Langsung ke konten utama

6 Warisan Bob Sadino untuk Memulai Bisnis

Bambang Mustari Sadino atau yang lebih dikenal dengan nama Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Penampilan khas dengan menggunakan celana pendek serta kemeja lengan pendek membuat orang mudah untuk mengenalnya. Lahir pada tanggal 9 Maret 1933 dan memulai usaha dengan berbisnis telur ayam negeri. Dari usaha tersebut, Bob Sadino memulai usaha yang lain dan sukses tidak hanya sebagai pebisnis namun juga sebagai motivator.

Terdapat beberapa nasihat dari Bob Sadino yang disampaikan bagi para calon pengusaha yang akan memulai usaha. Merealisasikan ide dan menghilangkan hal dan pikiran yang negatif adalah warisan dari Bob Sadino yang dikata pada calon pengusaha. Ketakutan seseorang ketika memulai usaha misalnya kemungkinan untuk rugi sering menjadi salah satu kendala utama. Jika terdapat ide atau konsep yang bagus, sebaiknya langsung direalisasikan. Hal yang terpenting adalah berfikir optimis terlebih dahulu.

Tidak ada sukses yang instant

Kesuksesan seseorang termasuk dalam hal bisnis tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Dalam berbisnis, tidak ada yang namanya keberuntungan dan kesuksesan yang instan karena diperlukan pengorbanan tidak hanya dari segi waktu namun juga pikiran, tenaga dan biaya. Keberuntungan dapat saja datang namun tidak dapat menggantungkan semuanya pada keberuntungan. Walaupun terjatuh beberapa kali, maka Anda harus mampu untuk berdiri lebih banyak daripada Anda jatuh hingga Anda sukses.

Mimpi untuk motivasi

Memiliki mimpi merupakan hal mendasar yang dapat dijadikan sebagai motivasi utama untuk membangun sebuah bisnis. Dari mimpi tersebut, Anda dapat mengembangkan bisnis yang akan Anda bangun sesuai dengan ide dan konsep yang sesuai dengan Anda. Dari mimpi yang kecil, Anda akan mewujudkan mimpi tersebut menjadi mimpi yang besar yang tidak hanya berguna untuk Anda namun juga berguna untuk orang lain.

bob sadino

Kesimpulan positif

Mengambil segala sesuatu yang positif dapat membantu Anda untuk melangkah lebih jauh lagi termasuk kesimpulan yang positif. Walaupun tidak dipungkiri jika Anda tetap harus untuk memikirkan mengenai kesimpulan dari perspektif yang negatif untuk meminimalkan kesalahan yang lebih besar. Namun pengambilan kesimpulan dari perspektif yang positif dapat membantu Anda untuk mencari metode atau sistem berbisnis yang baru yang dapat menyempurnakan bisnis Anda dan membantu Anda untuk tetap bangkit walaupun gagal berulang kali.

Konsumen adalah raja

Istilah konsumen adalah raja rasanya tepat dijadikan slogan karena menurut Bob Sadino, kualitas dan kepuasan konsumen adalah hal utama dari sebuah bisnis. Kualitas dari barang atau jasa yang diberikan kepada konsumen akan mempengaruhi kemajuan atau kemunduran dari suatu bisnis yang dibangun. Jika kualitas buruk, maka konsumen akan kecewa terhadap produk Anda baik barang ataupun jasa. Kondisi tersebut akan menjadi lebih parah jika konsumen tersebut mengatakan kepada orang-orang sekeliling atau di sosial media maka bisnis yang Anda bangun akan susah untuk mengembalikan nama baiknya dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Kerja keras, total, dermawan dan libatkan Tuhan

Bekerja keras dan melakukan total untuk membangun usaha adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Jangan memulai bisnis baru jika bisnis yang sebelumnya belum selesai dan itulah yang dikatakan oleh Bob Sadino. Hal tersebut dikarenakan fokus Anda akan terpecah. Dengan kerja keras, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk dapat sukses harus membuat keputusan yang tepat dan jangan lupa untuk melibatkan Tuhan untuk keputusan yang terbaik. Jika telah sukses, jangan lupa untuk membantu orang yang kurang mampu misalnya menyokong dan memotivasi serta mendoakan.

Komentar