Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Rabu, 13 November 2013

Wajah Premium di Kelas Menengah OPPO FIND MUSE R821

Tampil dengan desain non unibody penampakannya cukup elegan. Menyasar kelas menengah dengan harga bandrol 1, 7 jutaan. Masalah fitur dan teknologi, tak kalah dengan hape sekelas bahkan setingkat di atas kelasnya.

Sebagai pendatang baru di kancah perhapean Tanah Air, Oppo kembali memperkenalkan satu hape anyarnya ke pasar lokal. Kerap meluncurkan perangkat premium, ternyata Oppo juga tak melepaskan peluang di pasar kelas menengah ke bawah. Boleh jadi Oppo baru menyadari bahwa pasar kelas bawah memiliki peluang yang tak kalah besar untuk mendongkrak posisi alias market share di kancah perhapean Indonesia. Beberapa waktu lalu Oppo memperkenalkan seri R821 yang diberi julukan sebagai Oppo Find Muse.

Hape ini disiapkan untuk mengisi kebutuhan pasar kelas bawah. Biar kelas bawah, tapi Oppo satu ini sudah dimodali prosesor Dual Core 1.2ghz dan didukung RAM sebesar 512MB. Sayangnya dalam hal kualitas produk dan nama besar, Oppo belum teruji. Sulit bila merek ini ingin sejajar dengan produk milik LG, HTC, Sony, apalagi Samsung sang jawara di pasar Android dan hape cerdas.

Nah, untuk memperoleh kepercayaan konsumen, berbagai teknologi sudah dibenamkan di dalam hape ini. Salah satunya penggunaan sistem operasi teranyar Android versi 4.2.2. Bekal kamera 3 MP, musik player juga sudah disertakan. Namun apakah cukup sampai di situ? Bagaimana kinerjanya?
OPPO FIND MUSE R821
OPPO FIND MUSE R821

DESAIN
Berbalut bahan bermaterial plastik warna putih dengan motif dof yang kesat dalam genggaman.
Dimensinya 123 x 63,5 x 9,9 mm dan berat 124,5 gram, cukup ergonomis dan tipis. Di sekeliling body dibalut lis plastik dengan motif krom. Di deretan lis terdapat tombol on/off dan tombol pengatur volume yang diberi sentuhan warna oranye. Tampak makin keren dan terlihat premium.
Menelusuri tubuhnya, tepat di atas layar terdapat lubang earpiece, lensa kamera sekunder, serta sensor cahaya.

Di bawah layarnya ada tiga tombol sentuh yang tersusun dari kanan ke kiri antara lain : touchpad untuk back, home, dan recent menu/app. Layarnya sendiri mengusung teknologi IPS capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Resolusi layar 480x800 pixels dengan bentang ukuran 4 inchi. Kualitas layar termasuk tajam, yaitu dengan meraih skor 240 ppi (pixel per inch) dari aplikasi Quick Info System. Sementara di body bagian atasnya ada audio jack 3,5 mm dan di bagian bawah nampak lubang mikrofon dan port microUSB. Posisi tombol on/off yang juga buat mengunci layar ada di sisi kanan body, dan tombol pengatur volume ada di kiri. Lensa kamera dan speaker tentu saja berada di bagian belakang body hape.

Penggunaan teknologi layar di hape ini menggandeng teknologi IPS capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Resolusinya sebesar 480x800 pixels berukuran 4 inchi. Tampilan layarnya sangat jernih dan tajam. Kepadatan layarnya mencapai 240 ppi. Cukup teruji saat digunakan untuk memutar video berkualitas HD. Terkait dengan borosnya baterai lantaran teknologi layar yang digunakan, Oppo sudah membekali hape ini dengan fitur smart sleep, yang fungsinya layar akan menyala selama digunakan, dan layar otomatis akan redup dalam beberapa saat bila tidak digunakan.

FITUR
Sistem operasi yang digunakan Android 4.2.2. yang merupakan tampilan terbaru dari OS milik Gogle ini.
Android juga menempelkan sentuhan tampilan antarmuka sendiri. Nampak dari layout pada homescreen dan bentuk widget-widget aplikasi, plus tambahan nuansa dengan hadirnya aplikasi NearMe Themes dan NearMe Wallpapers.

Pabrikan hape ini membenamkan teknologi jaringan dual on GSM-GSM. Uniknya slot simcardnya menampilkan dua jenis simcard. Slot 1 menggunakan jenis SIM card reguler dan slot 2 berjenis micro SIM card. Kemampuan dan kinerja kedua simcard ini setara. Dua- duanya bisa menjalankan koneksi internet secara bergantian dalam moda pertukaran.

Koneksi internet dengan hape ini tidak setengah-setengah. Pabrikannya menyediakan koneksi internet yang lengkap, mulai dari 2G (GPRS/EDGE) hingga level 3G HSDPA (7,2 Mbps) dan HSUPA (5,76 Mbps). Selain itu koneksi via jalur nirkabel juga tak luput ikut disematkan. Ada WiFi dengan standar b/g/n yang juga bisa difungsikan sebagai hotspot.

Berselancar kedunia maya alias browsing, tersedia Chrome browser yang sudah merupakan fitur bawaan dari Oppo. Selain itu, Oppo juga dari awal sudah menyematkan OTA (over the air), yaitu jalur untuk menuju menu update software, kemudian ada NearMe Apps yaitu toko aplikasi khas Oppo dan NearMe Sync untuk keperluan beragam sinkronisasi. Nah, untuk menjalankan NearMe Sync Anda diwajibkan untuk registrasi terlebih dahulu.

Bila hendak menambah aplikasi lainnya baik hiburan atau game, kita bisa mengunjungi toko aplikasi yang sudah disediakan oleh OS nya yakni Gogle Play. Di dalam toko aplikasi tersebut tersedia ratusan aplikasi berbagai kategori yang bisa diunduh sesuai kebutuhan. Untuk memaksimalkan proses donlot dan efisiensi biaya, baiknya kita berlangganan paket data yang disediakan oleh seluruh operator penyedia jaringan.

Fitur kantoran juga sudah disertakan. Oppo mengadopsi aplikasi kantoran bernama Kingsoft Office full version. Aplikasi ini punya kemampuan tak hanya sebatas membaca, mengedit berbagai file berupa word, excel, dan power point, tapi juga sudah berkemampuan membuat file baru. Inilah salah satu nilai jual hape low end satu ini, tak sekedar hiburan tapi juga bisa buat kerja.

Fasilitas dokumentasi gambar dan video juga telah tersedia. Ada dua kamera yang disematkan. Kamera utama resolusinya 3 megapixels (2048x1536 pixels) dan kamera kedua yang ada di depan hanya VGA (640x480 pixels). Sayangnya kamera dengan kualitas tersebut tidak didukung fitur kamera yang memadai. Tanpa dukungan flash light, auto focus, dan white balance. Kameranya hanya dibekali beberapa fitur standar seperti self fimer, night mode, panorama, rewind, sport mode, geo tagging, tap shutter, shutter sound, dan foto editor.

Dalam hal hiburan lainnya, Oppo ini juga sudah memiliki fitur pemutar musik, meskipun kualitasnya hanya biasa-biasa saja bahkan terkesan ala kadarnya tanpa equalizer. Tambahan hiburan lainnya adalah radio FM yang mampu menampilkan 40 channel/ gelombang radio. Kita bisa mencari stasiun radio secara otomatis dan menyimpannya ke dalam menu penyimpanan.


www.sebats.com