Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Jumat, 18 September 2015

5 Panduan Aman Melakukan Transaksi Online

Hampir semua orang memiliki ketertarikan yang besar dalam berbelanja, adanya teknologi belanja online akan semakin memanjakan pelakunya. Tidak dapat diingkari bahwa kegiatan belanja online menjadi sarana baru untuk mendapatkan pengalaman belanja lebih menyenangkan. Bagaimana tidak? Tanpa harus keluar rumah dan berpanas-panasan Anda sudah bisa memiliki barang yang diidamkan. Cara belanja online yang praktis dan cepat menjadikannya sebagai metode belanja yang paling digemari oleh semua kalangan.

Panduan berbelanja online dengan aman

Serangkaian kemudahan yang dimiliki oleh tempat belanja online ternyata tidak semua orang menikmatinya. Hal ini karena ada beberapa orang yang merasa dirugikan oleh pihak penjual dengan produk yang ditawarkan secara online. Kerugian tersebut seperti:

- Barang yang didapatkan ternyata tidak semenarik seperti di gambar.
- Harga barang ternyata lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di toko terdekat.
- Barang yang dipesan tidak kunjung datang.
- Barang rusak ketika diterima dan tidak dapat diganti karena tidak ada garansi.
- Dan lain sebagainya.

transaksi online aman

Resiko dalam berbelanja online ternyata tetap ada, dan sebagai konsumen yang cerdas sudah sepatutnya Kita memahami bagaimana bertransaksi online dengan aman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memenuhi kebutuhan lewat dunia maya. Hal-hal tersebut meliputi:

1. Melihat jenis situs yang digunakan

Situs yang ada di dunia maya terbagi dalam dua jenis, yakni yang berbayar dan yang tanpa perlu mengeluarkan biaya. Website yang ditujukan untuk keperluan toko online sudah tentu harus dikelola dengan profesional. Toko online yang aman bisa ditandai dengan website berbayar, sehingga lebih terkelola dengan baik.

2. Harga yang ditawarkan memang wajar

Kemudahan lain yang ditawarkan belanja online ialah lebih mudah melakukan perbandingan harga antar toko online. Anda bisa memilih toko mana yang menjual barang sama namun menawarkan harga yang sesuai keinginan. Namun, ketika menjumpai toko online yang memberikan harga terlalu mahal ataupun terlalu murah. Maka sebaiknya meningkatkan kewaspadaan diri agar tidak terjebak dengan toko online berkedok harga menarik. Harga mahal tidak menjamin kualitas produk dan layanan online shop tersebut terpercaya.

3. Memiliki testimonial yang baik

Toko online yang terpercaya kredibilitasnya pasti menyediakan wadah yang berisi testimoni dari para pelanggannya. Carilah toko online yang demikian, kemudian pastikan bahwa konsumen yang memberikan testimoni memang benar-benar ada bukan sekedar rekayasa. Testimoni menunjukkan kualitas pelayanan dari toko online tersebut. Semakin banyak testimoni positif maka tidak ada salahnya Anda menjadi salah satu konsumen di toko tersebut.

4. Perhatikan sistem pembayaran yang diberlakukan

Transaksi online menjadikan kebutuhan pembayaran tagihan belanja juga dilakukan secara elektronik. Cara paling aman dalam melakukan pembayaran ialah dengan sistem transfer, toko online profesional. Akan memiliki rekening bank yang berbeda sehingga memudahkan konsumennya untuk melakukan pembayaran sesuai bank yang dimiliki. Pastikan toko online yang dipilih memberikan layanan pembayaran dengan sistem yang bersahabat untuk Anda.

5. Selalu menyimpan bukti transaksi

Transaksi jual beli yang dilakukan di dunia maya memang akan sangat sulit untuk dilacak ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka untuk langkah preventif sebaiknya usai melakukan pembayaran dan pemesanan. Semua bukti transaksi Anda simpan dengan baik, sehingga ketika dibutuhkan Anda memiliki bukti yang kuat. Kepercayaan menjadi modal utama dalam bertransaksi secara online meski begitu tidak ada salahnya menjadi pembeli yang cermat dan selalu berhati-hati.


www.sebats.com