Langsung ke konten utama

Obat Asam Urat Ampuh untuk Atasi Nyeri Sendi dengan Cepat

Anda pasti sudah familiar dengan asam urat. Sebenarnya mengapa bisa terjadi asam urat? asam urat terjadi dikarenakan adanya zat purin yang berlebihan di tubuh. Zat ini akan diolah menjadi asam urat, kemudian kadar ini akan diatur oleh organ ginjal. Masalah akan muncul saat kadar asam urat ini berlebih, sehingga ginjal kurang mampu mengatur kadarnya. Kadar yang berlebih ini akan tertimbun dalam sendi dan jaringan. Penumpukan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan nyeri atau sakit di persendian. Bila hal ini didiamkan terus menerus, lama kelamaan akan menjadi sangat parah bahkan bisa berdampak pada peradangan atau pembengkakan yang berada di sendi-sendi tertentu.

Penyebab dari asam urat

Sebenarnya apa penyebab dari asam urat? ada 2 faktor yang menjadi penyebab asam urat. faktor dalam serta faktor luar. Berikut penyebab asam urat, antara lain:

- Dari tubuh manusia sendiri. Penyebab asam urat bisa dari tubuh si manusia. Hal ini dikarenakan ada bawaan genetika serta hormon yang kurang seimbang sehingga metabolisme yang berada di dalam tubuh sangat terganggu dengan naiknya kadar asam urat,
- Faktor dari luar. Faktor ini memiliki keterkaitan dengan asupan makanan si penderita. Bila Anda terlalu banyak mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung purin, kadar asam urat akan mengalami peningkatan, sehingga tubuh akan terkena asam urat.

Obat Asam Urat

Apa gejala dari asam urat?

Berikut gejala dari penyakit asam urat, antara lain:

- Nyeri yang terjadi di persendian atau yang sering disebut sebagai nyeri sendi, kesemutan dan pegal linu,
- Bila asam urat telah begitu parah, kaki akan membengkak serta mengalami peradangan,
- Anggota tubuh yang mengalami gejala ini biasanya seperti tumit, lutut, dengkul, hingga pergelangan tangan,
- Biasanya nyeri terjadi ketika malam hari dan saat pagi hari,
- Kulit yang telah membengkak biasanya juga berwarna kemerahan.

Obat tradisional asam urat

1. Cengkeh
Cara mengatasi asam urat yang pertama ialah cengkeh. Sejak jaman dahulu, cengkeh memang dipercayai bisa digunakan sebagai obat asam urat. Cara pembuatannya sangat mudah. Anda hanya tinggal menumbuk cengkeh dan di campur dengan jahe. takaran untuk membuat ramuan ini 1:1. Ramuan ini hanya digunakan untuk bagian tubuh yang sedang mengalami nyeri. Oleskan ramuan dengan teratur, agar hasil yang Anda dapat akan maksimal.

2. Akar pepaya
Anda bisa mengobati asam urat dengan sangat mudah menggunakan akar pepaya. Sediakan akar pepaya secukupnya, cuci hingga bersih dan potong-potong. Tambahkan 3 sendok lengkuas yang telah di haluskan. Rebus berbagai bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air. Rebus hingga tersisa setengahnya, minum ramuan ini 3 kali di dalam sehari.

3. Jahe
Jahe memang sangat terkenal mempunyai banyak sekali manfaat. Obat tradisional yang satu ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh. untuk mengobati asam urat, Anda bisa menyiapkan jahe sebanyak 3 ibu jari, potong dan memarkan. Rebus jahe dengan segelas air, dan tambahkan madu atau gula. Minum air jahe secara teratur.

4. Daun salam
Obat tradisional lain untuk mengatasi asam urat dengan menggunakan daun salam. Siapkan 10 helai daun salam yang masih segar, rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus hingga air hanya tersisa segelas. Setelah air tersisa segelas, Anda bisa segera meminumnya. Konsumsi ramuan daun salam ini pada pagi serta sore hari.

Komentar