Langsung ke konten utama

5 Pertimbangan Penting Sebelum Meminjam Uang di Bank

Terkadang meskipun sebuah keluarga memiliki pemasukan yang terbilang besar, namun karena management keuangan yang tak teratur atau karena ada kebutuhan tambahan, membuat nilainya tak begitu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika sudah seperti ini mencari pinjaman adalah hal yang terbaik untuk dilakukan. Ada cukup banyak lembaga yang menawarkan produk pinjaman kepada masyarakat, baik itu yang berbunga atau juga tidak, namun di era yang semuanya serba membutuhkan uang seperti ini sudah sangat jarang menemukan ada yang mau meminjami uang namun tanpa bunga, mengingat tingkat kebutuhan pribadi selalu bertambah.

Jika bukan teman atau orang tua pasti tak akan ada yang mau memberikan pinjaman tersebut, namun Anda juga tak perlu khawatir karena masih ada satu lembaga yang tepat untuk dijadikan sebagai pilihan yaitu bank, tinggal pilih saja antara bank konvensional dan juga bank syariah. Bank syariah memang lebih menguntungkan karena tak mementingkan riba, namun dalam prakteknya tetap ada saja nilai suku bunga yang wajib untuk dibayarkan, apalagi denda pengembalian keterlambatan jauh lebih besar dibandingkan dengan bank konvensional. Untuk lebih tepatnya berikut ini ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebelum meminjam uang:

Meminjam Uang di Bank

1. Apa tujuan Anda, pertama adalah dengan mengetahui tujuan meminjam, setiap orang tau bahwa kebutuhan finansial memang menjadi hal yang paling pokok, namun ada banyak sekali tujuan mereka, ada yang digunakan sebagai modal usaha, hanya untuk menunjang kehidupan, untuk pembiayaan atau juga untuk membeli sebuah rumah. Dengan mengenali tujuan Anda juga bisa menentukan nilai yang tepat.

2. Jangan serakah, maksudnya pihak bank tentunya juga akan selektif dalam memberikan pinjaman kepada seseorang, ada yang memang jika dilihat dari latar belakang sebenarnya berhak mendapatkan total pinjaman maksimal yang cukup besar namun juga ada yang terlampau kecil nilainya, namun Anda juga tak boleh serakah, mentang-mentang bisa mendapatkan yang optimal lalu mengambil semuanya, sesuaikan saja dengan kebutuhan agar nanti tak bingung dalam mengembalikan.

Baca juga: Cara Cerdas Memilih KTA dan Kredit Bunga Rendah


3. Selalu melihat suku bunga yang ditawarkan. Bagian kedua yang paling penting adalah selalu menghitung, hitung-hitung dan hitung. Lihat berapa sebenarnya suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga tersebut, apakah sudah termasuk suku bunga tetap atau bertingkat, kenali juga bagaimana cara perhitungannya. Paling tidak carilah lebih dari satu bank dan bandingkan mana kiranya yang jauh lebih hemat.

4. Buat rencana pembayaran, setiap orang memiliki tingkat pemasukan yang berbeda, mungkin Anda yang tergolong sebagai pegawai tingkat pendapatannya akan terus sama tiap bulannya, namun bagaimana dengan seorang wirausaha yang tak menentu. Jadi sangat penting membuat rencana membayar bahkan sebelum meminjam. Hal ini efektif untuk menghindari hal-hal semacam denda karena keterlambatan.

5. Selalu ada jaminan, selama ini secara sadar maupun tidak bank sendiri merupakan lembaga yang orientasinya adalah profit, tentunya tak semua bisa melakukan pinjaman tanpa ada barang yang bisa dijadikan sebagai jaminan bukan. Meskipun ada jenis pinjaman bernama KTA atau kredit tanpa agunan, namun tak banyak jumlahnya, belum lagi ada cukup banyak persyaratan yang diberikan. Jauh lebih mudah jika Anda memiliki barang yang dijadikan sebagai jaminan.

Ternyata meskipun terbilang sebagai solusi paling mudah untuk mendapatkan pinjaman, namun cukup banyak pertimbangan sebelum menjalaninya. Jadi bagaimana? Apakah Anda tetap memutuskan untuk meminjam uang pada lembaga tersebut atau lebih memilih pada orang lain.

Komentar