Langsung ke konten utama

Saat ke Pengalengan Jangan Lupa Ke 3 Tempat Wisata Ini

Pangalengan yang berlokasi di Bandung bagian selatan memiliki banyak pilihan tujuan wisata baik berupa panorama alam, danau atau situ dan juga arung jeram. Tempat yang juga dikenal sebagai penghasil susu sapi segar ini memang memiliki pemandangan alam yang sangat cantik sehingga sangat mengasyikkan untuk menghabiskan liburan di sana. Diperlukan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Bandung ke Pangalengan. Di sepanjang rute yang dilalui terhampar sawah dan pohon-pohon menghijau dengan hawa yang sangat sejuk, tidak begitu berbeda dibanding kesejukan di Lembang. Kawasan wisata Pangalengan cukup sepi ketimbang kawasan wisata Lembang.

1. Taman Wisata Situ Cileunca

Berlibur ke situ Cileunca para wisatawan dapat menyewa perahu sekaligus menikmati hawa sejuk. Pengunjung pun dapat menguji adrenalin dengan rafting di arus deras. Situ Ciluenca adalah salah satu lokasi wisata favorit keluarga saat mereka berada di Pangalengan. Wisata Situ Ciluenca menyediakan berbagai wahana permainan seru diantaranya paintball, flying fox serta olahraga arung jeram. Tarif yang dibanderol pun cukup murah mulai Rp.150 ribu hingga Rp.185 ribu wisatawan sudah dapat mencoba beberapa permainan dan masih ditambah menu makan siang serta snack. Untuk arung jeram di sini wisatawan akan diajak menyusuri jeram sungai yang begitu menantang. Ketika musim penghujan arus sungai malah lebih kuat lagi.

Taman Wisata Situ Cileunca

2. Desa Wisata Lamajang

Di perkampungan ini para wisatawan bisa melihat pagelaran seni budaya dan dilengkapi pula Homestay sembari merasakan aneka kuliner yang berasal dari produksi pertanian dan peternakan masyarakat setempat. Masih berdiri kokoh 5 rumah adat Sunda yang sudah berusia sekitar 300 tahun yang bisa dilihat wisatawan yang memang gemar dengan wisata sejarah. Di wilayah Cikalong pun didapatkan sebuah bangunan adat dimana tiap bulan Muharram selalu digunakan untuk penyelenggaraan upacara adat Kukud Taun. Desa Lamajang pun mempunyai wisata petualangan arung jeram Sungai Cilaki sebagai terbaik kedua paling menantang di Propinsi Jawa Barat sesudah arung jeram di Sungai Citarik Sukabumi. Panjang lintasan arung jeram di sini mencapai jarak 5 km yang membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Baca juga: Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi Saat Ke Ciwidey


Desa Wisata Lamajang

3. Wisata belanja dan kuliner

Kuliner khas Sunda yang pasti akan memanjakan lidah para pengunjung yang disajikan oleh beberapa warung makan di lokasi wisata Pangalengan ini. Di kawasan Situ Cileunca pengunjung bisa menyantap ayam bakar. Jika umumnya ayam bakar selalu dihidangkan bersama sambal kacang, sambal kecap atau sambal terasi maka di sini bukan dengan ketiganya namun menggunakan sambal kencur. Wangi khas kencur yang keluar dari sambal akan menciptakan sensasi tersendiri di lidah pengunjung. Tak usah khawatir bila pengunjung ingin mencari oleh-oleh atau kuliner khas Pangalengan sebab di sepanjang jalan akan banyak dijumpai sentra penjualan oleh-oleh khas Pangalengan. Pengunjung dapat berbelanja bermacam-macam permen beraneka rasa diantaranya rasa strawberry dan rasa milk caramel. Beberapa cemilan ringan seperti kerupuk susu, bermacam dodol susu aneka rasa dan rengginang pun banyak dijual di sini.

Pangalengan berlokasi di wilayah Bandung Selatan sehingga para wisatawan yang akan berlibur ke sana bisa memanfaatkan angkutan kendaraan umum berangkat dari Terminal Tegal Lega ke Dayeuh Kolot kemudian ke Banjaran atau tujuan Kopo. Waktu tempuh yang diperlukan kurang lebih 2 jam perjalanan. Menjelang masuk ke Pengalengan para pengunjung akan melalui kompleks PLTA Lamajan yang berada di jalan yang menghubungkan Banjaran dan Pangalengan. Lamajan adalah salah satu dari 3 PLTA yang dibuat oleh Belanda di masa lalu.

Komentar