Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Kamis, 19 November 2015

Ini Dia Cara Cepat Mengeluarkan Kembang Jarong Black Opal

Batu akik merupakan salah satu batu mulia yang saat ini kembali terkenal. Banyak jenis dan motif yang dapat dipilih karena masing-masing memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Salah satu jenisnya adalah batu akik kalimaya black opal. Batu akik jenis ini ditemukan di Lebak Baten, Jawa Barat dan mengandung silika serta kuarsa. Batu black opal termasuk ke dalam kategori batu lunak karena hanya mempunyai tingkat kekerasan sekitar 5.5-6.5 mohs dengan 6-10% adalah air.

Salah satu keunikan dari batu akik kalimaya black opal adalah terdapat jarong atau kembang yang merupakan pendar cahaya yang warna-warni jika terkena paparan sinar. Warna dari kembang jarong tergantung pada daerah atau lingkungan yang membentuk batu tersebut. Warna yang paling umum adalah putih, jingga, abu-abu, kuning, merah, orange, coklat, biru, ungu, merah rose, magenta, hitam dan hijau.

Untuk memunculkan kembang jarong dengan lebih cepat terdapat beberapa cara karena jika menunggu untuk muncul secara sendirinya, Anda akan menunggu dalam waktu yang tidak dapat ditentukan misalnya hingga bertahun-tahun. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik black opal heat treatment atau pemanasan cair yang banyak dipakai oleh para pecinta kalimaya black opal.

Baca juga:Variasi Bentuk dan Motif Batu Akik di Indonesia

Kembang Jarong Black Opal

Cara untuk melakukan pemanas cair yaitu:

- Siapkan bahan yang diperlukan yaitu botol kaca bening yang dapat memuat batu black opal Anda.

- Campurkan dengan menggunakan air hujan hingga terendam dan tutup rapat-rapat. Jika tidak terdapat air hujan, Anda dapat menggunakan air kelapa atau air yang mengandung isotonik.

- Jemur sekitar 2-3 jam dan waktu ideal adalah saat pukul 12.00-14.00

- Letakkan botol berisi batu tersebut ke tempat yang sejuk dan lebih gelap setelah dijemur misalnya di kolong tempat tidur.

- Angkat batu dan bersihkan dengan menggosok setiap seminggu sekali untuk melihat tanda kemunculan kembang jarong.

- Gunakan amplas super halus atau serbuk intan untuk mengkilapkan batu black opal. Sebaiknya hati-hari karena batu jenis ini cukup rentan untuk retak dan hancur.

- Jika belum keluar, dapat mengulangi cara dari penjemuran sampai penggosokan hingga bibit warna pada batu black opal muncul.

Hal yang perlu diperhatikan adalah cara tersebut dapat membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan dan tergantung dari kualitas dan juga kondisi dari batu black opal tersebut. Proses paling cepat yaitu dalam waktu 1-3 bulan. Kuncinya adalah kesabaran yang ekstra. Selain itu, karena batu ini termasuk ke dalam jenis batu yang lunak, maka dalam penjemuran perlu diberi air dan saat menggosok, jangan menggosok dengan keras.

Cara kedua untuk perawatan black opal agar kembang jarong cepat muncul yaitu:

- Siapkan kotak berukuran 30x20x10 cm (panjang x lebar x tinggi) yang diberi alas alumunium foil.

- Siapkan pula lampu dengan daya 5-10 watt dan tempelkan di bagian penutup kota untuk pengganti sinar matahari.

- Setelah siap, masukkan black opal yang telah dilumuri dengan minyak kelapa atau minyak zaitun atau minyak yang dapat digunakan untuk perawatan black opal dengan 1/3 bagian dari batu terendam untuk membantu mengeluarkan air dalam batu tanpa membuatnya retak.

- Balikkan batu tersebut setiap hari agar hangat yang diterima merata.

- Pengecekan juga harus dilakukan secara rutin untuk melihat perkembangan apakah kembang jarong sudah muncul atau terdapat retakan. Jika retak, sebaiknya hentikan dan gunakan cara yang lainnya karena keretakan tergantung dari kandungan dari batu black opal yang berbeda-beda.


www.sebats.com