Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Senin, 09 November 2015

Cara Mengaktifkan Kartu dari Semua Provider!

Sebelum memutuskan untuk membeli gadget, ada baiknya Anda memutuskan terlebih dahulu apa kartu yang akan digunakan. Bagaimanapun kartu merupakan komponen utama bagi gadget. Sebagus apapun gadgetnya, jika ternyata tak ada layanan selullar dari kartu yang Anda pilih, tentu akan menjadi sia-sia bukan. Tidak bisa digunakan untuk menelepon, berkirim pesan, dan tentunya untuk koneksi internet. Mengingat saat ini internet adalah kebutuhan utama bagi para pemilik gadget. Penelitian mencatat jika pada saat moment hari raya tahun 2015 ini, penggunaan layanan sms kalah dengan penggunaan layanan data.

Hal ini menunjukkan jika masyarakat sudah mulai mengalihkan kebiasaan. Dari yang sebelumnya layanan yang paling dicari dari sebuah kartu perdana atau dikenal dengan SIM Card adalah telpon dan sms. Tapi sekarang beralih bagaimana layanan yang diberikan dalam hal penggunaan data. Bagaimanapun layanan data ini diperlukan oleh konsumen untuk:

- Mengoperasikan instan messaging seperti BBM, Line, WhatsApp, dan lainnya.
- Mengoperasikan layanan push email.
- Aktif di media sosial seperti Facebook, Path, Instagram, Twitter, dan lainnya.
- Melakukan game online.
- Mengakses berita-berita terbaru.
- Melakukan transaksi jual beli online.
- Browsing atau berselancar di internet untuk mencari informasi-informasi penting yang dibutuhkan.

Cara Mengaktifkan Kartu dari Semua Provider!

Baca juga: Ingin Membeli Blackberry? Ini Daftar Harga Blackberry yang Baru atau Bekas !


Melihat begitu banyaknya fungsi layanan data bagi para pengguna seluler, tentu menjadi peluang bagi operator. Mereka berlomba-lomba untuk memberikan layanan dan tarif terbaiknya. Di satu sisi hal ini memiliki dampak yang sangat bagus bagi konsumen, karena mereka memiliki banyak pilihan. Tetapi terkadang bisa membuat mereka bingung. Bagaimana tidak? Ada banyak sekali operator seluler yang ada di Indonesia dengan jangkauan yang berbeda-beda.

Salah satu hal yang membuat para konsumen ini bingung adalah ketika mengaktifkan kartu pertama kali. Karena menurut pelanggan dengan begitu banyak operator, mereka akan memberlakukan cara berbeda-beda untuk mengaktifkannya. Padahal sebenarnya tidak sama sekali, karena inti dari aktivasi kartu ini adalah untuk menunjukkan pemilik nomor sesuai dengan identitas yang dimiliki. Dimana hal ini dilakukan untuk memenuhi peraturan Kominfo tahun 2005. Agar kartu tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang berlawanan dengan hukum.

Maka untuk aktivasi, semua provider ini akan menginduk pada satu server data yang sama. Sehingga data akan dikirim pada satu nomor yang sama, yaitu 4444 apapun jenis providernya. Adapun langkah lengkap untuk aktivasi ini adalah sebagai berikut:

- Masukkan kartu perdana ke slot gadget yang tersedia,
- Setelah kartu ini masuk, biasanya akan ada sms pemberitahuan bahwa Anda diminta untuk melakukan registrasi dari nomor 4444,
- Balaslah sms ini dengan memasukkan data yang diminta sesuai dengan kartu identitas Anda. Dimana kartu identitas ini bisa berupa KTP, SIM (apapun jenisnya, A, B1, C), paspor dan kartu pelajar,
- Adapun data yang diminta biasanya berupa: Nama lengkap, jenis kelamin, Jenis Identitas yang Anda masukkan, Tempat tanggal lahir, Alamat, dan pekerjaan,
- Cara memasukkan data ini biasanya seperti cara membuat email di komputer, yaitu ada pilihan lanjut atau next untuk masing-masing data yang diminta.

Data terakhir dimasukkan setelah tak ada lagi perintah untuk mengisi informasi yang lain lagi. Setelah Anda selesai memasukkan semua informasi ini maka provider akan membalas dengan kalimat “registrasi Anda telah selesai, terima kasih”. Dengan demikian berarti Anda sudah berhak mendapatkan semua layanan dari provider, telpon, sms bahkan layanan data. Mengingat begitu pentingnya aktivasi ini, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk mengisikan data dengan sebenar-benarnya.


www.sebats.com