Langsung ke konten utama

Daftar Menu Diet yang Benar untuk Turunkan Berat Badan

Mungkin bagi kaum perempuan, mencoba berbagai macam cara untuk diet sudah menjadi kebiasaan. Berat badan yang naik hingga 2 kilogram sudah menjadi mimpi yang sangat buruk untuk perempuan. Menurunkan berat badan memang terkesan susah dan gampang tergantung dari besarnya keinginan atau konsistensi untuk menjalankan serangkaian program diet yang nantinya Anda lakukan. Salah satu caranya dengan pola makan yang sangat baik serta terjadwal. Pola makan yang baik bukan saja pola makan yang Anda atur waktunya namun kandungan gizi dari makanan yang nantinya masuk ke dalam mulut Anda.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk berdiet ialah menghindari berbagai makanan yang memiliki kalori tinggi dan mempunyai banyak lemak seperti daging-dagingan, keju hingga makanan berlemak yang lainnya. Anda bisa mulai mengganti serangkaian makan ini dengan serat yang bersumber dari sayur, protein nabati dan kacang-kacangan. Mengapa makanan berserat tinggi saat di anjurkan? Hal ini dikarenakan makanan yang kaya akan serat akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk dicerna di lambung, sehingga Anda akan merasakan rasa kenyang dan memperlambat konsentrasi insulin.

Selain makanan, olahraga dengan teratur juga sangat dianjurkan untuk Anda yang ingin berdiet. Olahraga akan memberi hasil yang sempurna karena olahraga dengan teratur akan membuat timbunan lemak yang berada dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan cara yang alami. Untuk Anda yang sedang malas untuk berolahraga namun ingin menekankan pola makan yang sehat, Anda perlu mengatur menu makanan Anda setiap harinya.

Menu Diet

Menu diet untuk sarapan

Ketika sarapan di pagi hari, Anda bisa mengganti bahan makanan berat yang sering Anda konsumsi. Contohnya bila Anda sering mengkonsumsi makanan seperti omelet yang memiliki kandungan kuning telur, keju ataupun daging yang biasanya Anda tambahkan di omelet. Bahan ini bisa Anda ganti dengan serangkaian sayuran dengan kalori rendah namun memiliki serat yang banyak. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi bisa Anda pilih. Sayur-sayuran yang memberi cita rasa dan roma yang sangat khas. Jadi, walaupun ketika pagi hari Anda mengkonsumsi sayur-sayuran, siang harinya Anda akan tetap merasa kenyang. Bila Anda lebih suka mengkonsumsi roti-rotian ketika pagi hari, Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan yang segar seperti pisang, apel, atau jeruk.

Menu diet makan siang

Saat makan siang, bukan berarti Anda bebas mengkonsumsi berbagai jenis makanan, di sini Anda tetap harus melakukan pengontrolan makanan, Anda harus mengontrol nafsu makan bila ingin diet Anda di sukses. Bila saat siang hari biasanya Anda mengkonsumsi makanan yang berat serta memiliki kandungan kalori tinggi seperti nasi, mie, bihun, Anda bisa menguranginya dengan mengganti makanan tersebut. Penggantian makanan bisa disiasati dengan konsumsi sayuran dan buah segar. Untuk nasi, Anda bisa menggantinya dengan kacang-kacangan. Walaupun tingkat kekenyangannya hampir sama dengan nasi, namun kalori yang nantinya masuk dalam tubuh akan jauh lebih rendah.

Menu makan malam hari

Saat menjalankan diet, menu makanan di malam hari inilah yang harus benar-benar Anda jaga. Kebutuhan kalori ketika di malam hari sangat berbeda jauh dengan pagi atau siang hari. Lebih baik Anda menghindari lemak dan kalori yang tinggi, karena saat Anda memakan makanan yang berlemak, penumpukan lemak yang berada di dalam tubuh akan semakin menggila. Anda bisa mengkonsumsi makanan seperti ikan-ikanan dan menambah serangkaian sayur-sayuran.

Komentar