Langsung ke konten utama

5 Tips Jitu Mengatur Keuangan Super Hemat

Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan bulanannya, dan hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Mendapatkan penghasilan bulanan yang besar ternyata tidak menjamin penerimanya mendapatkan apa yang diinginkan. Pasalnya semakin tinggi gaji yang diterima maka pengeluaran yang terjadi juga akan semakin banyak. Alhasil tidak sedikit orang dengan berpenghasilan tinggi tidak memiliki dana tabungan. Hal ini tentunya menjadi sebuah bentuk keprihatinan sebab kondisi keuangan seseorang tidak mungkin akan stagnan.

Ada kalanya seseorang akan sampai pada titik dimana tidak memiliki uang sama sekali, sehingga menjadi bangkrut. Memiliki dana cadangan yang disisihkan dari pendapatan bulanan yang diterima menjadi sebuah sumber harapan. Dana cadangan ini akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal semisal kebutuhan mendadak yang tiba-tiba datang atau membeli barang impian. Menabung ternyata tidaklah mudah untuk dilakukan apalagi ada banyak jalan untuk menghabiskan uang dalam waktu singkat.

Kiat tepat hidup super hemat

Menjalankan hidup yang hemat tidak semua orang bisa melakukannya, padahal jika ada yang berhasil maka Anda pun bisa. Apabila Anda sudah lelah dengan keuangan yang selalu habis sebelum menerima dana segar. Maka bisa mencoba kiat berikut untuk bisa lebih menghemat pendapatan yang diterima:

Mengatur Keuangan

1. Mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang jelas

Boros dalam membelanjakan uang lebih dikarenakan membeli sesuatu yang bukan kebutuhan melainkan keinginan. Ketika ingin menambah koleksi baju di rumah ada baiknya mengingat sudah ada berapa baju yang dimiliki. Apakah semua baju tersebut sudah rusak? Jikalau belum maka tidak ada alasan bagi Anda untuk membeli yang baru lagi. Hal ini juga perlu diberlakukan untuk semua jenis barang yang menarik perhatian ketika datang ke tempat belanja.

2. Miliki tabungan wajib tiap bulan

Jadikan nilai tabungan tiap bulan seperti sebuah tagihan rutin, sehingga menjadi sebuah kewajiban untuk menambah saldo tabungan tersebut. Miliki komitmen untuk tidak menyentuh uang tabungan yang terkumpul terkecuali untuk sesuatu yang memang mendesak. Ada baiknya membuka rekening tabungan yang hanya bisa digunakan untuk pengambilan uang bukan untuk transaksi transfer. Komitmen yang kuat untuk mengisi rekening tabungan wajib akan menjadikan Anda memiliki dana cadangan yang lumayan.

3. Hindari terlalu sering belanja

Jadikan moment belanja hanya satu atau dua kali dalam sebulan, dan sebelum berbelanja terlebih dahulu membuat daftar belanja. Saat pergi belanja pun harus membawa uang tunai, tinggalkan kartu kredit ataupun kartu debit Anda di rumah. Cara ini cukup efektif untuk menggagalkan keinginan berbelanja sesuatu di luar kebutuhan. Belanja hanya beberapa kali cukup efektif menekan keinginan belanja berlebihan, maka jangan terlalu sering datang ke tempat belanja jika memang tidak memerlukan sesuatu.

4. Dekati teman yang juga hidup hemat

Lingkungan sangat mempengaruhi tabiat Kita, termasuk dalam tabiat hidup hemat ataukah boros, sehingga perlu pilih-pilih teman dalam pergaulan. Hindari bergaul dengan orang yang memiliki gaya hidup di atas Kita sebab akan menjadikan Kita hidup boros. Dekati orang yang sederhana saja, atau paling tidak memiliki gaya hidup yang wajar dan tidak terlalu mewah. Hal ini akan mempengaruhi pola pikir Anda dalam membelanjakan uang yang didapatkan dengan lebih bijak.

5. Cobalah beramal

Sedikit sekali orang yang menyadari pentingnya mengamalkan uang yang dimiliki untuk kebaikan. Mencoba menjadi orang yang pemurah ternyata mampu menjadikan Kita sebagai pribadi yang hemat dan bijak dalam menghabiskan uang. Bantulah saudara Kita yang kurang beruntung untuk mengetuk hati Anda ada banyak orang yang susah.

Komentar