Langsung ke konten utama

Strategy Kredit Bangun Rumah dan Kredit Rumah Tanpa DP

Kredit rumah tanpa DP bagi sebagian orang sepertinya hal yang satu ini akan menjadi hal yang sangat mustahil, bahkan mungkin tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan, pembiayaan dengan menggunakan kredit, Anda diharuskan melunasi DP senilai 30% dari harga rumah yang Anda inginkan. Jadi, jika harga rumah sekitar 300 juta, Anda harus menyiapkan dana sekitar 90 juta, baru Anda bisa mengajukan kredit.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan berbagai macam strategi agar keinginan Anda memiliki rumah tanpa harus mengeluarkan DP bisa tercapai. Apalagi sekarang banyak sekali bank yang telah memperkenalkan proses kredit tanpa menggunakan DP. Cara tersebut bisa Anda manfaatkan. Pilih bank yang benar-benar memberikan kesempatan tersebut. Walaupun biasanya mereka memberikan syarat atau ketentuan yang bersifat khusus, Anda tetap bisa mengajukannya, hanya tinggal mengikuti syarat ketentuan yang mereka inginkan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan, dengan mengajukan nilai lebih dari harga rumah. Ajukan peminjaman jauh lebih tinggi. Untuk di apply atau tidaknya pinjaman Anda, bergantung dari pemilihan Anda jangka waktu angsuran Anda. Sebenarnya bank juga akan menilai nilai rumah yang Anda inginkan, namun jika mereka merasa Anda memiliki kemampuan untuk membayarnya dengan tepat waktu, berapapun nilai yang Anda ajukan, akan cukup mudah nantinya. Maka dari itu, buat bank yakin, jika Anda benar-benar bisa membeli serta mengangsur kredit tersebut.

Cara ketiga dengan memanfaatkan berbagai fasilitas dari developer. Untuk menarik perhatian konsumen, tidak jarang developer memberikan sebuah promo yang sangat menarik yakni Anda dapat mengajukan kredit tanpa menggunakan DP. Program ini biasanya diluncurkan dalam jangka waktu tertentu, seperti awal tahun, lebaran, akhir tahun. Dengan memanfaatkan program yang sangat menarik ini, tentu Anda dapat memperoleh keinginan Anda. Anda hanya tinggal mengikuti segala syarat yang mereka ajukan.

Selain memberikan promo tanpa DP, banyak perumahan atau developer yang sering menerapkan sistem seperti diskon untuk rumah yang mereka miliki. Diskon ini seperti masa promosi. Caranya Anda bisa mengajukan nilai rumah yang asli dengan kata lain, sebelum adanya promo ke pihak bank. Setelah bank menyetujui harga asli yang Anda minta, Anda bisa membeli perumahan tersebut dan meminta promo dari si penjual perumahan atas pihak developer. Sebenarnya cara yang sangat mudah bisa Anda tempuh, asalkan Anda lebih teliti serta membandingkan. Nama harga yang benar-benar cocok untuk Anda.

Cara terakhir yakni dengan menemukan rumah yang memiliki harga di bawah pasaran. Tidak jarang, ada penjual yang sangat jengkel, rumah mereka tidak laku-laku, sehingga mereka menjual rumah tersebut jauh di bawah harga pasaran. Anda bisa mengajukan kredit dengan harga wajar yang berada di pasaran, dari penilaian bank, pasti mereka akan memiliki pandangan jika harga tersebut wajar. Untuk mendapatkan keberuntungan seperti ini, Anda harus benar-benar melihat wilayah, seperti di tengah kota, selain itu kondisi juga harus bagus. Percuma jika Anda membeli rumah di pesisir desa mengajukan nilai yang lebih tinggi. Bank tidak akan menyetujui.

Kredit rumah tanpa DP saat ini bukan sebuah hal yang mustahil. Apalagi Anda sudah mengantongi cara tersebut. Hanya dengan sedikit cara serta keahlian Anda bisa mendapatkan rumah yang Anda inginkan. Namun saat melakukan hal ini, Anda juga harus melakukan perjanjian dengan pihak penjual. Jangan sampai mereka mengatakan harga yang tidak sama dengan nilai yang Anda ajukan ke bank.

kredit rumah

Strategi Mudah dalam Kredit Bangun Rumah

Memiliki sebuah rumah sendiri ialah salah satu impian setiap orang, karena tempat itu ialah tempat tinggal yang tidak akan sama istimewanya dibandingkan di tempat lainnya. Akan tetapi, bagaimana bila program pembangunan rumah itu belum terlaksana, tetapi sudah ada lahan untuk membangunnya? Sebagai solusi yang tepat untuk masalah ini ialah mengajukan kredit bangun rumah ke Bank. Alasannya ialah untuk mendapatkan pinjaman yang dikembalikan secara berangsur-angsur guna memulai tahap pembangunan rumah di atas lahan yang Anda miliki itu. Sehingga, area tersebut segera dibangun sebuah rumah untuk menjadi milik Anda.

Dalam pengajuan sebuah surat permohonan ke Bank, akan ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diketahui. Antara satu Bank dengan yang lainnya tidaklah sama. Untuk itu, Anda bisa memilih Bank yang tepat, pihak yang akan membantu pelaksanaan pembangunan rumah. Sebagai tahap awal pada proses pengajuan ini ialah sebagai berikut:

- Pilihlah Bank yang telah terpercaya.
- Ketahui syarat dan ketentuan yang diberlakukan.
- Pahami sistem perjanjian yang ada atas pengajuan permohonan pembangunan rumah.
- Lakukan perbandingan dari satu Bank ke lainnya untuk mendapatkan instansi yang tepat.
- Ketahui besarnya hitungan bunga dalam stimulasi anggaran pada pembayarannya.
- Pilihlah rentang waktu kredit yang bisa disesuaikan dengan anggaran finansial yang Anda miliki.

Setelah semua itu siap dan telah dilaksanakan, terhadap tahap selanjutnya yaitu mengajukan permohonan atas pembangunan rumah. Dalam pengajuan ini, tidak semuanya bisa berjalan dengan lancar. Tetapi, untuk Anda yang ingin mendapatkan Acc atau persetujuan dari Bank tersebut, terdapat beberapa strategi mudah yang bisa diterapkan, seperti:

- Siapkan lahan tanah yang akan dibangun sebuah rumah beserta surat-surat lengkap atas kepemilikan Anda. Tambahkan pula surat-surat pendukung lainnya sebagai jaminan saat pengajuan di Bank.
- Buatlah rancangan sederhana atas pembangunan rumah tersebut, seperti denah tempat tinggal.
- Siapkan surat izin untuk membangun rumah atau surat izin IMM
- Cantumkan data-data yang disyaratkan untuk mengajukan kredit di instansi yang bersangkutan.

Bilamana dalam pengajuan tersebut telah siap, Anda bisa menunggu selama jangka waktu yang ditentukan. Pada rentang waktu tersebut, Anda bisa mempersiapkan hitungan keuangan yang Anda miliki. Agar nantinya siap untuk melaksanakan transaksi kredit pertama beserta uang DP yang diperlukan. Bila kemudian pengajuan ini diterima, Anda bisa segera melakukan pembangunan rumah tersebut sesuai dengan struktur rancangan yang telah Anda persiapkan, seperti:

- Target pembangunan di setiap harinya.
- Total pengeluaran untuk membeli perabot yang digunakan.
- Total anggaran untuk upah para pekerja dan uang konsumsi lainnya.
- Stimulasi untuk pembayaran di setiap bulannya yang harus tepat waktu, bila tidak bisa kena denda.

Dalam menjalankan kredit bangun rumah ini tergolong mudah dan lebih simpel. Karena Anda bisa mendapatkan bantuan pembiayaan yang kemudian bisa dikembalikan lagi dalam bentuk cicilan. Tentu saja dari angsuran sedikit demi sedikit ini tidak membebankan. Selain itu, Anda bisa membangun rumah di lokasi yang Anda sukai. Terlebih lagi, Anda bisa membangun rumah dengan desain yang diinginkan.

Membangun rumah impian kini menjadi lebih mudah lagi karena terdapat sistem pembangunan yang bisa diajukan ke Bank ataupun di instansi lainnya. Di situ Anda bisa bekerja sama dan juga bisa memulai membangun rumah sesuai rancangan yang telah dibuat. Bahkan, langkah ini jauh lebih mudah dan terkendali untuk mendapatkan tempat tinggal dalam waktu yang cepat.

Komentar