Langsung ke konten utama

Tidak Perlu Ragu untuk Mengawali Bisnis dengan Modal Kecil

Salah satu sifat dasar manusia yang sering menghalanginya untuk senantiasa maju adalah takut dan bingung untuk memulai sesuatu. Sama ketika anda ingin memulai sebuah usaha, baik itu bersifat usaha utama ataupun bisnis sampingan sebagai penambah keuangan, tentu pada awalnya anda juga akan bingung dan ragu untuk memilih jenis bisnis apa yang akan anda jalankan. Apabila anda masih ragu-ragu, mengawali sebuah bisnis dengan modal kecil mungkin bisa sedikit memudahkan jalan anda selanjutnya. Asalkan memang ada niat dan keseriusan, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan.

Pada dasarnya, modal dalam sebuah usaha memang penting, tapi ternyata modal bukan menjadi faktor utama dalam sebuah perkembangan bisnis. Bisa kita lihat bagaimana perusahaan atau pabrik yang memiliki omzet milyaran ternyata juga bisa gagal dalam menjalankan usahanya. Ini membuktikan bahwa butuh sekedar modal untuk menjalankan usaha, tapi juga faktor lainnya antara lain:

- Cara pandang dan pola pikir yang jauh ke depan, dengan ini anda tentu bisa memprediksi bagaimana peluang usaha anda selanjutnya sehingga mampu mengantisipasi berbagai hambatan yang mungkin bisa menghalangi,

- Keahlian dan juga pengetahuan, tanpa faktor ini pasti anda akan kesulitan untuk menjual produk milik anda. Namun pada awalnya, tentu anda juga harus belajar bagaimana untuk bisa menjual produk dengan baik,

- Pantang menyerah dan kerja keras, tanpa faktor ini tentu akan mudah gagal tanpa mau mencoba lagi. Padahal dengan dalam sebuah usaha, pasti selalu ada kegagalan.

Dengan memahami dan kemudian menjalankan faktor-faktor tersebut dalam setiap usaha yang kita jalankan, pasti anda akan mampu meraih keberhasilan sehingga usaha anda bisa berkembang dengan lebih baik. Sebagai langkah awal, segera tentu usaha apa yang ingin anda lakukan. Saat ini sudah banyak ide yang bisa kita dapatkan baik itu lewat internet maupun media lain. Hal yang paling penting adalah anda jangan pernah meremehkan jenis usaha apapun, meskipun itu dalam bentuk kecil. Ini dikarenakan meskipun bila sebuah produk usaha berbentuk kecil, jika di maintenance dengan tepat maka akhirnya juga bisa tumbuh besar.

Langkah selanjutnya bila anda sudah mendapatkan ide tentang sebuah usaha, maka segeralah beraksi untuk membuat produknya. Ketahui cara-cara pembuatannya dengan baik sehingga anda bisa memperoleh hasil atau produk yang benar-benar berkualitas. Setelah itu anda kemudian harus bisa menghitung dengan cermat jumlah modal yang diperlukan dalam pembuatannya, untuk menentukan harga jual. Ingat, agar harga produk anda tidak terlalu tinggi, ada baiknya bila dalam menggunakan modal atau sumber daya lainnya secara efektif dan efisien.

Langkah yang terakhir adalah pemasaran produk, dimana saat ini anda sudah tidak perlu lagi bingung karenanya. Kecanggihan teknologi saat ini bisa anda manfaatkan untuk memperkenalkan produk anda sehingga bisa mengurangi biaya pemasaran. Adapun beberapa contoh pemasaran yang sederhana seperti:

1. Untuk bisnis makanan atau kuliner, anda bisa memasarkannya dengan menitipkan produk pada tempat usaha yang sudah memiliki nama,

2. Untuk jenis usaha lainnya seperti busana, aksesoris ataupun lainnya, perangkat sosial media saat ini bisa sangat membantu sekali, bahkan dengan biaya yang sangat minim.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengawali sebuah bisnis dengan modal kecil sekalipun. Pengaruh yang paling penting dalam sebuah dunia usaha adalah kemauan anda yang keras serta berbekal pengetahuan tentang produk yang akan anda buat. Dari situ anda sangat mungkin untuk bisa meretas jalan menuju sukses.

bisnis modal kecil untung besar

Bisnis Kecil-kecilan Ini Ternyata Mampu Menghasilkan Omzet Jutaan

Tahukah Anda bahwa tidak semua bisnis kecil-kecilan yang ada saat ini kurang begitu menjanjikan sebuah pendapatan? Banyak orang yang beranggapan bahwa sebuah usaha kecil tentu tidak akan mampu memberikan hasil atau pendapatan yang maksimal kepada kita. Padahal sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebuah usaha dalam skala kecil memang akan kurang memberikan banyak penghasilan seperti yang mungkin anda bayangkan, bila anda tidak mau berusaha untuk mengembangkannya. Bila anda tahu dan mampu untuk mengembangkannya, tentu anda akan bisa meraup banyak keuntungan dari sana.

Pada dasarnya setiap usaha yang sudah besar selalu berawal dari sebuah usaha kecil yang mungkin tidak dianggap oleh banyak orang. Mungkin kita bisa berkaca pada produk-produk yang telah besar dan sukses seperti: McDonalds, Google, atau mungkin Microsoft yang pada awalnya selalu bermula dari sebuah usaha kecil yang kemudian mampu dikelola dengan baik hingga jadi besar. Ada beberapa strategi cerdas yang bisa diterapkan dalam sebuah usaha kecil agar bisa sukses seperti:

- Promosi dan pemasaran yang efektif, tentu saja ini bisa membuat sebuah opini dalam masyarakat terhadap produk yang kita miliki,

- Keunikan, setiap orang pasti dilahirkan dengan ciri-ciri khusus tersendiri yang bisa membedakannya dengan yang lain. Itulah yang perlu anda cari pada produk Anda sehingga orang lain bisa membedakannya dengan produk milik orang lain,

- Tidak cepat menyerah, apapun usaha anda, jika anda mau berusaha keras dan tidak mudah menyerah, pasti akan sukses di kemudian hari.

Banyak sekali bidang usaha yang bisa anda coba dalam menjalankan usaha yang tidak besar ini. Misalnya saja dari usaha kuliner, dimana harus anda ingat bahwa setiap orang pasti akan membutuhkan makanan. Dari prinsip tersebut, maka bisa kita simpulkan bahwa apapun jenis kuliner yang kita buat, bila bisa kita maksimalkan kualitasnya tentu akan membawa pada kesuksesan. Banyak brand-brand lokal yang saat ini telah memiliki franchise dengan omzet jutaan rupiah, padahal pada awalnya mereka mengawalinya dengan berjualan di pinggir jalan atau mungkin di emperan toko. Namun karena mereka bisa menjaga kualitas, perkembangan usaha akhirnya mereka dapatkan.

Selain kuliner, anda juga bisa mencoba usaha di bidang fashion. Beberapa produk fashion seperti baju, tas ataupun aksesoris lain ternyata juga selalu diawali dari sebuah usaha yang sederhana. Asalkan anda memiliki selera yang bagus dalam berbusana sehingga bisa menciptakan ide-ide kreatif yang bisa diaplikasikan pada setiap orang, pastinya produk anda akan banyak diminati oleh konsumen.

Tidak hanya dua jenis usaha tersebut diatas, sebenarnya masih banyak lagi bidang-bidang usaha lain yang masih menunggu untuk dijajagi oleh kita. Beberapa jenis usaha tersebut seperti:

1. Produk kerajinan, seperti ukiran, pahatan ataupun mungkin pemanfaatan bahan-bahan limbah menjadi sebuah produk daur ulang yang bermanfaat bisa menjadi pilihan,

2. Usaha kursus atau pelatihan, bila anda tidak mempunyai fasilitas untuk menyalurkan keahlian anda, kenapa tidak disebarkan saja? Tentu ini bisa jauh lebih menguntungkan,

3. Persewaan, saat ini hampir setiap barang bisa dijadikan obyek penyewaan. Tinggal anda melihat peluang dan sumber daya apa yang anda miliki.

Pada dasarnya setiap jenis usaha selalu mempunyai peluang untuk menjadi besar dan bahkan mungkin mendunia. Jadi bila Anda saat ini berpikir bahwa apa yang telah dilakukan sia-sia, pastilah sebenarnya Anda belum berusaha secara maksimal atas apa yang telah dilakukan. Hal inilah yang selalu membuat bisnis kecil-kecilan mampu berkembang menjadi raksasa yang terkenal.

Komentar