Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Jumat, 18 September 2015

Bagaimana Menjadi Orangtua yang Baik? Berikut Rahasianya!

Semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi orangtua bagi anak-anaknya, tidak terkecuali pula untuk Anda. Sayangnya menjadi orangtua yang baik bukanlah persoalan yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Buktinya ada banyak anak yang merasa tidak bahagia dan kurang menghargai orangtua kandungnya. Hal ini tentunya bukan dikarenakan sang anak yang terlalu bandel atau sudah nakal sejak masih di dalam kandungan.

Pasalnya sifat anak terbentuk dari kondisi lingkungan di sekitarnya, terutama terbentuk dari rumah dimana ia lahir dan dibesarkan. Peran orangtua dalam membentuk karakter anak sangat besar, semakin besar kasih sayang yang tercurah maka anak akan lebih menyayangi orangtuanya. Sayangnya banyak orangtua yang kemudian latah dalam mengapresiasikan kasih sayang mereka kepada sang buah hati. Penyampaian kasih sayang yang keliru, dapat pula menjadikan anak sebagai pribadi yang memiliki sifat negatif.

Cara tepat menjadi orangtua yang terbaik

Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa menjadi orangtua yang baik adalah sebuah pekerjaan yang sulit diwujudkan. Meskipun sulit nyatanya ada banyak orangtua yang sukses menjadi sosok yang menginspirasi anak-anaknya. Maka orangtua yang demikian sudah sepatutnya Kita jadikan sumber teladan. Bagaimana menjadi orangtua yang demikian? Berikut beberapa cara mudah yang sekiranya tepat untuk dilakukan:

orang tua baik

1. Tepat waktu untuk menjadi serius dan sebaliknya

Sebagai orangtua yang baik Kita harus mengimbangi antara menyampaikan sesuatu dengan serius ataukah sebaliknya. Mengungkapkan sesuatu yang benar tidak melulu harus dengan ucapan yang serius namun perlu juga diselipkan bahan candaan. Bukan berarti ketika setiap kali berkomunikasi dengan anak harus bercanda namun sesekali harus serius pula. Komunikasi yang baik dengan anak sangat penting untuk itu ketahui karakter anak dan ajak berkomunikasi dengan caranya. Disinilah Kita sebagai orangtua bisa menempatkan diri sebagai sosok orangtua sekaligus sahabat dengan komunikasi yang benar.

2. Memberikan keteladanan yang baik

Banyak orang berujar bahwa anak adalah cermin dari orangtuanya, dan persepsi ini adalah benar adanya. Orangtua menjadi sosok pertama yang dikenal seorang anak sehingga menjadi tempat meniru segala perilaku dan perbuatan. Jika ingin menjadi orangtua yang baik dan bijak maka jadilah sosok yang baik dan bijak. Berikan contoh yang baik kepada anak sehingga anak pun akan menjadi sosok yang baik pula. Mulai dari hal-hal sederhana seperti volume suara saat berbicara, cara berjalan, cara berkomunikasi dengan orang lain, dan lain sebagainya.

3. Berikan kasih sayang yang tulus

Pemberian kasih sayang yang tulus tentunya selalu memberi tanpa pernah meminta imbalan, dan hal ini sangat baik diberikan kepada anak. Lewat cara ini maka anak akan mendapatkan bekal ilmu bagaimana menyampaikan kasih sayang tanpa batasan. Anak adalah sosok yang sangat peka, ketika mendapatkan kasih sayang yang tulus maka akan akan dengan mudah menyadarinya. Kasih sayang ini tidak harus dengan pemberian hadiah namun bisa dengan hal sederhana seperti waktu luang bersama, makan bersama, sesekali bercanda, dan hal-hal sederhana lainnya.

4. Biarkan anak berekspresi

Anak-anak akan menjadi sulit dikendalikan jika terlalu terkekang, biarkan mereka menentukan pilihan hidupnya sendiri. Berikan kebebasan yang bertanggung jawab agar anak bisa menjadi sosok yang berprestasi dan paham benar resiko yang bisa terjadi. Lewat cara ini anak akan belajar menjadi sosok yang bermanfaat dengan total menjalani jalan hidup yang dipilih. Membiarkan anak menjadi dirinya sendiri juga menjadi rahasia sukses orangtua yang baik.


www.sebats.com