Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Kamis, 10 September 2015

9 Tempat Wisata di Bali yang Masih Jarang Dikunjungi Turis Domestik

Siapa tak kenal provinsi satu ini? Bagi dunia internasional, Bali lebih dikenal daripada Indonesia sendiri. Kekentalan budaya dan indahnya alam di Pulau Dewata ini menggoda banyak turis untuk berdatangan. Anda mungkin sudah sering mendengar tentang tempat wisata di Bali yang menjadi tujuan wajib. Tetapi tahukah Anda bahwa masih banyak hidden gem yang jarang dikunjungi turis lokal?

Pulau Menjangan

Lokasinya 3 jam dari Kuta, namun tempat ini adalah salah satu tempat diving dan snorkeling terbaik. Pulau ini ada di bagian barat Pulau Bali, dan merupakan bagian dari kawasan konservasi Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini tidak berpenghuni, dan Anda bisa melihat kijang-kijang hidup bebas di sini. Di dalam lautnya yang biru jernih, hidup biota laut seperti anemon, coral garden, lion fish, terumbu karang, penyu, bintang laut, lumba-lumba, dan bahkan kapal karam yang diselimuti terumbu karang.

Alamat : Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng
Biaya masuk : Rp 20.000,00

Bamboo Chocolate Factory

Bagi pecinta coklat, Anda wajib datang ke Bamboo Chocolate Factory yang memproduksi coklat bermerk Big Tree Farms. Bangunan pabriknya unik, terbuat dari bambu dengan arsitektur khas Bali, dan merupakan struktur bambu terbesar di dunia. Anda bisa melihat proses pembuatan coklat di sini sekaligus mencicipi hasilnya. Tidak hanya pabrik, di dalam bangunan ini juga terdapat kantor dan dapur komersil. Jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh coklat dari sini!

Alamat : Br. Piakan, Desa Sibangkaja, Kec Abiansemal, Kab. Badung, Bali
Jam buka : Senin-Jumat pukul 14.00 dan 15.00 WITA
Biaya masuk : Rp 40.000,00 (reservasi), Rp 60.000,00 (datang langsung), Rp 120.000,00 (tour pribadi – reservasi dulu)

Pohon Banyan Raksasa

Pohon Banyan adalah pohon penting bagi orang-orang Hindu. Akar pohon ini melambangkan simbol kitab suci seperti Weda dan Upanisad, sementara batangnya adalah simbol kesatuan dengan Tuhan. Di Bali, Anda akan menemukan banyak pohon ini di mana-mana. Cirinya mudah, lihatlah akar-akar gantung dan batangnya yang besar-besar. Pohon Banyan terbesar di Bali ada di Desa Gesing, dengan tinggi 85 meter dan umur 700 tahun. Akar di bagian bawah pohon adalah tempat bersembunyi pejuang-pejuang Bali saat dikejar Belanda dahulu. Banyak yang percaya mengunjungi tempat ini akan mengabulkan keinginan Anda.

Alamat : Munduk, Banjar, Buleleng
Biaya masuk : Sumbangan seikhlasnya

Pantai Padang-padang

Tempatnya di kawasan Uluwatu, dan mempunyai ciri khas batu karang terjal dan pohon-pohon rindang. Pantai ini jauh lebih populer di kalangan turis asing daripada turis Indonesia, jadi jangan heran jika hampir semuanya adalah orang asing. Pantai berpasir putih dan air biru jernih ini adalah lokasi dari syuting film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Roberts. Tempat ini sangat bagus sebagai obyek foto, melihat matahari terbenam, dan juga berselancar.

Alamat : Pecatu, Kuta Selatan, Kab. Badung
Biaya masuk : Rp 5.000,00 untuk parkir

Tempat Wisata di Bali

Taman Nasional Bali Barat

Taman nasional ini mempunyai luas 19.000 hektar, atau sekitar 10% dari keseluruhan area Bali. Lokasinya di bagian barat Bali, dekat dengan Gilimanuk. Anda bisa mengunjungi bagian ekosistem daratan yang berupa savana, hutan hujan, dan hutan hujan, serta ekosistem laut berupa hutan mangrove, pantai, coral garden, dll. Ada 200 spesies flora yang tumbuh di sini, dan satwa-satwa langka seperti Jalak Bali, Ibis Kepala Hitam, trenggiling, kijang, dan landak. Anda bisa hiking, melakukan snorkeling, dan juga diving.

Alamat : Desa Sumber Klampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng
Biaya masuk : Rp 2.500,00 (domestik), Rp 20.000,00 (mancanegara)

Gunung Kawi

Tempat ini berada di kawasan cagar budaya di Bali, bagian timur laut Ubud. Di sini Anda bisa melihat 10 candi raksasa dengan ketinggian 7 meter yang dipahat di tebing batu. Candi-candi tersebut dibuat pada abad ke-11 untuk memuja keluarga kerajaan. Kompleks candi ini dikelompokkan menjadi Candi Lima untuk Raja Udayana dan Anak Wungsu, Candi Empat untuk selir-selirnya, dan 1 candi terakhir untuk perdana menteri. Berada di lembah yang hijau, Anda harus mendaki 270 anak tangga untuk mencapainya.

Alamat : Tampaksiring, Ubud, Bali
Jam buka : Setiap hari, 07.00-17.00 WITA
Biaya masuk : Rp 15.000,00 (dewasa), Rp 7.500,00 (anak-anak)

Museum Monumen Perjuangan Bali

Dicetuskan oleh Gubernur Bali tahun 1980, yaitu Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, dan diresmikan tahun 2003 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, museum ini berada di lapangan puputan yang disebut Niti Mandala Renon. Di tengah museum terdapat monumen Bajra Sandhi yang menjulang tinggi, membuat museum ini bertambah unik. Nama monumen ini didapat dari desain museum sendiri yang berbentuk genta atau bajra, alat untuk upacara keagamaan oleh Pandhita Hindu. Di dalamnya, Anda bisa melihat galeri berisi lukisan sejarah Bali, dan 17 diorama tentang perjuangan rakyat Bali seperti Perang Jagaraga dan Perang Puputan. Selain itu, terdapat tangga menuju puncak Bajra Sandhi. Uniknya, di tengah-tengah ruangan terdapat kolam ikan yang besar.

Alamat : Jl. Raya Puputan Niti Mandala, Denpasar
Jam buka : Senin-Jumat 08.00-17.00 WITA, Sabtu-Minggu 09.30-17.00 WITA
Tutup : Hari Libur Nasional dan cuti bersama
Biaya masuk : Rp 5.000,00/orang (domestik)

Pura Goa Lawah

Pura ini berada di bagian tenggara Pulau Bali, dan merupakan salah satu dari 6 pura penting di Bali. Keunikan dari pura ini adalah tempatnya yang berada di dalam goa yang dihuni ribuan kelelawar. Berada 50 km dari Denpasar, tempat ini sangat ramai dengan suara kelelawar tersebut. Siapa pun tidak diperbolehkan mengusir ataupun menganggu kelelawar di dalamnya, karena dipercaya bisa mendatangkan bencana. Pantai Kusamba di seberang pura ini juga mempunyai tempat pemujaannya sendiri yang disebut Pura Segara. Bagi para turis, area pantai dan sekitarnya bisa menjadi tempat tepat untuk wisata kuliner masakan khas Bali dan seafood.

Alamat : Jl. Raya Goa Lawah, Klungkung, Bali
Jam buka : Setiap hari, 07.00-19.00 WITA
Biaya masuk : Rp 15.000/orang

Bukit Jambul

Tak jauh dari Gunung Agung, terdapat bukit yang di sebelah baratnya mempunyai pohon besar dan rindang, membuat bukit berbentuk seperti jambul. Inilah alasan kenapa bukit ini mempunyai nama yang unik. Tempat ini sering dijadikan tempat singgah bagi wisatawan yang ingin melanjutkan perjalanan ke Pura Besakih, meski pemandangan tempat ini sendiri membuatnya menjadi tempat wisata yang tidak kalah menarik. Hamparan sawah hijau ini akan membuat Anda rileks dan nyaman.

Alamat : Desa Pesaban, Kec. Rendang, Kab. Karangasem

Itulah beberapa tempat wisata di Bali yang biasanya jarang Anda dengar. Bahkan meski ada beberapa tempat di atas yang mempunyai banyak turis sekalipun, biasanya lokasi tersebut bukanlah tempat utama untuk tujuan wisata. Bagi Anda yang merasa bosan dengan lokasi Bali yang itu-itu saja, 9 tempat di atas bisa jadi alternatif yang menyegarkan.

http://www.sebats.com/2017/04/32-tempat-wisata-terkenal-di-bali-selalu-ramai.html
ItemReviewed: 9 Tempat Wisata di Bali yang Masih Jarang Dikunjungi Turis Domestik
Reviewer: admin
Rating: 4.5 of 5
Description:
Siapa tak kenal provinsi satu ini? Bagi dunia internasional, Bali lebih dikenal daripada Indonesia sendiri. Kekentalan budaya dan indahnya a...


www.sebats.com