Langsung ke konten utama

Ciri-ciri, Khasiat, Manfaat dan Harga Batu Giok Hitam

Giok hitam atau Black Jade yang biasa disebut dengan batu Black Nephrite Jade dalam istilah ilmu gemology merupakan salah satu jenis batu giok yang ada di Indonesia. Batu giok hitam yang berasal dari daerah Aceh tepatnya di Desa Gayo ini dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Karena itulah batu tersebut dijuluki sebagai batu kesehatan. Meskipun harganya tidak terlalu tinggi dan eksistensinya tidak sepopuler jenis giok yang lain seperti giok China dan giok Garut, giok hitam tetap memiliki daya tarik yang cukup unik di mata pecinta batu mulia.

Asal usul black jade Aceh

Batu giok hitam memiliki formula mineral yang termasuk dalam grup Piroksen yang sama dengan batuan giok atau black opal yang berasal dari Banten. Rumus mineral silika dari batu tersebut yaitu (Ca, Na)(Mg, Fe2+, Al)Si2O6. Walaupun termasuk dalam jenis batu Jadeite dengan tingkat kekerasan sekitar 6 mohs mirip dengan black opal, batu giok hitam memiliki struktur batu yang jauh lebih padat dengan kerapatan yang tinggi.

Ciri-ciri black jade

Batu giok hitam memiliki beberapa ciri khas yang berbeda dengan batu akik jenis lainnya. Beberapa ciri dari batu yang satu ini antara lain:

- Tahan, kuat dan lebih kokoh.
- Memiliki warna hijau tua yang lebih pekat dibandingkan giok hijau atau batu akik black opal ketika terkena cahaya senter.
- Berwarna hitam legam layaknya arang.
- Mampu menyerap yodium.
- Bisa digunakan sebagai hiasan giwang, cincin, liontin ataupun gelang dan aksesoris lainnya.

Batu Giok Hitam aceh

Menguji keaslian batu akik black jade

Untuk mengetahui batu akik Black Jade mana yang asli dan palsu, cara membedakannya adalah dengan memasukan cairan antiseptik dalam gelas berisi air hingga warnanya keruh seperti teh. Kemudian masukan batu giok hitam tersebut ke dalam cairan yang sudah disiapkan. Apabila cairan tersebut kembali berwarna bening layaknya air biasa, maka batu tersebut asli. Sedangkan jika tidak akan terjadi perubahan apapun pada air, maka dapat dipastikan batu tersebut palsu. Sebab, batu giok hitam yang asli mampu menyerap zat iodine atau yodium.

Khasiat batu akik black jade

Batu giok hitam dipercaya memiliki pengaruh yang baik atau khasiat dan manfaat terhadap psikologis atau emosional seseorang. Energy positif yang berasal dari kandungan inframerah yang ada di dalamnya dapat memberi pengaruh positif terhadap kesehatan, antara lain:

1. Menjaga kesehatan jantung, kelancaran peredaran darah dan metabolisme tubuh.
2. Menyerap racun dari dalam tubuh dan membantu kinerja organ hati dan ginjal dalam membantu proses detoksifikasi tubuh.
3. Mengaktifkan molekul air dan menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi.
4. Meningkatkan stamina.
5. Meregenerasi sel-sel tubuh dan mempercepat proses penyembuhan sekaligus membentuk sistem kekebalan tubuh yang optimal sehingga tidak mudah terserang penyakit akibat virus dan kuman.

Harga batu akik black jade

Untuk merasakan khasiat dan manfaat dari batu akik yang satu ini, Anda perlu mempersiapkan kocek sekitar ratusan ribu rupiah hingga 1 atau 2 juta rupiah saja tergantung dari kualitas dan ukuran batu yang dijadikan pilihan. Angka yang relative murah untuk berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Itulah beberapa seluk beluk mengenai Black Jade atau batu akik giok hitam yang kaya manfaat bagi kesehatan dan bisa Anda pilih sebagai salah satu batu mulia yang Anda gunakan sehari-hari atau untuk menambah koleksi batu akik Anda di rumah.

Komentar