Langsung ke konten utama

Serunya Berlibur Sekeluarga ke Kawasan Wisata Darajat Garut

Lokasi wisata wilayah Garut yang kini tengah populer yakni Darajat Garut. Area liburan yang satu ini lumayan dikenal para turis domestik sekaligus sering dipilih sebagai destinasi liburan menarik saat di kota Garut. Lokasi Darajat Garut terletak di pegunungan dengan pemandangan yang asri. Para wisatawan bisa menyaksikan panorama cantik dari tempat tinggi dan juga mandi di kolam air panas alam. Salah satu pilihan obyek wisata yang banyak mendapat kunjungan ialah Puncak Darajat Garut.

Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa sebuatan Darajat adalah nama lokasi wisata di daerah ini sementara Puncak Darajat adalah nama pemandian air panas yang terdapat di kawasan wisata ini. Puncak Darajat Garut sendiri berada dekat dengan jantung kota Garut tepatnya di Kecamatan Samarang kira-kira 25 km jauhnya. Akses menuju ke sana pun modah, bila pengunjung dari Bandung maka sesudah menjumpai bundaran Tarogong langsung saja ambil kanan. Kurang lebih 100 meter dari bundaran ini dijumpai pertigaan wisatawan harus belok kiri selanjutnya belok kanan pada pertigaan jalan berikutnya. Kawasan wisata Darajat ini berada searah Kampung Sampireun sehingga cukup mudah dijangkau. Rambu penunjuk arah pun telah terpasang sehingga makin mempermudah mereka yang baru pertama kali ke sana.

Wisata Darajat Garut

Pengunjung tinggal mengikuti jalan tadi dan setelah sampai di pertigaan Panunjuk Samarang atau kurang lebih 1 kilometer sesudah melalui pertigaan ke Kampung Sampireun, ambil saja jalan ke kanan dan masuk ke jalan raya Pasirwangi. Lokasi wisata Darajat Garut ini berada di penghabisan jalan. Bila naik angkutan umum pengunjung ambil angkot warna putih hijau yang memiliki rute Samarang – Garut dimulai dari terminal guntur dan berakhir di pertigaan Panunjuk. Setelah itu ganti dengan naik angkutan pedesaan berwarna kuning rute ke Sariwangi. Atau bisa juga memanfaatkan jasa tukang ojek motor untuk ke sana.

Baca juga:  Menikmati Kesempurnaan Panorama Pantai Santolo Garut


Pilihan berwisata yang diberikan Darajat Garut ini berbentuk wisata pemandangan alam dan pemandian air panas yang berada di ketinggian. Tentu akan sangat mengasyikkan mandi berlama-lama di kolam air panas alami dengan hawa segar khas pegunungan yang sering dihiasi dengan kabut. Dan ketika cuaca cerah maka pengunjung bisa menyaksikan panorama alam di bawah secara lepas yang sungguh menakjubkan. Darajat Pass memiliki aneka pilihan wahana permainan diantaranya adalah wahana seluncur yang cukup menantang, ember tumpah dan Water boom.

Untuk masuk ke kawasan pemandian air panas Darajat Pass  water park para pengunjung cukup membayar Rp.20 ribu per kepala baik dewasa maupun anak-anak. Selain Water Park, Darajat Pass pun menyediakan sarana permainan outbound, kendaraan ATP, berkuda, Flying Fox serta delman yang ditarik dengan domba. Pilihan menarik lain adalah Aqua Play dan Mountain Rock. Disediakan lagi sebuah wahana yang jarang didapati di lokasi lain yakni Futsal, bukan sembarang Futsal sebab di sini bukan di lakukan di lapangan namun di dalam kolam renang.

Di seputar kawasan wisata ini pun buka beberapa rumah makan sekaligus juga tempat menginap di Darajat Pass yang menawarkan tarif cukup murah.  Berburu buah tangan khas Garut di sini pun cukup gampang. Banyak kios-kios yang menjajakan dengan harga terjangkau seperti penganan chocodot yakni cokelat dengan campuran dodol di dalamnya, ada lagi cemilan berbahan baku cokelat dan biji kopi yang memiliki tekstur renyah. Jangan lupa juga untuk membeli Dorokdok yakni sejenis kerupuk yang dibuat dari kulit sapi yang memiliki rasa khas serta aneka dodol beragam rasa. Pokoknya Darajat Garut memang cukup lovely untuk didatangi bersama keluarga tercinta.

Komentar