Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Senin, 16 November 2015

6 Tahap Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Sangat mudah untuk memulai usaha di era teknologi seperti sekarang ini, pekerjaan tak ha ya bisa dilakukan secara langsung melainkan juga bisa secara online. Salah satu yang cukup diminati oleh para pelaku usaha adalah menjalankan bisnis secara online. Sejalan dengan perkembangan teknologi segala sesuatunya bisa dengan mudah diakses menggunakan internet, sekedar mencari informasi, hiburan atau juga menjalin pertemanan. Banyak juga peluang yang kemudian muncul dari media tersebut, salah satunya adalah peluang untuk berbisnis online. Bisnis yang mengandalkan dunia maya sebagai perantara bertemunya antara penjual dengan pembeli. Bentuk komunikasinya memang tak langsung, namun transaksi tetap dilakukan secara nyata.

Berbisnis secara online bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari remaja, ibu rumah tangga bahkan yang sudah memiliki pekerjaan sekalipun. Lumayan bukan mengisi waktu luang untuk mencari tambahan uang saku atau juga pemasukan. Meskipun terlihat sangat menguntungkan dengan penghasilan yang cukup banyak, namun ternyata memulai bisnis online tak semudah yang dipikirkan, ada modal baik yang berupa skill maupun uang yang harus di keluarkan. Bohong jika bisnis online tak membutuhkan modal apapun, karena Anda tetap membutuhkan perangkat seperti komputer dan biaya akses internet sebagai penunjangnya, bukankah itu juga uang.

Bisnis Online

Lalu untuk masalah skill sendiri tentunya juga ada, antara skill dalam hal teknologi dan juga marketing, ingat bahwa disini segala bentuk promosi tak dilakukan secara langsung sehingga akan jauh lebih sulit dalam meyakinkan konsumen. Nah berikut ini beberapa tahap yang harus dilalui bagi yang tertarik untuk melakukan bisnis secara online:

Baca juga: Dongkrak Penjualan Secara Online Dengan 4 Cara Ini


1. Apa yang harus dijual, menjadi seorang netpreneur maka harus menentukan jenis barang seperti apa yang akan dijual, begitu juga dengan jenis netpreneurnya, apakah Anda seorang reseller, dropshipper, on market atau seorang offline juga. Tentunya tak sekedar tiru-tiru dari kesuksesan orang lain melainkan memulai dengan riset, lakukan segmentasi pasar apa yang paling dibutuhkan dan lihat juga berapa kompetitor untuk bisnis serupa.

2. Pertimbangan modal, setelah memutuskan barang apa yang akan dijual maka selanjutnya adalah melihat berapa modal yang dimiliki, sesuaikan budget tersebut dengan barang yang akan dijual, modal juga diperhitungkan untuk melakukan strategi marketing.

3. Dimana Anda akan menjualnya, proses penjualan memang akan dilakukan secara online, namun media seperti apa yang akan digunakan, ada cukup banyak media pada internet yang bisa dijadikan sebagai sarana transaksi mulai dari yang paling gratis yaitu media sosial, blog, kemudian yang berbayar yaitu website, marketplace dan yang lainnya.

4. Cari supplier terpercaya, bagi yang akan menjalankan bisnis reseller dan juga dropshipper supplier menjadi salah satu bagian eksternal yang turut mempengaruhi kesuksesan, mulailah dengan mencari beberapa, kemudian bandingkan antara harga dengan kualitas, pilihlah yang paling menguntungkan.

5. Strategi apa yang akan digunakan untuk menarik perhatian konsumen, apakah sebagai pemula akan menerapkan diskon, buy one get one atau mungkin masih ada cara yang lainnya. ingat bahwa kesuksesan dalam bisnis penjualan terletak pada marketingnya.

6. Berikan kepercayaan pada konsumen, misalkan saja dengan memberikan barang dengan kualitas yang sebanding, tak membuat mereka menunggu terlalu lama dan selalu merespon tiap komentar yang ada, dengan begitu selain rasa percaya juga akan ada kedekatan antara penjual dan pembeli, mereka juga menjadi enggan untuk berpaling.

Dalam prakteknya memang tak semudah yang dibayangkan, usahakan untuk memiliki sifat sabar dan ulet untuk menjalankan bisnis ini.


www.sebats.com