Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Sabtu, 14 November 2015

Segudang Rahasia Batu Bacan Doko dan Palamea

Saat ini masyarakat yang berada di Indonesia memang telah dihebohkan dengan hobi tempo dulu yang berubah dengan tren yang baru, salah satunya mereka gemar menggunakan batu cincin. Saat ini tren yang satu ini memang tidak di batasi gender. Entah pria ataupun wanita, semua mulai gemar menggunakan batu ini. Hobi yang satu ini sebenarnya di kenal oleh orang Indonesia sejak jaman dahulu, selain batu ini digunakan untuk hiasan batu ini juga memiliki investasi yag begitu menggiurkan, terlebih kolektor. Beberapa batu yang sering mereka jadikan koleksi seperti batu akik, mulia dan permata.

Batu yang sangat unik ini saat ini berada di seluruh Indonesia serta menjadi sebuah komoditi yang dipasarkan hingga ke belahan dunia. Anda jangan kaget, untuk soal harga. Harga yang diberikan memang sangat bervariasi. Mulai dari yang harganya sangat murah hingga sangat mahal, dari puluhan ribu hingga jutaan. Batu yang saat ini sedang naik daun ialah batu bacan, batu ini berasal dari pulau Bacan di Maluku Utara.

Bagaimana asal usul batu bacan?

Banyak literatur yang mengemukakan pembahasan mengenai batu bacan seperti cara batu ini berkembang. Secara historis perkembangan batu bacan banyak di hasilkan di Pulau Kasiruta. Nama bacan sendiri berasal dari lokasi tempat batu yang memiliki warna hijau ini di perdagangkan. Sebelum menjadi begitu populer seperti sekarang, ternyata peminatnya memang sudah begitu banyak.

Batu Bacan Doko

Sebenarnya apa keunikan dari batu bacan?

Anda pasti bingung, mengapa batu bacan ini begitu di gilai dan di idam-idamkan, dan apa keunikan dari batu bacan ini? Kandungan mineral yang berada di batu bacan ini memberikan efek warna biru kehijau-hijauan serta kekuatan dari batu ini, begitu keras. Bacan sendiri terkenal dengan sebuah istilah yakni “batu hidup” arti dari istilah ini ialah ia mampu berubah warna sangat indah. Kemampuan batu bacan yang bisa berubah warna ini dikarenakan kandungan Chrysocolla.

Baca juga: Ini Dia Nilai Estetis dan Khasiat Batu Akik Sesuai Warnanya

Batu bacan doko dan palamea

Batu bacan doko mempunyai warna yang sangat bervariasi serta berbagai macam. Warna yang sangat populer serta digemari ialah warna hijau cincau. Batu ini memiliki warna yang sedikit kehitaman. Karena perubahan metamorfosis yang dimiliki oleh batu bacan doko ini jauh lebih cepat, inilah sebabnya ia begitu menjadi incaran kolektor batu. Untuk batu palamea sendiri seringnya ia mempunyai sebuah warna yakni hijau muda cerah. Kandungan kapur ini jauh lebih banyak bila Anda bandingkan dengan bacan doko.

Batu Bacan palamea

Ciri batu bacan asli

Apakah Anda sangat tertarik dengan batu bacan? Jika ia, Anda harus mengantongi ciri dari batu bacan yang asli, agar tidak mudah tertipu ketika Anda ingin membeli batu bacan. Ciri tersebut antara lain:

1. Dapat menggores kaca. Saat Anda ingin membeli batu, pastikan batu tersebut mampu menggores kaca. Hal ini disebabkan batu yang asli memiliki tekstur yang jauh lebih keras bila dibandingkan dengan kaca,

2. Memiliki serat. Meskipun batu ini sangat halus, namun ia tetap memiliki serat. Apabila batu tersebut sangat mulus hingga tidak ada serat di dalamnya, Anda harus mewaspadai batu bacan ini,

3. Memiliki sertifikat. Kebanyakan batu bacan pada saat ini memang telah memiliki sertifikat resmi. Namun tidak di sangka jika tidak semua batu memiliki sertifikat, hanya batu yang benar-benar mahal dan langka saja yang mempunyai sertifikat ini.


www.sebats.com