Langsung ke konten utama

Kriteria dan Cara Membedakan Batu Akik/Cincin Asli

Demam batu akik, batu cincin atau batu mulia saat ini sudah menjadi trend di berbagai kalangan masyarakat. Keindahan dan keunikan dari setiap jenis batu akik memiliki daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya penjual atau pengrajin batu cincin yang berjejer di pinggir jalan atau membuka lapak di sebuah tempat khusus di berbagai pusat perbelanjaan yang setiap hari tak pernah sepi dikunjungi oleh pecinta batu mulia. Berbagai jenis batu akik ditawarkan dalam bentuk yang beragam dengan harga yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Level setiap batu akik berbeda, karena itulah penawaran harga dari setiap penjual pun sangat beragam. Misalnya jenis batu cincin kelas atas seperti ruby, berlian, zamrud dan beberapa jenis batu lainnya ditawarkan dengan harga yang terbilang tinggi. Sedangkan batu akik jenis pandan, duri bulan, cempaka madu dan beberapa jenis lainnya ditawarkan dengan harga yang relative terjangkau. Akan tetapi, setiap batu memiliki keindahan yang amat memukau sehingga para kolektor rela mengeluarkan budget yang besar untuk memiliki aneka jenis batu akik tersebut.

Daya tarik batu akik yang sedang booming membuat berbagai penjual curang memanfaatkannya untuk menipu dan meraup keuntungan yang berlipat. Supaya Anda tidak salah pilih dalam membeli batu akik atau batu cincin yang asli, simaklah beberapa kriteria batu akik asli di bawah ini, antara lain:

batu akik asli dan palsu

- Memiliki unsur dingin yang terasa sejuk jika ditempel ke kulit.
- Tidak meleleh, rusak atau berubah tekstur jika dibakar atau disulut menggunakan bara api.
- Batu akan langsung dingin dalam hitungan detik setelah dipanaskan.
- Memiliki serat dan warna yang alami.
- Tidak mudah lecet jika digoreskan ke kaca, justru sebaliknya karena batu akik memiliki tekstur yang keras.

Disamping itu, batu akik yang harganya mahal biasanya memiliki sertifikat berisi spesifikasi nama batu, nomor identitas, warna, berat, dimensi, bentuk dan cap resmi dari perusahaan yang menawarkan batu tersebut. Hal ini sangatlah penting untuk memastikan kualitas dan keaslian dari batu akik yang akan Anda beli.

Namun bila Anda belum percaya diri dan mahir dalam membedakan antara batu akik yang asli dan palsu, beberapa cara di bawah ini patut Anda lakukan agar tidak tertipu dengan batu akik palsu yang ada di pasaran, yaitu:

1. Teliti dan jangan terburu-buru menentukan pilihan.
2. Ajak sahabat yang memahami dan berpengalaman dalam memilih batu mulia.
3. Kenali dan perhatikan serat batu.
4. Siapkan kaca pembesar dan senter sebagai alat bantu.
5. Gunakan tester permata.
6. Perhatikan 5C, yaitu carat, cutting, colour, clarity dan certificate.
7. Pergi ke laboratorium dan konsultasi dengan gemolog, seseorang yang ahli dalam ilmu batu mulia atau gemology.

Itulah beberapa kriteria batu akik asli yang harus Anda kenali ketika akan membeli atau mencari batu akik yang akan Anda gunakan saat ini. Karena harga batu akik sangat bervariasi mulai dari puluhan, ratusan ribu, jutaan hingga milyaran rupiah, maka pastikanlah batu akik yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Jangan sampai Anda keliru dan terburu-buru mempercayakan pedagang berdasarkan tingginya nominal harga yang ditawarkan sebelum mengkaji keaslian daripada batu akik tersebut lebih lanjut dan penuh ketelitian. Dengan memilih batu akik secara bijaksana dan cermat, maka batu akik yang Anda inginkan bisa segera didapat dengan harga yang sesuai dengan kualitas batu yang ditawarkan.

Komentar