Langsung ke konten utama

Buku Novel Fantasi, Genre yang Membawa Anda ke Dunia Lain

Membaca merupakan kegiatan mengasyikkan yang sejenak bisa mengajak Anda untuk mengunjungi dunia lainnya. Apalagi kalau yang Anda baca tersebut adalah buku novel fantasi. Anda akan diajak masuk ke dalam pikiran protagonis dan menyaksikan dunia yang sama sekali berbeda dari yang Anda kenal sekarang. Di dalam dunia tersebut, Anda tak dibatasi oleh berbagai aturan, keterbatasan fisik, ataupun kenyataan yang ada.

Fantasi merupakan genre yang sangat populer di kalangan masyarakat umum. Bahkan bagi orang yang tak senang membaca sekalipun, judul-judul seperti Harry Potter maupun Lord of the Rings adalah nama-nama novel fantasi yang sangat familiar. Dari anak kecil hingga lansia, banyak orang yang mengetahuinya. Ini semua karena fantasi memiliki pesona sendiri yang berbeda, di mana dunia yang menjadi setting sangat familiar namun juga sangat berbeda. Ini membuat orang mampu relate dengan tokoh-tokohnya, sekaligus juga merasakan hasrat untuk mencari tahu lebih tentang dunia fantastis yang masih unknown ini.

Novel-novel fantasi sendiri juga dibedakan dengan berbagai macam genre di dalamnya. High fantasy yang skala dan plotnya sangat epik, mitos yang berdasarkan dari cerita-cerita rakyat, heroic fantasy yang menceritakan perjalanan "hero", protagonis klasik di dalam buku, dan low fantasy di mana elemen fantasi bercampur dengan dunia sehari-hari yang Anda kenal, dan lain sebagainya. Sungguh sebuah genre yang menarik dan sangat luas!

buku novel fantasi

Luasnya genre fantasi ini sendiri membuat buku novel yang mengandung unsur-unsur ini sangatlah banyak. Berikut ini adalah beberapa judul yang patut direkomendasikan dan layak untuk Anda baca:

1. The Black Magician Trilogy
Buku karangan Trudi Canavan yang menceritakan tentang kisah Sonea, gadis dari pemukiman kumuh yang ternyata memiliki talenta sihir luar biasa. Setting yang cukup unik, penggunaan sihir sebagai trope yang praktis namun juga fantastis, dengan lore dan dunia yang ekstensif membuat seri ini patut untuk dilirik.

2. The Graceling Realm
Novel karangan Kristin Cashore bagi Young Adults ini merupakan kisah fantasi dengan 3 orang protagonis berbeda yang saling berkaitan, semua digabungkan di dalam dunia fantasi dan plot yang kompleks.

3. The Earthsea Cycle
Ditulis oleh Ursula K. LeGuin, seri ini telah diangkat menjadi seri televisi, anime, acara radio, dll. Buku yang menceritakan tentang penyihir bernama Ged dari masa kecilnya hingga dewasa dan harus menghadapi rahasia kuno yang bisa mengancam dunia ini patut masuk dalam daftar baca Anda.

4. The Chrestomanci
Ditulis oleh Diana Wynne Jones, dan merupakan 7 buah seri buku yang kompleks. Mengisahkan tentang The Chrestomanci, penyihir yang bisa mengontrol sihir-sihir yang disalahgunakan dan memiliki 9 nyawa.

Anda akan bisa menemukan rekomendasi novel-novel fantasi yang baru dan bahkan mungkin belum diterjemahkan dari berbagai tempat. Internet adalah tempat pertama yang harus Anda lihat, tepatnya di:

- Blog-blog pribadi para reviewer buku ternama, yang sering mengunggah daftar buku yang sedang mereka baca.

- Daftar best seller di online shop, tempat di mana Anda bisa menemukan buku-buku populer sekaligus yang belum Anda kenal.

- Media sosial, tempat di mana para penulis bisa saling merekomendasikan karya-karya mereka.

Buku novel fantasi akan memberikan Anda hiburan yang memuaskan dengan banyaknya pilihan yang ada. Anda yang ingin bersantai membaca cerita romance ringan bisa menemukannya, demikian juga dengan Anda yang ingin membaca kisah horror. Sementara Anda yang penasaran dengan mitologi dan kisah dongeng negara lain juga akan mendapatkan serial-serial epik yang fantastis.

Komentar