Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Kamis, 17 September 2015

5 Trik Belajar Bermain Gitar dalam Waktu Singkat Bagi Pemula

Hampir semua orang memiliki ketertarikan yang besar dengan dunia musik, mulai dari sekedar mendengarkan, menyanyi, hingga bermain alat musik. Khusus untuk Anda yang tengah tertarik untuk bisa memainkan salah satu atau beberapa jenis alat musik. Kemudian menjadi pengalaman pertama untuk mengenal alat musik serta note yang ada. Maka ada baiknya memilih belajar bermain gitar yang menjadi alat musik paling tepat bagi pemula.

Mengapa harus mulai belajar dengan gitar?

Ada banyak sekali jenis alat musik yang ada di sekitar Kita, ada yang sederhana saja cara memainkannya namun ada pula yang rumit. Gitar menjadi salah satu alat musik yang sekiranya memiliki lebih banyak kelebihan untuk dipelajari bagi pemula. Mengapa demikian? Ada beberapa alasan mengapa gitar cocok untuk para pemula, yakni:

1. Belajar bermain gitar lebih mudah menemukan mentor.
2. Penyediaan gitar pribadi lebih mudah karena harganya yang lebih bersahabat.
3. Gitar memiliki ukuran dan berat yang lumayan ringan sehingga bisa dibawa kemanapun.
4. Berman gitar memperkenalkan nada-nada dengan lebih tepat dan teliti.

Trik Belajar Bermain Gitar

Bagaimanakah cara belajar bermain gitar?

Kelebihan yang dimiliki oleh alat musik berdawai ini tentunya memberikan manfaat besar bagi Anda yang menyukai dunia musik. Pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana memulai belajar bermain alat musik sederhana satu ini? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa memainkan alat musik gitar ini dengan baik. Khusus bagi Anda yang berada di tingkat pemula, maka ketika belajar bermain gitar bisa mencoba tips-tips berikut:

1. Kenali kunci senar

Langkah pertama untuk bisa menghasilkan suara yang indah dari setiap petikan senar gitar ialah dengan mengetahui kuncinya. Anda bisa belajar secara otodidak, baik melalui buku-buku musik atau memanfaatkan panduan melalui internet. Bisa pula memilih memanfaatkan jasa pengajar alat musik khususnya gitar sehingga memiliki mentor yang jelas. Anda bisa belajar dari nol hingga mahir kepada guru Anda dengan mudah dan tentunya berkualitas.

2. Menyediakan gitar sendiri

Jika ingin ahli dalam memetik gitar maka sangat disarankan untuk memiliki gitar sendiri di rumah sehingga proses belajar lebih optimal. Anda bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk memainkan nada-nada yang sudah diketahui. Jika tidak memiliki gitar sendiri maka jam belajar akan sedikit sehingga untuk bisa lancar memainkan gitar memerlukan waktu yang lebih lama. Pilihlah gitar manual, yang harganya sesuai dengan kantong sehingga tidak memberatkan dalam pengadaan gitar pribadi.

3. Memiliki buku lagu

Perlu Kita ketahui bersama bahwa hampir semua buku lagu yang ada di pasaran menyertakan kunci gitar. Memiliki buku lagu bisa menjadi media yang tepat untuk mengasah kemahiran Kita memainkan gitar. Anda bisa memilih buku yang berisi lagu-lagu kesukaan sehingga menjadi lebih bersemangat dalam mempelajarinya. Anda bahkan bisa terkesima dengan hasilnya dimana bisa memainkan kunci gitar untuk lagu yang sangat digemari.

4. Melakukan penyeteman gitar

Ketika Anda memiliki gitar sendiri untuk memfasilitasi kebutuhan belajar bermain gitar maka jangan lupa untuk melakukan penyeteman. Penyeteman penting untuk dilakukan agar kekuatan senar menghasilkan nada sesuai dengan keinginan. Kekuatan senar yang tepat akan menghasilkan alunan nada yang indah dan jauh dari kata sumbang. Jika kesulitan untuk menyetem gitar sendiri maka bisa meminta jasa di toko Anda membelinya. Bisa pula meminta tolong kepada orang yang ahli sehingga hasilnya lebih optimal.


www.sebats.com