Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Minggu, 23 Agustus 2015

Red Borneo “Ruby Merah Jambu” Asli Kalimantan yang Sedang Naik Daun

Meningkatnya peminat batu akik asli Indonesia membuktikan bahwa demam batu akik belumlah surut dan justru kian berkembang. Kekayaan alam dengan kandungan mineral yang melimpah membuat Indonesia menjadi “surga” batu mulia. Berbagai wilayah di seluruh penjuru Indonesia memiliki aneka jenis dan motif batu yang sangat beragam. Setiap daerah menghasilkan batu akik dengan keunikannya tersendiri dan memiliki daya tarik yang luar biasa. Salah satu contohnya yaitu Red Borneo yang tengah naik daun saat ini..

Asal usul batu akik red borneo

Red Borneo berasal dari Gunung Pematun, Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Banjar Martapura, Kalimantan. Batu akik Red Borneo Kalimantan termasuk salah satu jenis batu Natural Rhodonite yang mengandung mineral jenis rodocrosite. Batu ini berasal dari proses oksidasi mineral mangan yang kemudian bersenyawa dengan cairan hydrothermal.

Keunikan batu akik red borneo

Bebatuan yang mengandung rodocrosite bukan hanya Red Borneo, namun beberapa jenis batu di beberapa Negara juga memiliki unsure yang serupa tersebut. Akan tetapi, Red Borneo memiliki ciri khas yang sangat unik dan membuatnya lebih menarik dibandingkan dengan batu jenis lainnya. Beberapa keunikan yang ada pada batu akik Red Borneo antara lain:

batu Red Borneo

- Berwarna pink atau merah jambu.
- Memiliki guratan hitam atau urat batu.
- Timbul warna krem yang tipis di bagian permukaan batu.
- Memiliki tekstur warna yang pekat.
- Serat halus dan permukaannya mulus.

Karena berwarna merah jambu, Red Borneo juga disebut dengan batu Ruby Kalimantan. Kilau batu yang mengkilap dan tekstur permukaan yang tidak memiliki retakan membuat batu akik Red Borneo semakin diminati masyarakat. Batu akik ini juga semakin populer karena Bupati Martapura mewajibkan setiap pejabat daerah setempat mengenakan batu mulia ini sebagai ciri khas yang melambangkan kekayaan mineral daerah tersebut.

Daya tarik batu akik red borneo

Warna merah muda yang solid dan pekat dari batu akik Red Borneo menjadi salah satu daya tarik yang membuat batu ini dapat bersaing dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, terutama kaum perempuan. Bentuk batu yang simetris juga membuatnya sangat cocok dijadikan perhiasan yang menunjang penampilan. Permukaannya yang mulus dan cerah mengkilap semakin menambah daya tarik baru akik Red Borneo di mata masyarakat. Seratnya yang halus dan bebas retak membuat batu ini bukan hanya eksis di dalam negeri, namun dikenal juga hingga mancanegara.

Harga batu akik red borneo

Semakin tinggi kualitas batu mulia, semakin besar pula nominal harga yang ditawarkan. Batu akik Red Borneo itu sendiri memiliki klasifikasi kualitas yang berbeda-beda. Hal ini biasanya diperhitungkan berdasarkan tingkat kejernihan atau kepekatan warna batu. Semakin pekat tekstur warna merah muda dari sebuah batu, semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Selain dari segi kualitas warna, ukuran juga menjadi salah satu pengaruh yang menentukan nilai jual sebuah batu akik Red Borneo sehingga variasi harga yang ditawarkan sangatlah beragam. Sejauh ini, batu akik Red Borneo dengan kualitas yang rendah dijual mulai dari 300 ribu rupiah saja, sedangkan harga termahal bisa mencapai 70 juta rupiah. Luar biasa bukan?

Ruby merah jambu asal Kalimantan sedang naik daun dan diincar oleh para kolektor batu. Apabila Anda ingin memiliki atau mengoleksi salah satu batu akik Red Borneo tersebut, mintalah seorang ahli dan pakar gemologi yang paham terhadap kualitas aneka batu-batu mulia sehingga Anda bisa mendapatkan batu akik Red Borneo yang sesuai dan berkualitas.
ItemReviewed: Red Borneo “Ruby Merah Jambu” Asli Kalimantan yang Sedang Naik Daun
Reviewer: admin
Rating: 4.5 of 5
Description:
Meningkatnya peminat batu akik asli Indonesia membuktikan bahwa demam batu akik belumlah surut dan justru kian berkembang. Kekayaan alam den...


www.sebats.com