Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Rabu, 30 September 2015

5 Resep Menjalankan Usaha dengan Sukses

Banyak orang yang memiliki impian untuk mengelola usaha pribadi sehingga mendapatkan sumber rezeki yang lebih baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika seseorang memilih membuka bisnis sendiri kesempatan untuk sukses kian terbuka lebar. Kesempatan inilah yang menjadikan banyak orang mencoba peruntungan membuka usaha pribadi, baik skala kecil maupun yang besar. Sayangnya dalam mengelola sebuah usaha kemungkinan untuk rugi dan gulung tikar tetap ada, dan bahkan semakin besar resikonya ketika tidak memahami bagaimana pengelolaan usaha yang baik dan benar.

Mulai dengan langkah tepat

Rahasia awal untuk sukses menekuni usaha sendiri ialah permulaan yang tepat, tentunya berhubungan dengan persiapan. Persiapan untuk memiliki usaha yang sukses ternyata cukup beragam dan semuanya perlu dipahami dengan baik. Apa saja perhatian tersebut? Berikut kutipannya:

1. Menganalisis kebutuhan usaha

Persiapan awal ketika akan membuka usaha sendiri ialah dengan melakukan analisis kebutuhan agar bagaimana usaha dapat berjalan dengan baik. Bahasa kerennya ialah management usaha yang tepat, mulailah menganalisis bagaimana prospek jenis usaha yang diminati. Bagaimana cara memasarkan produk dan menggaet konsumen sebanyak mungkin, dan lain sebagainya.

usaha sukses

2. Menghitung kebutuhan modal

Memperhitungkan kebutuhan modal juga menjadi perhatian penting sebelum menggeluti usaha pribadi. Anda tentunya memerlukan dana yang cukup untuk pengadaan barang dagangan, tempat membuka usaha, gaji awal karyawan, dan lain sebagainya. Besarnya kebutuhan modal tentunya menyesuaikan dengan skala usaha yang digeluti. Jika minim modal maka pilih jenis usaha yang tetap bisa dijalankan meskipun dengan sokongan dana yang terbatas. Kendalikan semua biaya yang dikeluarkan untuk memperkecil angka kerugian di awal membuka usaha. Pasalnya hampir semua usaha sukses mengalami kerugian di awal-awal usaha dibuka.

3. Siapkan mental bekerja keras

Semua pengusaha sukses memiliki waktu yang terbatas untuk sekedar beristirahat, dan hasilnya memang sepadan. Tidak ada usaha sukses yang digeluti dengan hanya bermalas-malasan, namun dibutuhkan ketekunan dan disiplin yang tinggi. Bekerja keras penting untuk dibiasakan sejak awal agar terbiasa dengan usaha yang digeluti sendiri. Semakin keras usaha Anda maka hasil yang diperoleh pun akan semakin besar. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengelola usaha Anda, sebab semua usaha selalu membutuhkan inovasi dan perbaikan agar tetap ada.

4. Selalu memanfaatkan teknologi

Usaha yang baru dirintis tentunya memerlukan banyak kegiatan pemasaran agar lebih dikenal dan memiliki pelanggan. Pemasaran ini sebaiknya dilakukan multi arah, maksudnya adalah tidak hanya dilakukan secara offline namun juga online. Manfaatkan teknologi untuk menjadikan usaha Anda semakin besar, lakukan penjualan produk dengan online dan juga offline sekaligus. Cara satu ini sangat efektif untuk mendapatkan banyak konsumen dalam waktu yang relatif lebih singkat.

5. Berikan pelayanan yang baik

Ketahuilah dengan baik bahwa hampir semua jenis usaha memiliki pesaing, dan persaingan ini adalah bumbu dalam menjalankan usaha sukses. Berikan pelayanan yang baik untuk memanjakan konsumen sekaligus supplier Anda. Lewat cara ini maka usaha Anda akan tetap berjalan sehingga bisa melewati tahapan yang lebih baik. Memperbesar usaha pun akan semakin mudah ketika angka konsumen yang didapatkan selalu besar.

Tidak sedikit pemilik usaha yang rela menutup usahanya karena kerugian yang tidak mampu ditutup kembali. Hal ini tentunya perlu dijadikan perhatian dan pemahaman bahwa menjalankan usaha diperlukan pengorbanan. Baik dari segi tenaga, waktu, dan juga biaya kesemuanya harus saling berkesinambungan. Ketahui dengan baik cara pengelolaan usaha maka Anda akan sukses bersamanya!


www.sebats.com