Langsung ke konten utama

Cara Mengkilapkan Batu Akik dengan Cara Sederhana

Batu akik merupakan salah satu batu mulia yang saat ini banyak menjadi favorit yang dikarenakan banyaknya motif dan jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kegunaan dan ketertarikan. Harga yang mahal tidak mempengaruhi besarnya permintaan bagi para kolektor atau pembeli. Akan tetapi, jika batu akik tersebut tidak dirawat dengan benar, maka akan terlihat lusuh dan tidak tahan lama. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan misalnya dengan menggunakan cara yang tradisional yang lebih sederhana.

Cara pertama untuk mengkilapkan batu akik adalah dengan menggosoknya menggunakan daun pisang yang telah kering. Cara ini telah dipakai oleh nenek moyang sejak zaman dahulu kala untuk membuat batu cincin menjadi semakin mengkilap. Walaupun termasuk cara yang kuno, namun cara sederhana ini masih tetap digunakan. Hal tersebut dikarenakan dalam daun pisang yang kering terdapat senyawa yang mampu membuat batu akik menjadi lebih mengkilap. Caranya adalah dengan menggosok batu akik dengan daun pisang kering secara searah.

Cara kedua adalah dengan menggunakan kulit. Tidak harus membeli bahan kulit hanya untuk mengkilapkan batu akik, namun Anda dapat menggunakan kulit hewan yang lembut yang biasanya digunakan untuk membuat menjadi berbagai jenis produk misalnya sabuk, dompet atau tas. Penggunaan kulit dapat mengkilapkan batu akik karena di dalamnya masih terdapat minyak alami yang dapat meningkatkan keindahan dari batu akik terutama jenis kalimaya. Caranya yaitu dengan menggosoknya secara satu arah.

Cara sederhana ketiga adalah dengan menggunakan bambu. Penggunaan bambu dapat mengkilapkan jenis batu akik terutama batu bacan doko, bacan palamea dan giok Garut. Cara ini direkomendasikan karena tidak akan merusak permukaan dari batu tersebut karena menggunakan bagian yang halus untuk menghaluskan permukaan akik. Akan tetapi, sebelum itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Cara Mengkilapkan Batu Akik

- Sebelum digunakan, cuci bersih bambu tersebut lalu jemur hingga kering.
- Gosok batu akik ke bagian permukaan bambu yang halus dan jangan menggosoknya terlalu keras.
- Gosok searah secara berulang-ulang.
- Jangan terlalu sering untuk menggosok dengan menggunakan cara ini karena dapat mengkikis batu akik Anda. Sebaiknya lakukan dalam tempo seminggu sekali atau sebulan sekali.

Cara keempat adalah dengan merendam batu akik Anda ke dalam wadah yang berisi air kelapa. Bagi Anda yang malas untuk selalu menggosok batu akik agar lebih mengkilap, cara ini dapat Anda lakukan. Caranya adalah dengan menyiapkan wadah yang didalamnya telah diisi dengan air kelapa kemudian masukkan batu akik yang Anda miliki ke wadah tersebut. Diamkan selama beberapa jam atau satu malam untuk hasil yang lebih maksimal. Setelah itu, Anda dapat mengangkatnya dan mengeringkannya menggunakan lap lembut.

Cara kelima adalah dengan menggunakan amplas atau kertas pasir. Cara ini paling banyak digunakan untuk mengkilapkan batu akik. Dalam penggunaannya, sebaiknya menggunakan kertas amplas dengan tekstur yang lembut yaitu ukuran 1200 atau 1500 atau yang lebih halus. Caranya adalah dengan menggosoknya dengan searah. Atau jika Anda takut untuk menggunakan amplas, Anda dapat menggunakan alumunium foil atau kertas yang biasanya terdapat pada pembungkus rokok, bungkus permen karet jika Anda kesulitan untuk mendapatkannya. Akan tetapi cara ini tidak terlalu direkomendasikan karena jika salah penggunaan, akan membuat batu akik menjadi tergores. Caranya adalah dengan menggosoknya secara perlahan dan gerakan menggosok dilakukan searah atau dua arah.

Komentar