Langsung ke konten utama

Kredit Motor Bekas atau Honda yang Bagus? Ikuti Langkah Berikut!

Membeli barang bekas dipakai oleh orang lain, seperti kendaraan roda dua, memang mempunyai keunggulan lebih murah dan terjangkau. Apalagi bila kita membelinya dengan cara diangsur atau dicicil, tentu saja anda akan seperti membelinya dengan mudah dan murah. Resiko ketika kita memilih untuk melakukan kredit motor bekas ini, tentu saja adalah tiap bulannya kita masih dibebani dengan biaya angsuran. Selain itu, karena kita tidak membeli kendaraan baru, tentunya kita juga memerlukan sedikit tambahan biaya perawatan agar kondisi motor tetap prima dan bisa digunakan kapanpun.

Sebagai seorang calon pembeli kendaraan bekas atau lebih dikenal dengan istilah second, ketelitian adalah sikap yang harus senantiasa anda tanamkan setiap memilih kendaraan. Jangan mudah tertipu dengan tampilan yang bagus atau mulus saja, apalagi terbujuk dengan omongan dari penjual kendaraan tersebut. Tidak seperti membeli kendaraan roda empat yang perlu banyak pengecekan, sepeda motor bekas lebih mudah untuk diteliti. Berikut cara mengecek kelayakan dari sebuah motor yang tidak baru:

- Periksa kondisi kendaraan, mulai dari mesin yang halus dan tidak terlalu berisik, meteran penghitung jarak hingga pada sasis atau rangka kendaraan lurus atau tidak,
- Periksa kelengkapan kendaraan, mulai aksesoris hingga spare part utama kendaraan harus masih dalam kondisi orisinil. Kalaupun ada yang tidak asli, segera cari tahu kenapa kelengkapan tersebut tidak asli,
- Periksa administrasi kendaraan, mulai cek nomor rangka mesin hingga kelengkapan surat-surat kendaraan tersebut apakah benar-benar asli atau buatan.

Kebanyakan penjual yang sudah mengetahui kelemahan dari kendaraan yang dijualnya tersebut, tentu akan berusaha menutupi kekurangan tersebut. Mulai dari memberikan tampilan yang menarik hingga pada cara-cara yang tidak terpuji agar pembeli tertipu dengan ulahnya. Oleh karena itulah sangat diperlukan ketelitian anda dalam memilih kendaraan atau motor bekas ini. Membawa seorang teman atau orang yang paham tentang kondisi kendaraan ketika memilih kendaraan bekas, bisa menjadi sebuah alternatif yang bisa anda lakukan.

Setelah anda merasa telah melakukan segala proses pengecekan kendaraan dan kemudian sudah berhasil membuat keputusan tentang pemilihan kendaraan, maka tiba saatnya anda harus melakukan pembelian terhadapnya. Bila anda telah memiliki dana yang cukup, tentu anda bisa melunasi kendaraan tersebut secepatnya. Namun bagi anda yang ternyata tidak memiliki cukup dana untuk mendapatkan motor impian, melakukan pembelian secara kredit bisa menjadi sebuah pilihan yang bijak. Selain tidak terlalu memaksakan keuangan anda pada saat itu, anda juga masih dapat berhemat dan menabung untuk keperluan lain.

Apabila anda hendak melakukan pembelian dengan sistem kredit, tentunya anda harus memilih lembaga pembiayaan yang tepat. Meskipun biasanya pada setiap dealer kendaraan bekas selalu ada sales dari lembaga-lembaga tersebut, ada baiknya bila anda tetap bisa memilih lembaga pembiayaan dengan bijak. Adapun kriteria dari pemberi kredit yang baik adalah:

1. Memberikan bunga dan juga sistem kredit yang rasional serta tidak berlebihan,
2. Memberikan perhitungan atau simulasi sederhana terhadap angsuran yang anda lakukan sehingga anda memperkirakan total uang yang harus anda bayar untuk membeli kendaraan tersebut,
3. Memiliki banyak lokasi pembayaran angsuran sehingga anda tidak kerepotan jika sudah masuk waktu jatuh tempo cicilan.

Para sales lembaga pembiayaan atau leasing biasanya juga akan selalu memberikan kemudahan bahkan promosi yang menarik dalam usahanya menarik anda menjadi nasabahnya. Untuk itu anda juga harus cerdas dan jeli mengetahui mana lembaga yang menawarkan kredit motor bekas terbaik, dan juga tidak akan membebani anda suatu hari nanti.

kredit motor bekas

Bingung Mendapatkan Kredit Motor Honda yang Terjangkau? Ikuti Tips Berikut!

Brand Honda sebagai raja otomotif khususnya kendaraan roda dua, memang tak bisa dipungkiri lagi kualitasnya. Tentu saja nama ini banyak menjadi pilihan banyak orang, karena jaminan mutu atas setiap produk yang dikeluarkannya. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan dengan lalu lintas padat, pilihan mengendarai sepeda motor juga menjadi favorit daripada kendaraan roda empat. Selain sangat mudah untuk melintasi jalan-jalan yang padat, sepeda motor yang berkualitas juga bisa membuat anda bisa menghemat banyak waktu yang terbuang hanya karena terjebak oleh kemacetan.

Saat ini, untuk mendapatkan sebuah kendaraan roda dua dengan merk dari Jepang ini, sudah bukan menjadi permasalahan yang sulit. Banyaknya leasing atau lembaga pembiayaan yang menawarkan kredit motor honda dengan berbagai persyaratan mudah. Bahkan merk kendaraan yang sudah ternama di Indonesia ini, menyediakan berbagai type kendaraan sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja:

- Bagi Anda yang bermobilitas tinggi, pilihan type Revo ataupun Supra bisa menjadi prioritas mengingat keiritan dan juga ketahanannya,
- Untuk yang senang berpetualang, pilihan type Verza, Mega Pro ataupun CBR akan bisa membuat anda merasa nyaman sepanjang perjalanan karena kenyamanannya,
- Tampil bergaya dengan kendaraan yang stylish pilihan motor matic seperti Beat, Vario ataupun Spacy akan membuat anda semakin menjadi perhatian banyak orang,
- Suka dengan kendaraan bergaya klasik? Type Scoopy akan membuat anda tampil trendi dengan gaya retro.

Berbagai pilihan type dari merk satu ini, memang desainnya selalu didasarkan atas berbagai kebutuhan masyarakat di banyak negara yang berkembang. Tak heran bila setiap produk yang dikeluarkannya selalu banyak diminati oleh banyak pengguna sepeda motor. Mulai dari yang memang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari hingga yang hanya digunakan sebagai koleksi, hampir semua pengguna menyukainya. Kemudahan untuk memperoleh kendaraan ini, juga patut mendapat apresiasi, karena dengan strategi pemasaran yang mumpuni, hampir setiap sudut daerah pasti akan kita dapati kendaraan roda dua dengan merk dari Negeri Sakura ini.

Proses untuk mendapatkan kendaraan roda dua ini dengan cara kredit, saat ini juga sedang menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat kita. Ini dilakukan karena banyak orang yang tidak ingin membelanjakan keuangannya dalam jumlah besar sekaligus. Tujuannya tentu saja agar sebagian dana yang mereka miliki bisa digunakan untuk keperluan lain serta menjadi tabungan masa depan. Banyaknya lembaga yang mengakomodir cara pembayaran ini juga sudah sedemikian banyak, sehingga untuk bisa memperolehnya anda sudah tidak perlu repot-repot mencarinya.

Anda hanya harus lah pintar-pintar memilih lembaga mana yang bisa memberikan sistem kredit secara mudah dan juga terjangkau bagi kantong anda. Agar bisa memilih dengan tepat, perhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pastikan bunga cicilan yang ditawarkan tidak terlalu membebani anda ke depannya,
2. Memiliki proses pengurusan yang cepat dan mudah dengan persyaratan yang juga tidak terlalu memberatkan,
3. Periksa fasilitas yang ditawarkan, mulai asuransi hingga mungkin pemberian hadiah yang mungkin bisa menguntungkan Anda,
4. Hitung pemberian jangka waktu angsuran paling panjang yang diberikan sehingga tidak terlalu memberatkan anda.

Biasanya untuk mempengaruhi calon konsumen, lembaga yang menyediakan pembiayaan ini kadang memberikan iming-iming yang cukup menggiurkan. Namun ada baiknya bila Anda mengesampingkan iming-iming tersebut dan fokus pada hal-hal tersebut diatas dalam memilih sebuah lembaga pembiayaan sehingga kredit motor honda yang Anda lakukan tidak akan membawa masalah keuangan nantinya.

Komentar