Langsung ke konten utama

Akik Janggus, Batu Mulia Rp 18 Milyar dari Langkat, Sumatera Utara

Batu akik masih menjadi pembicaraan hangat di Indonesia, meski pamornya sudah cukup mendingin. Toh, masih banyak kolektor yang mencari-cari batu akik berharga di dalam bumi Indonesia ini. Mulai dari batu-batu biasa yang harganya tidak lebih dari puluhan ribu Rupiah, hingga batu-batu akik mahal yang harganya bisa mencapai jutaan, semua ada di sini. Salah satu yang memegang rekor sebagai batu akik termahal adalah akik seharga Rp 18 Milyar dari Langkat, yaitu Akik Janggus.

Akik janggus Rp 18 milyar

Batu akik yang menghebohkan pecinta batu mulia se-Indonesia ini adalah batu akik milik Muhammad Imam Hanafi, yang merupakan pimpinan dari Majelis Ta’lim Fardhu A’in atau yang disingkat MAFTA. Tempat tinggalnya sendiri berasa di Dusun III Desa Telaga, yang berada di Kecamatan Sei Lepan-Langkat, Sumatera Utara. Sebagai pemiliknya, dia mematok harga hingga Rp 18 Milyar, rekor yang akan masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) jika memang benar-benar terjual dengan harga sekian. Apa yang membuat batu ini menjadi begitu istimewa? Bisa dibilang karena coraknya yang unik. Batu ini jika dilihat:

- Mempunyai motif berbentuk naga, yang bisa dilihat jelas bagian kepala, badannya yang meliuk-liuk, dan bagian ekornya. Bahkan Anda pun bisa melihat bagian kaki depan dan juga belakangnya.
- Warna dasar batu berwarna coklat tua, yang sangat serasi dengan motif naga yang warnanya coklat muda seperti moka.

Jika benar-benar terjual dengan harga Rp 18 Milyar, maka Akik Janggus ini akan resmi menggeser batu Blue Sapphire seharga Rp 900 juta, Pigeon Blood Ruby dengan harga Rp 37 juga, dan Star Ruby Tanzania yang harganya Rp 32 juta.

batu akik janggus termahal

Tentang batu janggus

Terlepas dari kehebohan itu sendiri, tahukah Anda tentang batu Janggus ini? Di kalangan masyarakat umum, mungkin batu ini sendiri bisa dibilang kurang populer dibandingkan dengan jenis-jenis batu semacam Batu Bacan dari Maluku, Opal Kalimaya dari Banten, dan Giok Aceh. Namun jangan salah, batu yang berasal dari Sumatera Utara ini pun tidak kalah indah dan unik dibandingkan batu-batu saudaranya tersebut.

Apa keistimewaan dari batu ini? Batu ini sangatlah keras, bahkan bisa memotong kaca. Hal yang paling menakjubkan adalah kenyataan bahwa motifnya sendiri bisa bermacam-macam. Selain itu, batu ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan batu permata yang lain seperti Kecubung Ulung, Akik Gambar, Badar Tawon, dan masih banyak lagi.

Ciri dan khasiat

Tidak salah jika orang mencari batu jenis ini. Batu Janggus mempunyai banyak khasiat yang berguna, selain karena kualitasnya yang tinggi lantaran sangat keras, batu ini juga dipercaya bisa memberikan khasiat seperti:

- Menjaga kesehatan dan juga untuk menyembuhkan penyakit.
- Meningkatkan segala potensi yang ada di dalam diri.
- Memberikan perlindungan dari bahaya dan juga memberikan keselamatan.
- Sebagai pengundang keberuntungan.
- Membuat hati menjadi damai dan tenang, meredakan emosi.
- Membuat pemakainya beruntung dalam percintaan.

Jangan terjebak dengan Batu Janggus yang palsu. Batu yang asli serat-seratnya tidak teratur, mirip dengan sarang laba-laba. Bentuk dasarnya sendiri juga tidak beraturan dan mempunyai jenis yang beragam, baik dari segi warna dan corak. Batu ini sangat keras, dan jika diolah bisa menghasilkan batu-batu perhiasan tipe lain, sehingga jangan heran jika namanya bisa berbeda-beda.

Bila Anda berhasil mendapatkan Batu Janggus ini, maka rawatlah dengan baik. Gosoklah dengan air sabun secara rutin, bilas, lalu keringkan menggunakan kain yang lembut. Kalau Anda ingin penampilannya lebih berkilau, Anda bisa mengolesnya menggunakan baby oil atau kertas intan.

Komentar