Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Minggu, 24 Juli 2016

6 Pilihan Tempat Makan Enak Di Jakarta Yang Sayang Jika Dilewatkan

Berlibur ke Jakarta tidak melulu untuk shopping saja namun juga untuk mencoba aneka hidangan kuliner lezat. Sejumlah tempat makan enak di Jakarta beberapa ditemukan terpusat di satu wilayah diantaranya adalah kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara dan Cikini Jakarta Pusat. Meski wilayah Jakarta lain pun memiliki andalan tempat makan yang tak kalah lezatnya, namun sebagai titik pertama para wisatawan bisa mencicipi dulu beberapa sajian berikut ini.

1. Bakoel Koffie
Andalannya tentu saja adalah hidangan berbagai varian minuman kopi. Sebagai menu favorit yang banyak dipesan pengunjung yakni kopi tubruk ala bakoel. Menu minuman ini berupa campuran antara kopi arabica dan kopi robusta dengan citarasa asam cukup kental serta aroma yang harum. Bakoel Koffie sudah lama berdiri tepatnya tahun 1870an di Jalan Hayam Wuruk yang dirintis oleh Tek Sun Ho dengan kedai nasi. Saat ini Bakoel Koffie sudah ditangani generasi keempat.

Bakoel Koffie

2. Vietnamese Food Vietopia
Tempat makan enak di Jakarta di seputaran Cikini selanjutnya adalah Vietnamese Food Vietopia. Sajian menu ala Vietnam yang diandalkan rumah makan ini ialah pho bo yaitu sop mi beras dengan pelengkap daging sapi. Kemudian ada banh xeo yaitu semacam dadar yang diisi udang, daging ayam plus sayur-mayur. Tak ketinggalan adalah minumannya berupa lemon hot grasstea. Bila hendak menjajal lezatnya hidangan dari rumah makan ini ada baiknya jangan datang saat jam santap siang dan juga sore hari sebab dipastikan restoran sudah sesak dengan pembeli. Banyak yang mesti antri terlebih dulu sebelum bisa menikmati aneka menu makanan asli Vietnam ini.

3. Rumah Makan Ikan Bakar Nyonya Filly
Untuk rumah makan yang ini hidangan andalannya berselera nusantara. Terkenal dengan masakan sop kepala ikan bumbu Manado dan ikan bakar rica-rica. Ikan yang disajikan tidak ada yang gosong dan makin maknyus bila disantap beserta nasi hangat sekaligus menu sop kepala ikan. Ada lagi menu  ikan Gurami bakar dengan cocolan sambal dabu-dabu pedas, asam dan gurih. Harga ikan bakar rica-rica 1 porsi sekitar Rp.50 ribu, sementara untuk ikan Gurami bakar Rp.65 ribu dan minumannya berupa es jeruk segar seharga Rp.18 ribu.

4. Warung Makan Sari Mulia Asli
Tempat makan enak di Jakarta lainnya adalah Warung Makan Sari Mulia Asli dengan hidangan khas Solo yaitu ayam bakar.  Ayam bakar khas Solo  diolah menggunakan resep bumbu bercitarasa manis. Tak ketinggalan pengunjung pun bisa memesan es teler nikmat yang resepnya dibuat oleh pemiliknya sendiri yaitu Tukiman Darmowiyono sebagai pembuat es teler pertama.

5. Nasi Uduk dan Bubur Ayam Hias Rias
Bila wisatawan berkunjung ke pelataran Pasar Hias Rias masih di kawasan Cikini mereka dapat menikmati menu bubur bercitarasa berbeda. Menu ini disajikan hanya di warung kecil dengan tulisan Nasi Uduk & Bubur Ayam Hias Rias. Jangan menanyakan kuah bumbu, irisan seledri dan daun bawang serta kacang goreng sebab bubur ayam di warung ini cuma bubur, irisan cakwe, ayam suwir,  tongcai cincang plus pelengkapnya beberapa lembar emping. Sementara untuk sajian bubur ayam spesial pembeli akan diberikan pelengkap berupa kuning telur mentah plus sate ampela. Biarpun tampilan biasa saja namun mengenai rasa benar-benar di luar perkiraan. Citarasa bubur sangat khas terlebih saat diaduk dengan kuning telur mentah, sungguh istimewa. Tanpa bau amis sedikitpun yang muncul dari hidangan nikmat ini.

6. Sop Konro Karebosi.
Beralih ke kawasan Kelapa Gading, pilihan tempat makan enak di Jakarta yang satu ini sudah sangat terkenal. Sajian sop Konro Karebosi biasanya diberikan seporsi besar yaitu 2 potong iga seukuran setengah lengan orang dewasa. Rumah makan ini adalah cabang dari Sop Konro Karebosi yang dibuka di Lapangan Karebosi, Makassar. Cabang di daerah Kelapa Gading ini sendiri telah berdiri semenjak 18 tahun silam.


www.sebats.com