Langsung ke konten utama

Cara Mudah Memperbaiki Sendiri Blender Miyako yang Rusak

Tidak sedikit orang Indonesia yang telah menggunakan blender untuk mengolah berbagai jenis makanan serta minuman. Blender yang mereka beli mulai dari harga yang murah hingga harga yang sangat mahal, ada berbagai macam merk yang berada di pasaran. Salah satunya blender Miyako. Namun bagaimana jika blender kesayangan ini rusak? Apakah Anda akan memperbaikinya sendiri rumah atau Anda bawa ke tukang service saja? Bila Anda ingin mencoba memperbaikinya, sebenarnya bukan masalah yang sulit dikarenakan bagian blender yang sering rusak hanyalah bagian itu-itu saja dan mudah untuk diperbaiki.

Jika blender keluar percikan api saat dinyalakan, hal ini dapat dikarenakan longgarnya karbon brush yang kurang menekan, sehingga ketika di gunakan atau dihidupkan, hal tersebut menyebabkan lompatan bunga api karena kurang menempel. Hal ini juga dapat menyebabkan putaran blender menjadi tersendat dan menjadi panas. Agar dapat memperbaikinya, Anda dapat mengganti karbon lama dengan karbon yang baru.

blender miyako

Ada pula masalah dynamo penggerak dapat berputar namun mata pisau yang berada di blender tidak dapat berputar. Bagaimana cara mengatasi blender Miyako yang mengalami masalah seperti ini? hal ini dapat dikarenakan Gerigi kopel yang telah aus sehingga mata pisau pada blender tidak dapat menyangkut di dalam gigi kopelnya, selain masalah tersebut, hal tersebut juga bisa dikarenakan oleh mata pisau yang sudah berkarat atau seret. Agar dapat memperbaikinya, tentu Anda harus mengganti bagian lama dengan bagian yang baru di bagian yang berkarat. Biasanya di toko seperti peralatan dapur, berbagai bagian ini sudah di sediakan, Anda hanya tinggal menyesuaikannya saja dengan tipe Miyako Anda.

Masalah lain seperti blender yang tidak dapat berputar dan mati total. Mati secara total sering sekali terjadi di bagian blender dan dapat dikarenakan berbagai macam hal, langkah awal yang dapat Anda lakukan ialah mengecek kabel mulai dari steker hingga saklar. Agar dapat mengeceknya, Anda dapat menggunakan multimeter yang saklar selector mengarah di ohm meter, selanjutnya ialah pengecekan di bagian dynamo pada bagian rotor atau pun stator. Kemungkinan besar terdapat kabel yang putus gulungannya, atau malah terbakar. Untuk memperbaiki, Anda hanya cukup mengganti bagian yang rusak saja.

Masalah yang sering terjadi lainnya ialah putaran motor penggerak di blender menjadi berputar pelan. Hal ini dapat di sebabkan karena gulungan yang sedang konslet. Jika ingin memperbaikinya, Anda harus membongkar blender Miyako Anda kemudian di lilit dengan dynamo motor yang masih baru. Hal ini dapat di sebabkan karena banyak kotoran yang menempel. Apabila masalah kecil ini dapat Anda atasi sendiri, tentu saja Anda tidak perlu membawanya ke tukang service dan merogoh kocek dalam.

Komentar