Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Senin, 18 Juli 2016

Sumber Kesalahan yang Mempengaruhi Perhitungan Posisi pada GPS Mobil

Mobil merupakan salah satu benda yang menggunakan alat GPS atau Global Positioning system untuk dapat mengetahui koordinat dari suatu benda atau tempat yang ada di muka bumi. Akan tetapi, walaupun sistem ini telah menggunakan sistem yang canggih, akan tetapi tetap terdapat kemungkinan terjadi kesalahan misalnya kesalahan dalam perhitungan posisi GPS termasuk di GPS mobil. Namun, kesalahan tersebut terjadi karena beberapa sumber penyebabnya.

Sumber kesalahan pertama ada di bagian penundaan ionosphere dan atmosphere. Sinyal yang diberikan atau dihantarkan yang melalui lapisan ionosphere mengalami perlambatan yang disebabkan karena beberapa hal misalnya karena cahaya yang dibiaskan pada kaca penghalang. Penundaan tersebut menyebabkan terjadinya kesalahan perhitungan kecepatan sinyal sehingga mempengaruhi kesalahan dalam perhitungan posisi.

gps mobil

Kesalahan perhitungan posisi GPS mobil juga disebabkan karena ketinggian dari satelit dan receiver. Tinggi rendahnya satelit akan sangat mempengaruhi sinyal. Jika pada malam hari, pengaruh dari lapisan ionosphere akan sangat kecil dan sinyal akan turun secara perlahan. Jumlah dari kepadatan ionosphere juga akan meningkat secara bervariasi seiring dengan siklus dari penyinaran atau aktivitas matahari.

Ketiga adalah terjadinya kesalahan clock satelit dan receiver. Sebenarnya, clock dalam suatu satelit sangat akurat yaitu sekitar 3 ns namun terkadang mengalami penghanyutan dan membuat kesalahan sehingga akan mempengaruhi ketepatan atau ketelitian posisi GPS. Clock ini dimonitor secara langsung oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan menggunakan segmen kontrol dan kesalahan atau hanyutan yang terjadi akan segera dibenarkan atau dibetulkan.

Kesalahan lainnya yang membuat posisi dari GPS termasuk dalam GPS mobil kurang tepat adalah:


- Kesalahan multipath. Kesalahan ini terjadi jika posisi dari antena yang bertugas untuk menerima sinyal berada pada posisi terbuka di permukaan refleksi yang sangat besar. Karena hal tersebut, sinyal tersebut tidak dapat berjalan langsung ke antena melainkan akan membentur obyek tertentu yang ada di dekatnya dan terjadi refleksi ke dalam antena yang membuat atau menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pengukuran. Kesalahan ini dapat dikurangi dengan cara menggunakan antena atau device yang menyertakan ground plane berdiameter 50 cm untuk mencegah adanya penurunan sinyal untuk mencapai antena. Namun cara ini diberlakukan untuk penggunaan device yang diletakkan pada sebuah ruangan atau tempat tertentu. Sedangkan untuk mobil, sebaiknya menggunakan alat atau device GPS yang dilengkapi dengan teknologi yang tinggi.

- Terjadinya pengurangan dan pelemahan ketelitian atau yang disebut dengan DOP (dilutio of precision) yang mengukur kekuatan geometri satelit yang berkaitan dengan jarak dan juga posisi dari satelit yang ada di angkasa. DOP dapat memperbesar pengaruh dari kesalahan satelit. Jika satelit berada di ruang yang kurang tepat atau kurang baik posisinya, akan mempengaruhi keakuratan dari posisi yang ditunjukkan.
ItemReviewed: Sumber Kesalahan yang Mempengaruhi Perhitungan Posisi pada GPS Mobil
Reviewer: admin
Rating: 4.5 of 5
Description:
Mobil merupakan salah satu benda yang menggunakan alat GPS atau Global Positioning system untuk dapat mengetahui koordinat dari suatu benda ...


www.sebats.com