Langsung ke konten utama

Tips Membeli Mobil Bekas Layak Pakai

Sebelum memutuskan membeli sebuah mobil, pastinya ada banyak hal yang perlu Anda cermati. Terlebih lagi mobil yang ingin Anda beli merupakan mobil bekas. Pastinya perlakuannya berbeda jika dibandingkan dengan membeli mobil baru. Cermat di dalam membeli mobil bekas menjadi hal yang penting bagi calon konsumen agar terhindar dari berbagai hal tidak menyenangkan yang menjadikan Anda menyesal di kemudian hari.

Agar mudah memeriksa detail mobil sebelum membeli. Berikut merupakan tips memilih mobil bekas layak pakai yang harus Anda perhatikan:

1. Latar belakang mobil

Cobalah menelusuri asal-usul mobil dan cari tahu alasan penjualan mobil, apa sudah pernah tabrakan atau kecelakaan, terendam banjir, nama pemilik sebelumnya dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengamatinya lebih mendetail dari segi interior hingga eksteriornya.

2. Minta bantuan teman

Jika memang Anda kurang faham mengenai mesin mobil, sebaiknya minta bantuan teman ataupun montir yang mengerti mesin guna membantu Anda memilih mobil yang tepat.

3. Kondisi fisik mobil yang mulus

Sebaiknya cari mobil yang mulus. Karena mobil bekas tabrakan biasanya akan memunculkan banyak masalah. Adapun ciri-ciri dari mobil bekas tabrakan terlihat dari body mobil dengan dempul dan juga tidak mulus lagi. Gunakan magnet untuk memeriksa ketebalan dempul. Jika magnet tidak melekat dengan mudah artinya dempul masih tebal.

Tips Membeli Mobil Bekas

4. Lakukan test drive

Agar tidak menyesal di kemudian hari, lebih baik lakukan test drive agar Anda yakin sebelum nanti membelinya. Mobil bekas layak pakai tentunya memiliki suara mesin halus dengan kaki-kaki dan juga suspensi yang terasa empuk.

5. Periksa jarak tempuh

Periksa jarak tempuh untuk memeriksa bahwa mobil bekas yang Anda beli bukan bekas mobil rental. Lihat serta amati jarak tempuh kendaraan yang berbanding lurus dengan tahun dari pembuatannya. Umumnya mobil pribadi akan berjarak tempuh rata-rata 15-20 ribu Km setiap tahunnya.

Baca juga: Tips Ampuh Kredit Mobil Baru dan Bekas dengan Mudah


6. Periksa lampu indikator dan panel dashboard

Minta penjual menyalakan mesin mobil dan periksa semua fungsi panel serta lampu indikator pada dashboard mobil. Pastikan bahwa semua berfungsi baik dan menyala sesuai fungsi masing-masing.

7. Suku cadang dan estimasi pengeluaran servis

Pastinya selain harus mengeluarkan uang untuk membeli mobil bekas, Anda juga seharusnya dapat melakukan kalkulasi serta estimasi biaya servis. Sehingga jika menemui banyak kekurangan maupun masalah pada mobil disarankan untuk mencari mobil bekas yang lainnya.

8. Fitur Entertainment

Meskipun bekas, mobil dari keluaran 2000-an memang sudah memiliki kelengkapan entertainment semacam pemutar CD, televisi portable, colokan USB port, AC (Air Conditioner) dan lain-lain. Ketika Anda berhasil mendapatkan mobil dengan fitur ini akan menjadi satu nilai plus.

9. Kabin dan plafon

Periksa kabin dan plafonnya. Pastikan keduanya benar-benar baik serta berfungsi maksimal. Terlebih untuk plafon, karena jika sudah rusak atau tipis akan menjadikan suhu dalam kendaraan panas saat siang.

10. Perkakas

Jangan lupa menanyakan mengenai perkakas yang mungkin dijual bersama kendaraan. Karena dari hal yang satu ini Anda dapat sedikit menghemat uang tanpa perlu lagi membeli perkakas dari toko peralatan mobil.

11. Surat-surat kendaraan

Dapat dikatakan ini pokok penting mutlak yang perlu Anda perhatikan. Dokumen dan surat-surat kendaraan harus lengkap dan tentunya asli. Selain itu pajak dari kendaraan juga harus masih berlaku agar terhindar dari berbagai kesulitan ketika mengurus administrasi kendaraan maupun mutasi atau balik nama dengan nama Anda sendiri.

Komentar