Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Rabu, 11 November 2015

7 Tips Mudah Langsung Kerja untuk Fresh Graduate

Mendapatkan gelar setelah kuliah tak menjadi jaminan bagi setiap orang untuk mendapatkan pekerjaan idaman mereka. Apalagi melihat pada kenyataan bahwa banyak diantara lulusan perguruan tinggi yang hingga saat ini masih saja menganggur, alasannya karena selain standard yang tinggi keberadaan lapangan pekerjaan yang minim juga menjadi salah satu penyebabnya. Bagi negara berkembang seperti Indonesia, mayoritas penduduknya memang hanya bekerja sebagai pegawai pabrikan biasa, mengisi posisi paling bawang di antara perusahaan-perusahaan luar yang berdiri di dalam negeri. Padahal jika melihat pada skill banyak lulusan terbaik dari perguruan tinggi yang masih saja menganggur.

Tentunya Anda tak menginginkan hal serupa bukan, untuk itu persiapkan diri sedini mungkin agar kelak setelah lulus kuliah mendapatkan pekerjaan yang selama ini diinginkan. Fresh graduate memang terkadang dianggap remeh, mengingat usia yang terbilang masih muda dan belum begitu banyak memiliki pengalaman di dunia kerja, padahal untuk perusahaan-perusahaan maju diperlukan mereka yang kompeten dan benar-benar ahli, bukan sekedar amatiran, itulah juga mengapa diantara salah satu persyaratan yang diberikan selalu ada yang menyebutkan untuk memiliki pengalaman.

Untuk mengatasi hal tersebut maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan langsung setelah lulus dari bangku kuliah, yaitu:

Tips Mudah Langsung Kerja

1. Mengenal diri. Mengenal diri sangatlah penting untuk mengetahui passion apa yang dimiliki, salah satu penyebab banyaknya pelamar yang ditolak di sebuah instansi adalah terlalu mengandalkan ambisi tanpa tau passion apa yang dimilikinya. Padahal mengenali passion sangatlah bermanfaat untuk mengetahui posisi apa yang kiranya tetap untuk diri sendiri.

Baca juga: Kiat-kiat Pembuatan Surat Lamaran Kerja dan Contohnya


2. Jangan tunggu nanti, mulailah dari sekarang, yaitu mencoba untuk mengasah keterampilan yang dimiliki dengan mencari beberapa pekerjaan freelance, cukup banyak orang yang membutuhkan tenaga part time tersebut, Anda bisa menyesuaikan dengan passion yang dimiliki.

3. Coba untuk memperbanyak informasi mengenai lowongan pekerjaan, jangan hanya mengandalkan lowongan yang ada di koran atau majalah saja, coba untuk berselancar di internet disana ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan info lowongan kerja sesuai dengan kebutuhan. Selain dengan melihat Anda juga bisa mencoba mendaftarkan diri, biasanya secara langsung pihaknya akan mengirimkan email jika memang ada pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

4. Mencoba untuk menulis lamaran atau resume, tulislah resume sebanyak-banyaknya dan kemudian daftarkan, ingat bahwa mencari pekerjaan itu sangat sulit, sekali lamar belum tentu Anda akan langsung diterima, jadi jangan satu buatlah sebanyak-banyaknya dan sebarkan pada beberapa perusahaan yang diinginkan, siapa tau salah satunya akan diterima.

5. Perbanyak link saat masih kuliah, jangan karena Anda jurusan Management maka hanya berhubungan dengan orang-orang management saja, cobalah menjalin komunikasi dengan yang lainnya, belum tentu karena kuliah di jurusan tersebut akan mendapatkan kerja sebagai seorang manager, bisa jadi yang lainnya bukan.

6. Persiapkan diri untuk menghadapi wawancara, salah satu bagian tersulit dalam melamar kerja adalah menghadapi wawancara, karena akan banyak pertanyaan menjebak yang kadang kalanya bahkan tak bisa dijawab, namun jangan takut karena dengan persiapan yang tepat maka hasil yang akan diraih juga optimal.

7. Berdoa, bagian paling akhir adalah dengan berdoa, bagaimanapun usaha manusia memiliki batasan, jika yang diatas yang meridhoi maka tak akan bisa tercapai.

Meskipun lulus dengan nilai tertinggi dan memiliki banyak prestasi belum tentu Anda akan mendapatkan tanggapan yang baik di dunia kerja.


www.sebats.com