Langsung ke konten utama

Tempat Wisata di Malang dari Fakta Sejarah Hingga Pemacu Adrenalin

Malang adalah kota kedua yang terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya. Iklimnya dingin dan bernuansa lebih santai dibandingkan Surabaya. Salah satu ciri khas dari Malang adalah buah apelnya yang ranum dan segar. Tempat ini juga menjadi tempat pilihan menarik bagi Anda yang ingin berwisata ke Jawa Timur. Inilah beberapa tempat wisata di Malang.

Museum Angkut

Tema dari museum ini adalah alat-alat transportasi dari zaman ke zaman. Begitu melangkah ke dalam museum, Anda akan disambut dengan mobil-mobil tua seperti Ford, Buick, Morris, bahkan Hummer. Tidak hanya mobil, tetapi juga pedati, motor, helikopter, dan kapal. Uniknya, ada macam-macam zona di sini yang dibangun sesuai namanya, seperti Zona Sunda Kelapa & Batavia yang mempunyai tiruan setting menara Syahbandar, Zona Istana Buckingham dengan berbagai angkutan mewah macam Rolls Royce, Blackburn, Austin, dan zona-zona lain seperti Las Vegas dan Hollywood.

Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Kota Wisata Batu
Jam buka : Setiap hari, 12.00-20.00 WIB. Loket tutup pkl 19.30 WIB
Biaya masuk : Senin-Kamis Rp 60.000,00, weekend & tanggal merah Rp 80.000,00
Biaya tambahan : Kamera (DSLR, Polaroid, Digital, Handycam) Rp 30.000,00

Pantai Sipelot

Pantai ini cenderung masih jarang dikunjungi orang sehingga terlihat masih alami. Suasananya asri dan hijau, dengan pasir coklat dan airnya biru serta jernih. Sepanjang jalan menuju tempat ini, Anda akan melihat tebing-tebing batu dan jurang di kiri kanan. Meski demikian, ombaknya cukup tinggi sehingga Anda harus hati-hati kalau ingin berenang. Di dekat tempat ini juga terdapat coban atau air terjun, yaitu Coban Sipelot. Anda bisa berperahu, berkemah, dan melihat matahari terbit.

Alamat : Pujiharjo, Tirtoyudo, Malang
Biaya masuk : Gratis, biaya mengantar ke Coban Sipelot Rp 50.000,00

Museum Kesehatan Jiwa

Tertarik dengan dunia Psikologi, kedokteran, dan Psikiatri? Anda bisa mengunjungi museum ini. Umurnya sendiri sudah tua, 110 tahun, dan berada satu kompleks dengan Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Di dalamnya terdapat 700 lebih koleksi berbagai macam alat terapi dan peralatan untuk menangani pasien, seperti straight jacket dan alat pasung, serta hasil karya lukisan pasien-pasien di sana. Terdapat juga dokumen lama tentang penelitian kesehatan jiwa, dan juga sejarah berdirinya RSJ ini yang telah ada sejak zaman Belanda.

Alamat : Jl. Jend. Ahmad Yani, Lawang, Kab. Malang
Jam buka : Senin-Jumat 08.00-15.00 WIB
Biaya masuk : Gratis

Pantai Balekambang

Kalau Bali mempunyai Tanah Lot, maka Malang punya Pantai Balekambang. Bentuknya memang mirip, apalagi lokasi pura juga ada di tengah laut. Pantai yang membentang sepanjang 2 km ini mempunyai pasir yang putih, bersih, dan dangkal, aman untuk bermain air. Di dalam airnya juga kaya dengan biota laut serta ikan. Dari pantai, Anda juga bisa melihat 3 pulau yang terhubung dengan jembatan, yaitu Pulau Ismoyo, Anoman, dan Wisanggeni. Waktu paling pas berkunjung ke tempat ini adalah pada bulan Suro, karena masyarakat setempat menggelar ritual Suroan dan Jalanidha Puja.

Alamat : Desa Srigoco, Kec. Bantur, Kab. Malang
Jam buka : Buka 24 jam
Biaya masuk : Rp 15.000,00/orang

Tempat Wisata di Malang

Batu Night Spectacular

Taman rekreasi ini paling mantap jika dikunjungi di malam hari lantaran semaraknya permainan cahayanya. Anda bisa mengunjungi berbagai macam wahana yang mempesona seperti Sepeda Udara di mana Anda bisa melihat kota Malang di malam hari, Trampoline, Merry-Go-Round, Rumah Kaca, Galeri Trick Art, Monkey Jump, dan masih banyak lagi. Nikmati juga Lampion Garden dengan lampion-lampion uniknya, bioskop 4 Dimensi, sirkuit Go-Kart, dan Laser Show didampingi air mancur yang menari.

Alamat : Jl. Raya Oro-oro Ombo No.200, Kota Batu
Jam buka : Senin-Kamis 15.00-23.00 WIB, Jumat-Sabtu/tanggal merah 15.00-24.00 WIB
Biaya masuk : Rp 20.000,00 (weekday), Rp 30.000,00 (weekend, high season)

Museum Malang Tempo Doeloe

Pelajari sejarah Kota Malang sejak pembentukannya di zaman prasejarah 1,5 juta tahun yang lalu, berdirinya Malang di tahun 1914, zaman perjuangan, sampai zaman modern. Ada 20 ruang pamer totalnya, yang dikelompokkan berdasarkan periodenya, seperti prasejarah, arkeologi, zaman Singasari, tempat pertapaan Ken Arok, zaman Majapahit, pendudukan Jepang, dan masih banyak lagi. Terdapat diorama untuk membantu Anda menghayati adegan-adegan sejarah, koleksi alat-alat kerajinan kuno, 72 arca berusia ratusan tahun, dan juga film dokumenter.

Alamat : Jl. Gajahmada, Malang
Jam buka : Setiap hari pkl 08.00-17.00 WIB
Biaya masuk : Rp 25.000,00 (umum), Rp 10.000,00 (pelajar), Rp 15.000,00 (warga Malang)

Wisata Paralayang

Untuk Anda yang suka kegiatan yang memacu adrenalin, cobalah olahraga paralayang di Gunung Banyak di Kota Malang. Manfaatkanlah kondisi geografis Malang yang berada di dataran tinggi, dan melayanglah di atas langit dan melihat keseluruhan kota. Cek laporan cuaca pada hari Anda akan melakukan wisata ini agar tidak kecewa, karena wisata paralayang hanya bisa dilakukan jika hari cerah. Khawatir terjadi masalah? Jangan khawatir, instruktur akan menemani Anda terbang. Jika ada kompetisi, Anda juga bisa melihat para atlet paralayang berlaga.

Alamat : Gunung Banyak, Malang. Pendaratan di Songgoriti
Jam  : Bisa siang atau malam
Biaya masuk : Rp 5.000,00/orang
Biaya terbang : Bervariasi, paling rendah Rp 275.000,00 sudah termasuk foto

Agro Tawon Wisata Petik Madu

Mau sesuatu yang agak beda? Anda bisa melakukan agrowisata di peternakan tawon Rimba Raya. Anda akan diajari tentang bagaimana cara budidaya tawon, cara beternaknya, pembuatan sarang, memanen madu, pengolahan madu, dan lain sebagainya. Bonus yang Anda dapat adalah lingkungan di sekitar peternakan tawon yang asri, dikelilingi berbagai macam jenis flora seperti kapuk randu, kayu putih, dan kaliandra. Anda juga bisa melihat buah langka seperti jambu jeruk dan jambu nanas. Mau membeli oleh-oleh? Tersedia berbagai produk madu seperti royal jelly, propolis, dan bee pollen. Anda pun bisa melakukan terapi sengat lebah.

Alamat : Jl. Dr. Wahidin 8, Desa Bedali, Kec. Lawang, Kab. Malang
Jam buka : Setiap hari 08.00-15.00 WIB
Biaya masuk : Gratis

D’Topeng Museum

Tempat ini masih jadi satu dengan Museum Angkut. Hanya saja, Anda akan disuguhi pengalaman sejarah melalui topeng-topeng yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Tempat ini juga menyimpan banyak benda bersejarah dari Majapahit.

Alamat : Jl Ters. Sultan Agung 2, Kec. Batu, Malang
Jam buka : Setiap hari 12.00-20.00 WIB
Biaya masuk : Rp 25.000,00 (weekday), Rp 30.000,00 (weekend, high season)

Itulah 9 tempat wisata di Malang yang harus Anda kunjungi. Sebagai kota yang telah menahbiskan diri sebagai kota wisata, Malang merupakan tempat kunjungan liburan bagi keluarga yang sangat tepat. Tidak hanya Anda bisa mendapatkan liburan yang menghibur dan edukatif, semua itu tidak memerlukan harga yang mahal. Tunggu apa lagi? Datanglah ke Malang dan kunjungi tempat-tempat di atas!

Komentar