mau mengembangkan pastinya akan menjadi sebuah destinasi wisata yang cukup menarik. Untuk saran bagi para pengunjung jika ingin menyaksikan spot paling menarik bisa menuju sisi timur pantai Santolo Garut ini. Struktur pantainya mampu menyuguhkan taman karang beriaskan tanaman pandan. Para wisatawan dapat memanfaatkan lokasi ini untuk sekedar bersantai sembari berfoto mengambik back ground Samudra Hindia yang maha luas.

Menengok sejarahnya didapatkan catatan bahwa pada tahun 1800-an Belanda mendirikan sebuah pelabuhan serta bangunan tempat menyimpan karet dan teh di Pulau Santolo Garut ini. Dulunya akses ke pulau ini tak memakai perahu namun rangkaian lori yang sayangnya kini tak ditemukan bekasnya. Pada masa lalu pun tentara Belanda ada yang menjaga pulau ini dengan pos di sebuah di bagian selatan pulau. Apa dikata, di balik kecantikan pantai ini didapati sarana jalan utama dan pendukungnya dalam kondisi hancur. Sepanjang pantai pun jauh dari kata bersih dengan fasilitas sanitasi yang cukup terbatas. Perlu campur tangan pihak terkait untuk membenahinya agar kecantikan pulau Santolo Garut tak berangsur hilang.
ItemReviewed: Menikmati Kesempurnaan Panorama Pantai Santolo Garut
Reviewer: admin
Rating: 4.5 of 5
Description:
Cakrawala di Samudra Hindia yang terlihat dari pesisir pantai selatan Garut sungguh memikat. Deburan ombak seakan mengajak para wisatawan be...


www.sebats.com