Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Minggu, 20 September 2015

Permainan Tradisional dan Edukatif Anak Indonesia yang Sudah Jarang Ditemui Saat Ini

Indonesia merupakan negeri dengan berbagai macam kebudayaan, hal ini ditunjang dengan banyaknya suku bangsa yang ada di dalamnya. Banyak perbedaan yang ada di negeri kita salah satunya adalah dalam hal permainan. Jika sekarang ini kita sudah sering kali menjumpai anak-anak yang lebih senang bermain menggunakan gadget atau perangkat elektronik yang sudah lebih canggih maka jangan salah karena di zaman dahulu ada cukup banyak jenis permainan tradisional yang ada di negara ini. Hanya saja keberadaannya nampaknya sudah mulai tergeser dengan adanya budaya baru yang masuk ke dalam negeri.

Anak-anak sekarang lebih senang bermain sendiri menggunakan perangkat elektronik mereka dibandingkan dengan bermain bersama orang lain. Hal-hal semacam individualisme menjadi sifat yang menghantui mereka. Untuk mengatasi hal tersebut sudah selayaknya orang tua membatasi penggunaan perangkat teknologi pada mereka, agar anak-anak juga bisa memainkan permainan zaman dulu, sehingga tak akan punah hingga generasi selanjutnya. Beberapa permainan tradisional khas Indonesia tersebut adalah:

Permainan Tradisional

1. Petak umpet, siapa yang tak kenal permainan yang satu ini, mungkin sudah banyak yang mengetahui cara bermainnya, dimulai dengan menentukan siapa yang akan jaga dan bersembunyi, umumnya permainan ini dilakukan lebih dari 2 orang, nantinya yang bertugas untuk jaga memiliki kesempatan mencari teman yang sedang bersembunyi, dia yang kena dulu akan secara langsung menggantikan tempat yang jaga. Permainan tradisional tersebut memiliki manfaat untuk melatih kesabaran dalam mencari teman mereka.

2. Gatrik, permainan yang satu ini pernah menjadi salah satu yang cukup populer di Indonesia, mengandalkan peralatan seperti kayu untuk memainkannya, nantinya anggota akan dibagi menjadi 2 kelompok, yakni yang menembakkan kayu dan juga yang menangkap, tiap anggota yang menembakkan dan tidak tertangkap oleh lainnya akan mendapatkan sejumlah poin sesuai dengan jarak tembak mereka.

3. Ular naga, ular naga merupakan permainan yang keberadaannya masih cukup populer hingga saat ini, umumnya yang memainkannya adalah anak-anak usia sekolah dasar, cara bermainnya juga cukup mudah, ada 2 orang yang akan bertugas sebagai penjaga namun juga ada yang bertugas sebagai ular, nantinya ia akan disuruh memilih anggota, siapa yang tak mendapatkan anggota harus berusaha mencuri dari yang lain, biasanya disertai dengan bagian lari dan juga menyanyi.

4. Engklek, engklek ini merupakan sebuah permainan lompat pada bidang datar yang telah digambar namun hanya menggunakan satu kaki sja, dia yang bisa melewati semua bagian tersebutlah yang akan menjuarai permainan tentunya tanpa menyentuh garis dan masih berada di dalam kotak, cukup mudah dan bermanfaat untuk melatih koordinasi motorik anak.

5. Congkak, permainan yang satu ini juga dikenal dengan berbagai macam nama sesuai dengan wilayah masing-masing, masih banyak yang menjual alat mainnya, umumnya terbuat dari kayu maupun plastik yang diisi dengan biji-bijian, selain berguna untuk melatih kesabaran juga bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman daya hitung anak-anak.

6. Bekel, permainan bekel biasanya dilakukan oleh 2 orang dan umumnya adalah wanita, dengan mengandalkan alat berupa bola dan juga 4 buah bekel mereka sudah bisa melakukannya. Hanya saja sekarang ini sudah sangat jarang menemukan tempat yang menjual mainan tersebut.

Mungkin salah satu diantaranya masih sempat kita mainkan di saat masih anak-anak, namun sekarang ini sudah jarang yang melakukannya karena keberadaannya mulai tergeser dengan anak permainan elektronik.


www.sebats.com