Langsung ke konten utama

Diet Sehat Itu Gampang!!! Ini Tips Diet Mudah untuk Anda!

Banyak orang yang berpikir bahwa melakukan program diet itu sangat menyusahkan dan juga berat untuk dijalani. Padahal sebenarnya diet yang sehat itu tidak harus bersusah-susah menahan rasa lapar dan juga haus, tapi cukup melakukan pola hidup yang sehat dan teratur sehingga bisa memberikan dampak menurunkan berat badan sekaligus membawa kesehatan kita ke arah yang lebih baik. Hanya saja belum banyak yang mengerti tentang arti penting dari sebuah diet yang sehat.

Sebenarnya diet yang sehat itu, bisa dilakukan mulai dari segala hal kecil yang biasanya kita kerjakan sehari-hari. Bila segala aktivitas yang kita lakukan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali bisa dilakukan secara proporsional, maka tubuh juga akan membentuk sebuah keseimbangan yang bisa membawa pada kesehatan dan juga kondisi yang fit. Berikut ini beberapa tips atau cara untuk menjalani diet sehat secara mudah dan tidak merepotkan.

Konsumsi air putih secara cukup

Hasil penelitian para ahli mengatakan bahwa air putih sangat baik untuk membantu proses pencernaan dan juga metabolisme tubuh. Batas minimal konsumsi air putih ini adalah sekitar 8 gelas setiap harinya. Apalagi bila konsumsi air putih ini dilakukan ketika kita baru bangun dari tidur, maka otot perut dan usus akan memulai start proses pencernaan secara perlahan sehingga bisa mampu meminimalkan kerusakan dini pada organ-organ pencernaan.

diet sehat

Biasakan untuk sarapan

Biasanya orang menghindari sarapan karena sedang menjalani diet, padahal sebenarnya dengan sarapan kita bisa meminimalkan aktivitas ngemil makanan-makanan yang kurang sehat dan cenderung mengandung kalori serta lemak. Disamping itu, menu sarapan yang tepat juga bisa menjadi bahan bakar untuk melakukan aktivitas sepanjang hari, asal dilakukan dengan porsi yang tepat.

Makan siang bergizi dan bernutrisi

Kadang ketika terlalu lelah beraktivitas, kemudian kita akan merasa sangat lapar, sehingga kemudian mengambil porsi makan dengan takaran karbohidrat yang terlalu tinggi. Padahal dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bisa didapatkan dari salad serta sayuran berwarna hijau atau orange, Anda tidak hanya akan merasakan kenyang tapi juga memiliki cukup gizi dan nutrisi untuk melakukan aktivitas kembali hingga selepas kerja.

Makan malam maksimal pukul 19.00

Kebanyakan orang diet lebih memilih untuk tidak melakukan makan malam, karena beranggapan ketika malam makanan akan sulit dicerna tubuh. Padahal sebenarnya pada malam hari pun tubuh masih memerlukan nutrisi untuk meregenerasi dan merevitalisasi sel-sel tubuhnya yang mulai melemah. Makanan yang mudah dicerna usus seperti kentang rebus, beras merah dan juga buah-buahan dalam porsi sedikit akan cukup mengenyangkan dan juga baik bagi tubuh.

Olahraga sebentar tapi rutin

Biasanya orang terlalu memforsir tubuhnya untuk berolahraga demi mendapatkan berat badan ideal. Padahal sebenarnya olahraga yang cukup bisa dilaksanakan maksimal 30 menit, namun dilakukan minimal 2 hari sekali seperti jogging atau senam ringan.

Ngemil boleh, asalkan...

Banyak orang menganggap bahwa ngemil akan mempercepat proses penambahan berat badan, padahal hal tersebut tidaklah seluruhnya benar. Ngemil sebenarnya bisa saja tetap Anda lakukan asalkan menu camilan harus dirubah menjadi lebih sehat. Buah-buahan yang diiris tipis atau mungkin kacang-kacangan dalam jumlah sedikit selain bisa mengurangi nafsu lapar juga akan membuat tubuh Anda lebih sehat.

Istirahat cukup

Istirahat yang berkualitas dan cukup akan mempengaruhi proses metabolisme tubuh secara keseluruhan, dimana tubuh akan memproduksi hormon yang mampu mengontrol rasa lapar dengan baik. Ini tentunya akan sangat berguna bagi proses diet sehat yang sedang Anda jalani.

Komentar