Langsung ke konten utama

Jangan Lewatkan Tempat Wisata di Jogja Berikut Ini!

Indonesia terdiri dari banyak sekali kota yang memiliki pesona yang menarik dan juga memiliki kekayaan alam yang sangat beragam. Salah satu kota yang bisa jadi tujuan berwisata adalah Jogjakarta. Kota ini sangatlah terkenal di pulau Jawa ini karena memiliki banyak sekali tempat bersejarah dan kental akan budaya Jawa yang masih terasa hangat di kota ini. Tempat wisata di Jogja saat ini ada banyak dan sangat beragam mulai dari tempat yang bersejarah sampai dengan ke tempat favorit untuk anak muda.

Jika berkunjung ke Jogja tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati berbagai wisata sejarah yang ada di kota ini. Seperti yang sudah diketahui bahwa Jogja memiliki salah satu keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur. Candi ini memang merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal sekali di Jogja dan setiap musim liburan selalu dikunjungi banyak sekali wisatawan. Sebenarnya di Jogja masih terdapat banyak sekali tempat wisata sejarah lain yang masih bisa kita temukan dan kita kunjungi.

Tempat wisata sejarah di Jogja

Jogja memang terkenal sebagai kota pelajar dan juga kota budaya, oleh karena itu banyak tujuan wisata yang bertemakan budaya dan sejarah. Berikut ini adalah beberapa objek wisata tersebut antara lain:

- Candi Borobudur, ini adalah kawasan candi yang paling terkenal di Jogja terletak di desa Muntilan yang bisa ditempuh kurang lebih setengah jam dari pusat kota.

- Candi Prambanan, begitu masuk kota Jogja melewati kota Solo kita akan langsung melihat komplek wisata ini yang merupakan peninggalan Roro Jonggrang.

- Candi Mendut, candi ini merupakan peninggalan dari agama Buddha karena di dalam candi ini terdapat 3 buah archa yang adalah peninggalan Buddha.

- Candi Kalasan, candi ini merupakan sebuah hadiah perkawinan dari Dewi Tara. Letaknya kurang lebih 2 km dari Candi Prambanan.

- Candi Sewu, ini merupakan komplek candi terbesar kedua setelah Candi Borobudur dan terletak sekitar 800 m dari Candi Prambanan. Jumlah candi yang sebenarnya adalah 249 candi.

- Candi Ratu Boko, ini adalah salah satu candi yang menawan hati terutama pada saat matahari terbenam pemandangannya sangat indah sekali.

Tempat Wisata di Jogja

Selain beberapa candi yang ada diatas, Jogja juga masih memiliki beberapa candi lagi yang merupakan peninggalan sejarah yang masih bisa kita kunjungi. Beberapa candi tersebut seperti Candi Ijo, Candi Sambi Sari, Candi Sari, Candi Pawon dan Candi Gebang. Beberapa candi yang ada di Jogja memang merupakan perpaduan antara peninggalan Buddha dan juga peninggalan Hindu. Untuk masuk ke beberapa candi ini juga akan ada biaya masuk khusus yang akan digunakan untuk pelestarian situs budaya ini.

Wisata budaya di Jogja

Bagi yang menyukai seni kesenian ini adalah kota yang sangat cocok karena terdapat banyak sekali tujuan wisata kesenian yang ada di Jogja. Berikut ini adalah beberapa pagelaran seni yang bisa dikunjungi antara lain:

- Pertunjukan wayang kulit, pertunjukan selama 2 jam ini sangat akan menghibur mereka yang datang dengan tiket masuk hanya 5 ribu rupiah kita bisa menikmati beberapa cerita legendaris.

- Pertunjukan Ballet Ramayana, ini adalah salah satu favorit bagi banyak wisatawan luar negri karena dipertunjukkan langsung di tempat aslinya yaitu di Candi Prambanan.

- Pertunjukan Gamelan, ini adalah salah satu suguhan wisata yang diberikan oleh Kraton Yogyakarta yang dimana untuk melihat pertunjukan ini tidak memungut biaya sepeser pun.

Jogjakarta merupakan kota yang istimewa yang dapat kita lihat dari pemerintahan yang ada disini, pemerintahan diperintah oleh seorang sultan yang tentunya membuat kota ini istimewa. Sebagai wisatawan kita juga bisa mengunjungi tempat pemerintahan ini yaitu di Kawasan Kraton Yogyakarta karena di dalam kraton ini ada banyak peninggalan di Jogja yang bisa kita lihat terutama mengenai sejarah dari kraton.

Tempat wisata menarik di Jogjakarta

Jika sudah puas berkunjung ke beberapa tempat wisata sejarah dan budaya kini saatnya kita mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik. Seperti yang sudah kita ketahui ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jogjakarta. Berikut ini adalah tempat wisata menarik tersebut antara lain:

1. Alun-alun Kidul, ini merupakan tempat unik dimana ada 2 pohon kembar yang jika kita berhasil melewatinya akan bisa meminta apapun yang kita inginkan.

2. Taman Pelangi, lokasi taman ini ada di Monumen Jogja Kembali. Anda bisa melihat taburan cahaya indah seperti pelangi yang ada di kawasan ini.

3. De Mata Trick Eye Museum, ini adalah museum gambar 3D yang akan memukau mata kita dan juga bisa jadi objek foto-foto yang unik sekali.

4. De Arca Statue Museum Yogyakarta, di dalam museum ini ada miniatur beberapa tokoh penting dari Jogja dan juga pahlawan lainnya yang dibuat sangat mirip dengan aslinya.

5. Taman pintar, di dalam taman ini ada banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan yang berhubungan dengan dunia pengetahuan.

Tempat wisata alam di Jogjakarta

Setelah puas mengunjungi tempat wisata menarik ini maka kini saatnya untuk menikmati pesona alam yang dimiliki Jogja yang pastinya juga sangat mengagumkan. Berikut ini adalah beberapa wisata alam yang bisa menarik perhatian antara lain:

1. Kaliurang, di tempat ini bisa kita temukan air terjun yang tinggi dengan paduan beberapa bebatuan yang cukup besar dan udara yang segar.

2. Gunung Merapi, gunung yang sangat terkenal di Jogja ini menyimpan berbagai tempat wisata menarik mulai dari museum merapi sampai jalur pendakian.

3. Hutan Pinus Mangunan, di tempat wisata ini banyak sekali berdiri pohon pinus yang sangat tinggi dan bisa menjadi objek foto yang sangat baik.

4. Kalibiru, tempat yang sangat cocok untuk menikmati pemandangan perbukitan Menoreh yang sangat indah dan memukau mata kita terutama ketika ingin melihat senja.

5. Pantai Parangtritis, ini adalah salah satu wisata pantai paling menarik dan terkenal sekali di Jogja dengan ombak yang menggulung dengan kencang.

Mengunjungi Jogjakarta merupakan salah satu liburan yang sangat menyenangkan, tak heran jika tidak hanya wisatawan luar negeri saja yang mengunjungi tempat ini melainkan wisatawan dalam negeri juga datang ke Jogja. Tidak perlu khawatir dengan akomodasi yang akan terpenuhi ketika sedang berada di kawasan wisata ini. Ada banyak hotel dan juga tempat makan.

Ketika berada di Jogjakarta kita bisa menikmati wisata alam ataupun wisata menarik lainnya. Selain itu wisata kuliner juga bisa jadi salah satu pilihan yang terbaik. Makanan khas Jawa Tengah banyak sekali terdapat di kota yang sangat penuh dengan keramah-tamahan ini. Tempat wisata di Jogja memang selalu memberikan pesona menarik yang akan selalu menghipnotis wisatawan yang datang.

http://www.sebats.com/2017/04/83-tempat-tujuan-wisata-di-jogja.html

Komentar