Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Selasa, 15 September 2015

Tips Memilihkan Mainan untuk Anak Sesuai Umur Mereka

Seorang bayi atau bisa disebut dengan balita, mereka mempunyai masa-masa pertumbuhan yang penting. Bahkan pada waktu tertentu, mereka bisa bertumbuh lebih cepat nan menggemaskan. Dalam proses tumbuh dan berkembangnya sang balita tercinta, sebagai orangtua Anda bisa membantunya. Dimana membantu sang buah hati untuk tumbuh dengan sendirinya tanpa ada paksaan. Seperti halnya dengan memberikan mainan untuknya, entah itu pada mainan kecil ataupun besar.

Bahwasannya, mainan ialah salah satu benda sekaligus teman yang disukai oleh anak-anak. Sekalipun mereka masih sangat kecil dan tak tahu menahu apa mainan itu, mereka tetap merasa senang dengan ragam mainan yang dilihatnya. Karena baginya, mainan ini sesuatu yang indah dan menarik hati, entah itu pada mainan tanpa suara hingga mainan yang memiliki efek suara, cahaya ataupun hal-hal yang lain. Semua bisa dipilih dan disesuaikan terlebih dahulu, sebelum diberikan kepadanya.

Tips Memilihkan Mainan untuk Anak

Melakukan pemilihan sebelum memberikan buah hati sebuah mainan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu mainan yang tepat untuknya. Bukan hanya sekedar membeli benda-benda yang menarik perhatian saja. Memilihkan mainan yang tepat dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangannya dengan mudah. Sehingga, benda-benda tersebut juga ikut mendukung dalam proses tumbuh dan berkembangnya. Pada proses ini haruslah pada suatu mainan yang tepat nan cocok untuknya. Pemilihan ini bisa dimulai dari beberapa tips berikut ini:

Usia 0 sampai 6 bulan

Pada usia balita yang masih sangat awal ini, memang mereka belum bisa bagaimana dalam bermain. Namun, Anda bisa memberikan suatu benda yang empuk dan bisa tersentuh olehnya tanpa melukainya. Mainan ini biasanya dipegang dan seringkali dimakan hanya sekedar untuk bermain saja. Mainan ini termasuk salah satu benda yang dapat membantu sang buah hati agar dapat memegang sesuatu, bahkan saat sang balita telah bisa memainkannya untuk diletakkan ke mulutnya, mereka bisa belajar untuk menguatkan gigi. Tentu pilih benda yang paling empuk dan pada biasanya berukuran kecil sehingga mudah dibawa oleh bayi tersebut.

Usia 6 bulan sampai 12 tahun

Pada masa pertumbuhan yang bertambah, tentu saja mainan bagi sang balita tak cukup hanya itu-itu saja. Karena, saat usia bertambah tersebut akan ada proses pertumbuhan yang terus berkembang. Dengan memberikannya mainan ini, dapat membantu proses tersebut. Saat usia ini, balita bisa diberikan mainan seperti boneka kecil, sesuatu yang berbunyi, bola-bola kecil dan suatu mainan yang bisa dipegangnya serta digerakkan olehnya.

Usia 1 tahun hingga 2 tahun

Saat usia terus bertambah, tentu sang buah hati akan terus aktif dan bisa melakukan gerak yang lebih dari sebelumnya. Bahkan pada usia ini pun mereka sudah berlatih untuk mengungkapkan suatu kata-kata. Untuk mainan yang ingin berikan kepadanya ialah mainan yang aman, tetap menghindarkan sesuatu yang berlebihan. Bisa dengan mainan robot, boneka, dll.

Usia 3 sampai 4 tahun

Usia yang terus bertumbuh ini, sang anak pun akan terus aktif. Sehingga mainan yang sebelumnya pun bisa jadi sudah tak disukainya lagi. Saat usia ini, mereka sudah ingin mencorat-coret kertas, memasang puzzle, bermain bola, dan yang lain. Dalam artian usia yang sudah semakin aktif ini, Anda bisa memberikan mainan edukasi, yakni dengan mewarnai suatu benda, mencorat-coret serta menyusun sesuatu. Saat usianya terus bertambah ini, Anda bisa menemaninya dalam bermain, serta mengawasi agar terus menemani dan membimbingnya.


www.sebats.com