Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Minggu, 13 September 2015

Pilihan Wisata Kuliner di Bali yang Halal

Di Indonesia, sebagian besar masyarakatnya adalah muslim akan tetapi di Bali, agama mayoritas adalah Hindu. Karena sebagian masyarakat beragama Hindu, tidak jarang orang yang berlibur di Bali sulit untuk menemukan makanan yang halal walaupun telah berkeliling untuk melakukan wisata kuliner di Bali. Akan tetapi, terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan yang halal bagi para pembeli terutama pembeli yang beragama Islam. Untuk lokasi tempat wisata di Bali bisa kamu lihat di artikel sebelumnya.

Nasi Ayam Kadewatan Bu Mangku

Salah satu tempat makan terkenal yang ada di Bali dan Halal adalah warung makan yang bernama Nasi Ayam Kadewatan Ibu Mangku. Tempat makan ini berada di Jl. Raya Kadewatan No. 18, Ubud dan buka setiap hari mulai pukul 07.30-18.00. Di tempat ini, Anda dapat menikmati nasi kadawetan yang dilengkapi dengan telur, sate lilit, lawar dan sambal mentah. Harga per porsinya dapat dikatakan murah mengingat tempat makan ini berada di Ubud, Bali dan kondisi ekonomi yang sedang tinggi.

Sup Ikan Mak Beng

Jika Anda menyukai menu sup, Sub Ikan Mak Beng dapat menjadi pilihan bagi Anda. Warung makan yang telah berdiri sejak tahun 1941 berada di Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar dan tetap menjadi salah satu tempat makan favorit yang tidak pernah sepi dari pembeli dengan menu utama adalah sup ikan. Jika ingin datang ke tempat ini, Anda dapat datang langsung ke Pantai Sanur atau berkendara dengan jarak waktu sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Warung Sate Lilit Mertasari

Salah satu makanan khas yang banyak ditemukan di Bali adalah sate lilit. Warung makan yang halal yang menjual sate lilit salah satunya adalah Warung Sate Lilit Mertasari. Sajian ini merupakan sajian dari iklan laut yang diolah dengan bumbu pilihan dan dibentuk menjadi sate lilit. Warung makan ini terletak di dekat objek wisata Goa Lawah yang berada di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung. Disajikan dengan kacang dan sambal matah yang khas Bali, membuat menu ini memiliki banyak peminat. Jika Anda ingin ke tempat ini, Anda dapat menelusuri jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ujung dan kemudian Anda dapat melihat papan petunjuk ke Warung Sate Lilit Mertasari yang ada di sebelah kiri.

Wisata Kuliner di Bali

Ayam Betutu Men Tempeh

Bali dan ayam betutu tidak dapat dipisahkan. Jika Anda merupakan penggemar makanan pedas dan mencari makanan yang halal, Anda dapat datang ke Warung Makan Ayam Betutu Men Tempeh yang berada di dalam terminal lama di seberang dari Pasar Gilimanuk, Kab. Jembrana. Untuk mencapai warung makan ini, Anda harus menempuh waktu sekitar 3 jam jika Anda dari Denpasar. Selain dapat menikmati ayam betutu yang pedasnya dapat menggugah selera, Anda dapat pergi ke Pemuteran dan Taman Nasional Bali Barat yang letaknya tidak jauh dari warung makan tersebut.

Warung Pak Bagong

Warung makan Pak Bagong merupakan tempat yang tepat untuk menikmati makanan dengan bumbu khas bali dengan bahan utama adalah ikan nila yang diambil dari hasil budidaya yang dilakukan di Danau Batur. Tempat makan ini dapat ditempuh sekitar 1,5 jam jika Anda berangkat dari Denpasar. Tempat ini terletak di Desa Penglipuran, Bangli, Kintamani tepatnya sebelum kantor Bupati Bangli. Anda dapat menikmati menu favorit yaitu ikan nila bumbu Bali.

Ayam Betutu Lina dan Ayam Betutu Liku

Jika Anda berada di sekitar Jl. Plawa, Anda dapat mencoba ayam betutu yang menggunakan bumbu khas dari Bali tepatnya yaitu di Ayam Betutu Lina. Tidak jauh dari Ayam Betutu Lina, terdapat pula Ayam Betutu Liku yang berada di Jl. Gatot Subroto yang dapat Anda jadikan pilihan atau alternatif jika Anda ingin memakan makanan yang halal.

Rumput Laut Serangan

Ingin mencoba makanan yang beda dari yang lain namun tetap halal, Anda dapat datang di sekitar Pantai Serangan yang berada di Denpasar. Di pantai ini, Anda dapat menemukan warung makan yang menjual makanan dengan rumput laut sebagai bahan utama. Rumput laut ini diolah dengan bumbu tertentu sehingga dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi. Rasa rempah-rempah dan khas, menjadi daya tarik dari makanan ini.

Warung Wardani

Berada di Jl. Yudistira, Warung Wardani menjadi salah satu tempat makan yang halal dan favorit yang ada di Bali. Dengan mengandalkan Nasi Campur Bali yang diolah menggunakan bumbu khas Bali sebagai menu andalan, membuat para pelancong terutama pelancong muslim untuk mencicipi rasa yang khas Bali. Nasi campur terdiri dari nasi putih, ayam yang disuwir, sate lilit ayam, telur rebus dengan bumbu bali, udang goreng tepung, sayur kacang panjang dan juga sambal.

Bagi yang menyukai sambal, terdapat beberapa macam sambal yang dapat dipilih misalnya sambal dari cabai, tomat, garam, terasi dan juga sambal matah atau sambal mentah yang terbuat dari irisan dari bawang merah, garam, cabai dan minyak kelapa murni. Sambal tersebut dapat ditaruh terpisah jika Anda tidak terlalu menyukai rasa pedas. Sayur kacang panjang yang disajikan dimasak dengan bumbu lengkap bersantan. Sedangkan telur rebus menggunakan bumbu bali yang sebelumnya telah direbus selama 2 jam agar bumbu meresap.

Nasi Jinggo

Murah, halal dan enak menjadi daya tarik dari Nasi Jinggo. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Nasi Jinggo Nyoman Ardana yang biasa buka saat sore hari. Terletak di Jl. Gajah Mada, tempat ini hampir tidak pernah sepi dari pembeli. Nasi ini hampir sama dengan nasi kucing yang ada di Jawa Tengah namun memiliki porsi yang lebih banyak. Menggunakan sambal yang gurih dengan suwiran dari daging ayam yang telah dimasak, membuat jenis makanan ini banyak diburu oleh para pecinta kuliner.

Bakmi Jowo Candra

Jika Anda berasal dari Jawa dan kangen untuk menikmati makanan yang khas dari Jawa seperti bakmi, Anda dapat datang ke Jl. Diponegoro tepatnya di pertokoan Genteng Biru, depan Apotik untuk merasakan bakmi Jawa Candra. Di warung kaki lima ini, berbagai menu dapat Anda coba dan menu utama adalah bakmi Jowo yang masih dimasak dengan menggunakan arang. Makanan lain yang ada di tempat ini yaitu Bakmi goreng, sego ruwet dan nasi goreng.

Warung Tule Special Fresh Grill Seafood

Jika Anda merupakan penikmat dan penggemar seafood dan ingin makanan yang halal, Anda dapat datang ke Jl. Abimanyu No. 17, Denpasar, Bali. Di tempat ini Anda akan menemukan sebuah warung makan bernama Warung Tulen Special Fresh Grill Seafood yang menyediakan berbagai macam makanan laut segar dengan menggunakan bumbu yang mantap. Berlokasi di Denpasar, membuat warung ini dapat ditemukan dan menjadi pilihan Anda ketika lelah setelah berkeliling kota Denpasar dan melakukan wisata kuliner di Bali untuk mencari makanan yang halal.


www.sebats.com