Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Selasa, 12 November 2013

Superphone Murah Meriah POLYTRON W7451 WIZARD QUADRA S

Dipersenjatai prosesor quad core, Wizard Quadra S layak mendapat julukan superphone. Dengan kinerja yang gesit, nilai jual hape ini begitu terjangkau, di kisaran 1,6 jutaan. Dalam beberapa bulan terakhir ini, Polytron cukup getol menghadirkan smartphone yang dipersenjatai prosesor quad core. Bermodal prosesor quad core, produk tersebut di harapkan punya performa di atas rata-rata smartphone pada umumnya, sehingga mendapat julukan superphone. Seri Wizard Quadra menjadi produk andalan Polytron untuk bersaing di segmen superphone.

Selain dibekali prosesor quad core, keunggulan lain superphone Polytron ini adalah harganya yang bersahabat. Bagi konsumen bermodal ngepas namun ingin memiliki superphone, beberapa hape super buatan Polytron dari seri Wizard Quadra bisa dijadikan kandidat. Secara keseluruhan Polytron meluncurkan 4 tipe di keluarga Wizard Quadra, yakni Wizard Quadra, Wizard Quadra V, Wizard Quadra HD, dan Wizard Quadra S. Setelah pekan lalu redaksi menguji ketangguhan Quadra V, kini giliran Quadra S yang akan diulas performanya.
POLYTRON W7451 WIZARD QUADRA S
POLYTRON W7451 WIZARD QUADRA S

DESAIN
Superphone ini tampil minimalis dengan bodi yang dirancang ergonomis. Rancang bangun yang ergonomis makin terasa saat Quadra S berada dalam genggaman. Saat digenggam hape ini sangat nyaman, tidak terlalu besar, namun juga tidak terasa mini. Ketika Quadra S dimasukkan ke dalam saku celana, mobilitas pengguna juga tidak terasa terganggu.

Secara keseluruhan bodi ergonomis hape ini punya total dimensi 136 x 67 x 9,7 mm dan berat 99,6 gram. Bodi Wizard Quadra S seluruhnya menggunakan material bahan plastik glossy. Pemilihan bahan glossy tak ayal menambah kesan mewah pada tampilan fisiknya. Walau bodi belakang tidak dibalut bahan kesat, namun dengan rancang bangun yang ergonomis, tangan ini tetap bisa menggenggam hape ini secara erat.

Pada area muka, tampilan Quadra S hanya didominasi layar berukuran 4.5 inci. Polytron Wizard Quadra S mengusung jenis layar IPS (In Plane Switching) capacitive dengan kedalaman 16 juta warna. Resolusi pada layar mencapai 480x854 pixels, sedangkan kepadatannya hingga 240 ppi (pixel per inch). Kepadatan pixel Quadra S serupa dengan Polytron Quadra V. Yang menggembirakan, superphone merek lokal ini telah dibekali lapisan anti gores dari Corning Gorilla Glass.

Ketika menelusuri tiap sudut bodinya, konsep minimalis yang dimiliki hape ini memang begitu kentara. Pada bagian muka tidak ada satu pun tombol fisik. Pada area tersebut, tepatnya di bawah layar hanya terdapat sedikit space untuk penempatan tiga touchpad (back, home, dan recent app/ menu). Sedangkan di atas layar bersarang lubang earpiece, lensa kamera sekunder, dan sensor proximity.

Beralih ke wilayah sisi-sisinya. Menelusuri sisi atas tertanam dua port penting, yakni audio jack 3.5mm dan port microUSB. Pada sisi berlawanan dijumpai lubang mikrofon. Sementara itu untuk tombol pengatur volume dan tombol on/off yang juga berperan sebagai pengunci layar, semuanya terkonsentrasi pada sisi sebelah kiri. Sedangkan tepian kanan dibiarkan kosong tanpa ornamen. Menuju bagian belakang (back cover), bentuk lensa kamera utama berikut flash light terlihat cukup kentara. Di bawah logo Polytron terdapat lubang single speaker.

FITUR
Fitur superphone yang di bandrol Rp1.699.000 ini boleh dibilang cukup menjanjikan. Hal ini lantaran banyak sekali dibenamkan fitur yang begitu menggoda. Berjalan di platform Android 4.2.1, salah satu fitur yang jadi andalan adalah kemampuan dual on GSM-GSM. Tapi tidak seperti seri Wizard Quadra V yang dua slot-nya punya kemampuan 3G, maka di Wizard Quadra S moda akses 3G/HSDPA hanya bisa dilayani oleh slot SIM card 1. Sementara slot SIM 2 koneksinya sebatas 2G (GPRS/EDGE).

Masih terkait dengan jaringan dual on. Adanya teknologi SIM ganda, memberi nilai tambah pada hape ini, terutama saat digunakan beraktivitas dunia maya. Walau, hanya SIM card 1 yang bisa ngebut di jalur 3G HSDPA, tetap saja jaringan dual on nya membuat user lebih banyak pilihan koneksi ketika ingin browsing internet. Sebagai koneksi data alternatif sudah tersedia WiFi.

Bicara tentang kemampuan imaging, terdapat dua buah kamera. Untuk resolusi kamera utama mencapai 8 megapixels (2560x1920 pixels) dan kamera sekundernya VGA (640x480 pixels). Untuk format kamera utama, menu pendukung yang menyertainya terbilang lengkap. Ada auto focus, HDR (high definition range), scene mode, white balance, continuous shot hingga 99 foto, dan masih banyak lagi.

Kamera sudah dipersenjatai flash light, sehingga tidak perlu khawatir saat mengambil gambar dengan kondisi minim cahaya. Masih berhubungan dengan menu imaging khususnya fitur pengabadian gambar bergerak. Kamera di hape ini bisa bertranformasi menjadi video recorder. Fasilitas rekam video dilengkapi menu pendukung seperti mikrofon on/off. Kualitas gambar yang dihasilkan standar. Sedangkan durasi videonya sendiri bisa di setting dinamis, sesuai dengan keinginan user.

Jika sedang bosan dengan menu imaging, saatnya memanjakan telinga dengan fasilitas audio yang ada di Quadra V. Agar pandangan mata tidak cepat jenuh ketika menikmati musik, Polytron memberi sentuhan UI yang segar pada tampilan pemutar musik di hape ini. Selain shuffle dan repeat, di pemutar musik juga diberi menu sleep timer, scan, seacrh, shake function, dan set screen on.

Tidak ketinggalan juga sudah tersemat FM radio yang bisa menyimpan channel list secara dinamis dan dibekali fasilitas rekam radio. Dalam paket pembelian, Quadra V sudah terinstal berbagai fitur bawaan yang terbilang fungsional untuk aktivitas sehari-hari. Untuk berinteraksi dengan teman di jejaring sosial, terdapat aplikasi Facebook lengkap dengan fasilitas FB messenger.

Masih seputar layanan pesan, jika ingin chit-chat menggunakan mesengger, Quadra V sudah terunduh aplikasi LINE. Menariknya lagi, Quadra V juga memberi aplikasi untuk keperluan perbankan yakni menu BCA Mobile. Seandainya fitur menarik tadi masih kurang, kita tinggal berburu aplikasi keren yang ada di Play Store.

Seperti halnya yang ada di Polytron Quadra HD, Quadra S juga memiliki sistem keamanan tambahan. Fasilitas keamanan yang diberikan Polytron berupa aplikasi antivirus NQ Mobile Security. Adanya antivirus dari NQ Mobile Security ini, membuat Wizard Quadra S mendapat proteksi dari serangan virus malware, atau data thief.


www.sebats.com